Download WinBox Terbaru

Info Keterangan
Developer MikroTik
Operating system Windows
Version 7.3.1
File size 2MB
Lisensi Freeware

WinBox adalah software utilitas gratis yang dikembangkan oleh MikroTik, ini digunakan untuk mengonfigurasi RouterOS MikroTik. MikroTik sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penyedia solusi perangkat lunak dan perangkat keras untuk konektivitas internet di seluruh dunia. WinBox memiliki lisensi gratis, antarmuka grafis yang cepat dan sederhana untuk kemudahan penggunaan. WinBox diperkenalkan oleh MikroTik untuk memungkinkan administrasi RouterOS melalui GUI yang efisien dan intuitif. RouterOS sendiri, adalah sistem operasi dari RouterBOARD.

Ada berbagai fungsi yang dapat Anda lakukan dengan WinBox, mulai dari memeriksa status web server, membuat log akses, wireless access point, hotspot gateway, manajemen bandwidth, memantau lalu lintas data, blocking situs, VPN server, dan semua pengaturan dan konfigurasi router. WinBox tersedia untuk Windows, sementara untuk pengguna Linux maupun Mac, dapat menggunakan fitur-fitur WinBox dengan bantuan Wine.

Untuk mengatur WinBox yang telah terpasang ke perangkat Anda, di sini akan disajikan dengan tiga bidang yang perlu dikonfigurasi terlebih dahulu. Pengguna harus memasukkan alamat IP atau MAC address, diikuti dengan username dan password. Setelah itu klik tombol Connect, untuk menampilkan daftar perangkat yang akan dipilih dan disambungkan, lalu Anda perlu merujuk ke tab Neighbors. Setelah terhubung, pengguna akan melihat beragam pengaturan dan alat-alat untuk konfigurasi.

Lihat Juga : Download CCleaner Terbaru

Fitur dan Kegunaan WinBox

Berikut ini merupakan fitur-fitur WinBox yang dapat Anda coba lakukan:

Safe Mode

Salah satu fitur utama dari WinBox adalah Safe Mode, ini digunakan untuk membuat konfigurasi mikrotik secara lebih aman dan lokal. Hal ini memungkinkan kesalahan-kesalahan router yang mungkin terjadi, tidak akan langsung menyebabkan kerusakan pada jaringan. Fitur ini dapat mengembalikan pengaturan konfigurasi router yang dijalankan ke kondisi awal atau sebelum Safe Mode diaktifkan.

Baca Juga  10 Cara Mengatasi WiFi Tidak Tersambung di HP Samsung

Backup and Restore

Fitur backup dapat diakses melalui menu File, biasanya untuk mengonfigurasi router dan jaringan yang telah diatur pada WinBox. Untuk menjaga keamanan data, disarankan file backup diberikan password dan enkripsi. Backup and Restore bertujuan untuk mengembalikan konfigurasi router yang telah hilang. Pengguna juga dapat menyimpan file backup tersebut dalam tiga opsi seperti: storage internal pada router, ke cloud storage, maupun hard disk lokal komputer.

Keep Password

Umumnya fitur menyimpan kata sandi atau keep password ini akan aktif secara default pada konfigurasi WinBox MikroTik. Kolom fitur ini akan tercentang untuk menyimpan kata sandi ke daftar. Kata sandi ini disimpan dalam file bernama settings.cfg.viw atau di direktori AppData/Roaming WinBox. Untuk pengguna yang mungkin mengalami lupa password Router MikroTik, ini karena kata sandi tidak tersimpan. Untuk mengetahui password WinBox MikroTik, Anda harus buka menu Tools > Export Address > pilih folder untuk menyimpan file ekspor > Save > Buka file dengan Notepad > Setelah itu akan muncul data login WinBox pada format teks tertentu.

Export dan Import

Pada fitur Export dan Import, pengguna dapat menggunakannya untuk mengonfigurasi router yang sudah ada ke router baru Anda. Hal ini akan memudahkan Anda ketika memiliki router baru, yang tidak ingin melakukan konfigurasi dari awal lagi. Melalui perintah Export, Anda dapat mengedit hasil export dan menyesuaikannya dengan router baru, lalu mentransfernya dengan perintah Import.

Dashboard

Fitur dashboard akan memberikan kemudahan pengguna untuk melakukan monitoring pada berbagai hal yang ada pada router. Beberapa informasi yang dapat ditampilkan pada fitur dashboard di antaranya seperti: Time (waktu pada router), Date (tanggal pada router), CPU Usage (informasi penggunaan CPU router), Memory (konsumsi atau free RAM pada router), serta Uptime Router (durasi atau waktu router yang sedang aktif).

Baca Juga  Download BacaKomik APK dan MOD Terbaru 2022, Gratis!

Lihat Juga : Download XAMPP Terbaru

Download WinBox Terbaru

Bagi Anda yang ingin mengunduh software utility WinBox ini, di sarankan untuk menggunakan WinBox versi terbaru. WinBox menjadi solusi terbaik yang dapat Anda pilih, karena keunggulan ragam fitur di dalamnya untuk menangani server mikrotik ke dalam mode GUI. WinBox cukup mudah digunakan karena telah berbasis GUI, sehingga bagi pemula yang ingin belajar konfigurasi atau setting mikrotik dapat menjalankannya dengan mudah. Berikut ini link download software WinBox terbaru yang dapat Anda jadikan pilihan.


Penulis : Anisa Purwandari | Editor : Erga Bayu Aji