Gadai Emas atau Jual Emas, Mana Pilihan Terbaik

Gadai vs jual emas menjadi pilihan yang seringkali sulit diputuskan. Mana pilihan terbaik ?

Keunggulan gadai emas adalah emas yang tidak hilang dan bisa ditebus kembali saat jatuh tempo. Namun, kita harus bayar bunga selama periode gadai ditambah biaya admin.

Sementara, kelebihan jual emas adalah nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan gadai serta tidak ada beban biaya saat melakukan penjualan. Namun, saat emas telah dijual, kita menghadapi risiko kerugian ketika harga emas meningkat.

Apa itu Jual Emas

Jika keadaan memaksa untuk memiliki dana segar dengan cepat, seperti musibah, sakit, melahirkan, dsb, dan kita tak ingin punya hutang, menjual emas adalah cara ampuh untuk mengatasi keadaan tersebut.

Di kemudian hari, kita bisa melakukan buyback emas kembali di toko tempat menjual. Salah satu fasilitas yang banyak ditawarkan toko emas adalah buyback atau pembelian kembali.

a. Kelebihan Jual Emas

1. Dana Cepat Cair

Proses pencairan cepat. Uang diterima saat itu juga ketika emas diserahkan. Boleh dikatakan sistemnya cash and carry.

2. Bisa di Semua Toko Emas

Jual emas bisa dilakukan di semua toko emas. Tidak ada batasan tempat untuk melakukan jual emas.

Berbeda dengan gadai yang hanya bisa dilakukan di tempat tertentu yang punya izin gadai.

3. Harga Buyback Emas Tinggi

Meskipun sudah dijual, kita punya kesempatan untuk melakukan buyback atas emas yang telah dijual. Harga buyback ini relatif bersaing di beberapa toko emas tertentu.

b. Kekurangan Jual Emas

1. Rencana Keuangan Terganggu

Hal ini berlaku untuk kita yang memiliki emas untuk tujuan jangka panjang. Pasalnya, emas yang sudah dijual tidak bisa dimiliki lagi.

2. Potensi Kerugian

Kita akan merugi jika menjual emas saat emas sedang mengalami penurunan harga. Khususnya jika menjual emas tersebut secara mendadak.

Apa itu Gadai Emas

Kita dapat memanfaatkan emas yang dimiliki untuk mendapatkan dana segar dengan bunga murah lewat menggadaikan emas.

Proses gadai emas mudah dan cepat. Tinggal datang ke kantor cabang Pegadaian, maka di hari yang sama bisa menerima pencairan tunai.

a. Kelebihan Gadai Emas

1. Emas masih menjadi milik kita

Kelebihan gadai emas yang pertama yaitu kita bisa mendapatkan uang tunai dengan cepat tanpa harus kehilangan emas. Pasalnya, emas yang digadaikan ke pegadaian hanya sebagai jaminan dan belum menjadi milik pegadaian.

Jika menebus emas di akhir jatuh tempo, maka kita bisa mendapatkan emas itu kembali.

2. Pencairan Uang Cepat

Menggadaikan emas di pegadaian prosesnya sangatlah cepat apabila dibandingkan dengan tempat lainnya. Jadi, solusi ini cocok sekali buat kita yang ingin mendapatkan dana tunai cepat.

3. Nilai Gadai Emas Tinggi

Emas memiliki nilai gadai yang tinggi daripada gadai barang-barang lainnya. Dengan demikian, dana yang bisa kita dapatkan akan lebih banyak.

4. Menghindari Hutang Pinjol

Menggadaikan emas juga bermanfaat untuk menghindari hutang. Sebab, kita bisa menggadaikan emas sebagai jaminan dan mendapatkan dana darurat dengan cepat.

5. Proses Gadai Mudah

Kelebihan gadai emas yang selanjutnya yaitu prosesnya yang lebih mudah daripada menjual emas. Hal ini karena Anda tidak perlu surat bukti pembelian emas.

b. Kekurangan Gadai Emas

1. Emas Tidak Bisa Digunakan

Apabila menggadaikan emas yang berupa perhiasan, maka kita tidak bisa menggunakan perhiasan tersebut untuk sementara waktu selama waktu gadai.

2. Nilai Gadai Lebih Rendah dari Jual

Gadai hanya memberikan maksimum 80% dari nilai emas. Akibatnya, kita akan mendapatkan nilai gadai yang lebih rendah dibandingkan dengan nilai beli emas.

Karena kalau jual nilai emas maksimum 100%.

3. Sita Emas Bisa Terjadi

Emas yang digadaikan bisa saja disita oleh pihak Pegadaian apabila kita tidak membayar uang tebusan sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan.

Saat ini, Pegadaian memberikan waktu 4 bulan untuk gadai dan bisa diperpanjang.