Download Snipping Tool Terbaru

Info Keterangan
Developer Microsoft Corp
Version 6.4.5
File size 1,7 MB
License Freeware

Jika Anda sudah terbiasa melakukan screenshot atau tangkapan layar pada smartphone, lalu bagaimana dengan melakukan screenshot di laptop atau komputer? Apabila Anda mengalami kesusahan atau bahkan tidak mengetahui bagaimana caranya, Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi Snipping tool dapat Anda gunakan sebagai solusinya. Lalu apa itu aplikasi Snipping tool?

Beberapa dari Anda mungkin cukup asing dengan istilah Snipping tool, padahal Snipping tool merupakan salah satu aplikasi bawaan Windows yang memungkinkan para penggunanya untuk mengambil tangkapan layar dari beberapa bagian layar tertentu atau secara keseluruhan. Anda juga dapat menyimpan secara langsung hasil dari tangkapan layar tersebut yang muncul pada jendela mark up Anda. Format gambar dari hasil tangkapan layar tersebut juga dapat Anda simpan dalam berbagai bentuk misalnya JPG, PNG, JPEG, GIF, maupun dalam bentuk HTM.

Lihat Juga : Download SHAREit Terbaru

Fitur yang dimiliki Snipping Tool

EaseUS ScreenShot

Pertama, Anda dapat menggunakan EaseUS ScreenShot untuk mengambil tangkapan layar di PC Windows Anda. EaseUS ScreenShot adalah aplikasi tangkapan layar gratis dan mudah digunakan yang dapat menangkap seluruh desktop Anda, jendela pada aplikasi, atau hanya pada bagian yang dipilih. Anda juga dapat menambahkan anotasi seperti teks, panah, sorotan, dan lainnya untuk membantu Anda mengomunikasikan ide Anda secara visual.

Mengambil tangkapan layar

Salah satu fitur utama yang dimiliki oleh Snipping tool yaitu Anda dapat mengambil beberapa tangkapan layar yang Anda inginkan. Baik itu berupa beberapa bagian saja atau semua kata-kata dan gambar yang ada pada seluruh layar komputer Anda. Berikut ini beberapa jenis tipe yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar pada Snipping Tool.

  • Free-form mode – Tipe ini dapat Anda gunakan ketika Anda ingin mengambil potongan layar secara bebas dengan menggambar berbagai bentuk di sekitar objek yang sesuai dengan keinginan Anda.
  • Rectangle mode – Kemudian tipe yang kedua yaitu ketika Anda mengambil potongan layar di sekitar objek dalam bentuk persegi. Cara mengambil potongan layar dengan tipe ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu menyeret kursor pada sekitar objek yang Anda inginkan.
  • Full-screen mode – Kemudian tipe selanjutnya yaitu ketika Anda mengambil tangkapan layar secara penuh atau keseluruhan pada layar Anda.
  • Windows mode – Tipe terakhir dapat Anda gunakan ketika ingin mengambil tangkapan layar dalam bentuk kotak dialog atau jendela browser.
Baca Juga  Download Winamp Terbaru

Menyimpan hasil tangkapan layar

Setelah Anda selesai merekam tangkapan layar yang Anda inginkan, maka Anda dapat langsung menyimpan hasil tangkapan layar tersebut dengan memilih opsi simpan potongan. Kemudian Anda juga akan diberikan perintah untuk memberi nama, memilih tipe file, dan lokasi mana yang Anda gunakan untuk menyimpan hasil tangkapan layar tersebut.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Screenshot PC & Mac Terbaik

Berbagi hasil tangkapan layar

Jika Anda selesai mengambil tangkapan layar. Maka Anda juga dapat mengirimnya dengan menekan tombol panah di samping opsi kirim potongan dan pilih opsi sesuai keinginan Anda dari daftar yang ada.

Fitur edit

Dengan menggunakan fitur edit pada Snipping tool, Anda dapat melakukan berbagai pengaturan misalnya seperti memperbesar, memutar, dan memangkas hasil tangkapan layar Anda. Tidak hanya itu, jika Anda memilih opsi Edit dengan Paint 3D maka Anda dapat mengubah ukuran, warna, teks, dan lainnya. Sehingga hasil gambar tangkapan layar Anda akan lebih menarik.

Lihat Juga : Download WPS Office Terbaru

Download Snipping Tool Terbaru

Berbagai kemudahan dapat Anda nikmati melalui beberapa fitur yang dimiliki oleh Snipping tool. Anda juga dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan dan melakukan beberapa pengaturan agar hasil gambar terlihat lebih menarik. Berikut ini merupakan link yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh aplikasi tersebut pada komputer atau laptop Anda.


Penulis : Rahma Rinjani | Editor : Erga Bayu Aji