Emas Antam vs UBS, Mana Harga Logam Mulia Lebih Murah

Antam vs UBS adalah dua jenis emas logam mulia di Indonesia. Apa bedanya dan mana harga logam mulia emas yang lebih murah ?

Harga Emas UBS lebih murah, spread harga lebih kecil, harga buyback lebih tinggi dibandingkan Antam. Sementara, Antam unggul  soal sertifikasi keaslian logam mulia yang bertaraf internasional dan tersedia dalam lebih banyak ukuran gram emas.

Sedangkan, sertifikasi keaslian emas UBS dibuat perusahaan sendiri dan berlaku nasional. Tempat untuk beli emas UBS juga lebih terbatas dibandingkan Antam yang punya banyak butik emas dan pembelian online sendiri.

Ulasan selengkapnya soal emas Antam dan UBS.

Apa itu Emas Antam

Emas Antam adalah jenis emas batangan Logam Mulia yang terjamin keaslian dan kemurniannya dengan sertifikat LBMA (London Bullion Market Association).

Antam menyediakan emas batangan LM mulai dari pecahan 0.5 gram sampai dengan pecahan 1000 gram.

Emas batangan ANTAM LM terjamin keaslian dan kemurniannya selama kemasan tidak rusak.

Dengan sertifikat LBMA (London Bullion Market Association), emas batangan ANTAM LM diakui secara global dengan harga jual kembali (buyback) mengikuti pergerakan harga emas dunia.

Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi.

Untuk transaksi jual kembali (buyback) bisa melakukan di Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan buyback pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s.d. H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kelebihan Antam

1. Akreditasi LBMA

Sertifikat Responsible Gold dari LBMA memastikan Logam Mulia mendapatkan bahan dari sumber yang terbebas dari penambangan ilegal, pencucian uang, terorisme, pelanggaran hak asasi manusia dan perdagangan manusia.

2. Emas 99.99%

Emas batangan ANTAM LM memberikan jaminan keaslian produk dan kemurnian 99,99%

3. Layanan BRANKAS dan Butik Emas

Beli dan simpan emas di layanan Brankas LM yang dikelola Antam.

Untuk jaminan keaslian dan kemurnian emas batangan ANTAM LM, pembeli bisa melakukan pembelian melalui logammulia.com atau datang langsung ke Butik Emas LM.

Investasi emas batangan ANTAM LM kini semakin mudah dengan layanan pengiriman ke alamat konsumen.

4. Transaksi Aman

Keamanan website dilengkapi dengan enkripsi SSL Certificate. Pembayaran menggunakan virtual account bank untuk mempermudah konsumen tanpa perlu konfirmasi.

5. Keamanan Sertifikat

Setiap produk emas batangan ANTAM LM telah mendapatkan Sertifikat LBMA (London Bullion Market Association) untuk menjamin kualitas dan kemurnian produk.

Dilengkapi dengan teknologi CertiEye untuk meningkatkan keamanan produk dengan sertifikat yang menyatu dengan kemasan (khusus pecahan 0.5 gram sampai dengan pecahan 100 gram).

Kekurangan Antam

1. Harga Beli Antam Lebih Mahal

Harga emas Antam lebih mahal dibandingkan harga emas UBS untuk ukuran emas yang sama. Dan ini big deal karena perbedaan harganya cukup signifikan.

Meskipun emas Antam punya banyak kelebihan, tapi dalam soal harga, emas Antam mahal.

2. Spread Harga Antam Lebih Besar

Antam menunjukkan spread harga emas yang lebih lebar dibandingkan spread harga emas UBS. Jadi emas antam kurang menguntungkan dari sisi spread harga.

Sementara, spread harga itu penting kalau kita ingin menjual emas.

3. Harga Buyback Antam Lebih Rendah

Harga buyback emas Antam lebih kecil dibandingkan harga buyback emas UBS. Ini juga jadi kurang menguntungkan buat pembeli yang ingin menjual emasnya.

Apa itu Emas UBS

UBS adalah emas yang dikeluarkan oleh PT Untung Bersama Sejahtera yang merupakan perusahaan swasta pembuat berbagai perhiasan emas yang sudah berdiri sejak tahun 1981 di Surabaya.

Lebih dari 41 tahun, UBS Gold berdiri dan berkarya sebagai produsen perhiasan emas dan logam mulia terkemuka di Indonesia dan dunia.

Kelebihan UBS

1. Harga Emas UBS Murah

Harga emas UBS relatif lebih murah dibandingkan harga emas Antam. Jadinya, harga emas UBS lebih terjangkau buat banyak orang untuk dibeli.

Kita bisa bandingkan di ukuran emas yang sama, harga emas UBS lebih rendah dari Antam sebagai berikut (data 24/3/2020):

Ukuran Harga Emas UBS Harga Emas Antam
1 gram Rp 868 ribu Rp 919 ribu
2 gram Rp 1.6 juta Rp 1,7 juta
3 gram Rp 2.5 juta Rp 2.5 juta
4 gram Rp 3.3 juta Rp 4,4 juta
5 gram Rp 4.1 juta Rp 4,4 juta
10 gram Rp 8.2 juta Rp 8.7 juta

2. Spread Harga Emas Rendah

Emas UBS memiliki spread harga emas yang lebih rendah. Ini penting karena mempengaruhi pada saat kita akan menjual emas.

3. Harga Buyback Lebih Tinggi

UBS berani memberikan harga buyback yang lebih tinggi dibandingkan Antam. Ini jelas lebih menguntungkan buat pegang emas UBS.

4. Bentuk

Bentuk emas UBS lebih lebar dan tipis, sementara emas ANTAM lebih kecil dan tebal.

Kekurangan UBS

1. Ukuran Emas Terbatas

Emas yang diproduksi UBS relatif terbatas dalam segi ukuran dibandingkan Antam.

Perusahaan ini hanya merilis emas batangan untuk ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

2. Sertifikasi

Emas UBS hanya memiliki sertifikat nasional yang dikeluarkan oleh PT UBS sendiri.

Untuk pecahan emas paling kecil sampai 4 gram, sertifikatnya berbentuk kertas dimana emas terlaminasi di dalamnya menyerupai bentuk SIM card.

Untuk pecahan di atas 5 gram, UBS mengeluarkan sertifikat berbentuk kertas hologram yang terpisah dengan emasnya dan bisa dikeluarkan dari kemasan plastik sehingga bisa dipegang secara langsung.

3. Tempat Pembelian

Emas UBS tak memiliki pusat penjualan khusus sebagaimana Antam.

Kesimpulan

Kalau carinya harga emas yang lebih murah, UBS bisa jadi pilihan. Karena harga emas UBS lebih murah dibandingkan harga Antam untuk ukuran gram yang sama.

Namun, kalau yang dicari keamanan sertifikasi dan layanan tempat pembelian, Antam lebih unggul karena punya sertifikasi LBMA bertaraf internasional dan pusat pembelian emas Antam tersebar luas di butik dan brankas online.