Kredit Pintar vs Indodana, Apa Pilihan Terbaik

Apa perbedaan antara Kredit Pintar dan Indodana ? Meskipun terlihat sama, namun keduanya punya perbedaan.

Kredit Pintar dan Indodana lebih banyak persamaan dibandingkan perbedaan. Keduanya sama – sama fintech yang menawarkan dana tunai dan cicilan tanpa kartu kredit, dengan proses dan mudah, dan bunga relatif tinggi.

Perbedaan Kredit Pintar dan Indodana tergantung pada pengalaman setiap orang dalam pengajuan kredit atau BNPL menggunakan aplikasi pinjaman online ini. Karena proses, persyaratan pengajuan pinjaman di Kredit Pintar dan Indodana berbeda.

Selengkapnya, berikut ini perbedaan Kredit Pintar dan Indodana:

Apa Itu Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman online yang cukup populer di Indonesia. Aplikasi ini hanya bisa diakses untuk pengguna Android karena hanya tersedia di Google Play Store.

Aplikasi Kredit Pintar menyediakan layanan pinjaman tunai yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan sejak 2018. Untuk mendaftarkan diri, pengguna bisa menyertakan selfie KTP dan mengisi data diri sesuai instruksi.

Selain itu, penghargaan Top Brand Award yang diterima Kredit Pintar pada 2021 juga semakin menjadikan brand ini sebagai aplikasi pinjaman online yang terpercaya untuk masyarakat.

A. Kelebihan Kredit Pintar

Inilah berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi Kredit Pintar.

1. Ajukan pinjaman dan bayar dengan metode cicilan

Seperti pada pinjaman yang disediakan oleh bank, Kredit Pintar juga bisa melayani pembayaran dengan metode cicilan. Kelebihan ini menjadi point menarik bagi Kredit Pintar sebagai aplikasi pinjaman online yang umumnya menawarkan jumlah pinjaman lebih rendah dibandingkan pinjaman dari bank.

2. Proses pengajuan pinjaman berlangsung dalam waktu singkat

Dalam situsnya, Kredit Pintar menjabarkan bahwa proses pengajuan yang bisa dilakukan dengan cepat dalam aplikasi ini dibantu oleh teknologi artificial intelligence yang mumpuni. Teknologi ini diklaim mampu memberikan pengalaman pengajuan pinjaman yang aman dan nyaman pada pengguna aplikasi..

Baca Juga  Penyebab Kredit Pintar Tidak Bisa Digunakan, Ini Solusinya!

3. Aplikasi pinjaman yang aman dan terpercaya

Aplikasi Kredit Pintar telah terdaftar dan diawasi OJK. Selain itu, pada situsnya, aplikasi ini juga mencantumkan tanda keanggotaan di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia. Dengan tanda keanggotaan pada 2 lembaga tersebut, masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengajukan pinjaman karena aplikasi ini telah memiliki ijin resmi untuk beroperasi di Indonesia.

B. Kekurangan Kredit Pintar

Di sisi lain, inilah kekurangan dari aplikasi pinjaman Kredit Pintar.

1. Hanya tersedia untuk Android

Saat ini, aplikasi ini hanya bisa ditemukan dalam Google Play Store. Artinya, pengguna iPhone tidak bisa memiliki dan menggunakan layanan di aplikasi ini.

2. Banyak pinjol tidak resmi yang mengatasnamakan aplikasi ini

Di media sosial, banyak akun instagram yang sering sekali mengatasnamakan Kredit Pintar untuk melancarkan modus kejahatannya. Namun, masyarakat tidak perlu khawatir karena akun resmi Kredit Pintar di Instagram bisa ditemukan dengan mudah dengan tanda centang biru.

3. Hanya menyediakan layanan pinjaman tunai

Saat ini Kredit Pintar hanya bisa menyediakan pinjaman berupa uang tunai. Namun pengajuan pinjaman bisa dilakukan tanpa perlu memberikan pinjaman.

Apa itu Indodana

Indodana adalah aplikasi pinjaman online berupa pembayaran barang belanjaan dengan cara beli sekarang, bayar nanti untuk penggunanya. Artinya, Indodana adalah aplikasi pinjaman online yang menawarkan layanan pay later.

Dengan menggunakan Indodana, pengguna bisa mengajukan pinjaman untuk barang yang dibeli di e-commerce dengan cicilan selama 3,6, hingga 12 bulan.

Pun, cara daftar Indodana juga sangat mudah, yaitu dengan mengisi data, foto KTP, dan selfie KTP.

A. Kelebihan Indodana

Berikut ini kelebihan Indodana.

1. Pembayaran lebih fleksibel dibandingkan kartu kredit

Periode pembayaran Indodana dimulai minimal 30 hari sejak transaksi dilakukan. Periode pembayaran ini dinilai cukup meringankan pengguna, dibandingkan dengan bertransaksi menggunakan kartu kredit yang biasanya memberi tagihan pada tanggal tertentu tanpa melihat tanggal transaksi.

Baca Juga  Akulaku Review (2022) Kelebihan Kekurangan, Apakah Aman

2. Pengajuan Mudah, Online, Tanpa Jaminan, Tanpa Kartu Kredit

Tidak perlu memberikan jaminan, pengguna Indodana bisa melakukan pengajuan cicilan dengan mudah, hanya dalam 2 klik saat belanja. Pastikan bahwa e-commerce telah bekerjasama dengan Indodana agar kemudahan ini bisa dinikmati.

Tidak perlu syarat kartu kredit untuk bisa mengajukan pinjaman di Indodana. Nasabah cukup menyampaikan KTP dan mengisi form di aplikasi.

3. Cicilan Tanpa DP

Indodana benar-benar bisa diandalkan untuk pengguna yang membutuhkan barang untuk keperluan mendesak saat belum memiliki dana yang cukup untuk membelinya.

Pengguna Indodana tidak perlu memberikan uang muka untuk menggunakan layanan paylater dari Indodana. Selain itu, limit cicilan pun juga terbilang tinggi, yaitu hingga 30 juta rupiah.

4. Tidak Harus Lolos BI Checking SLIK OjK

Kabar baiknya, Indodana tidak serta merta menggunakan hasil dari BI Checking atau SLIK OJK untuk mengambil keputusan kredit.

Indodana punya dua kemungkinan dalam hal BI Checking:

  • Mengecek hasil BI Checking / SLIK OJK, tapi tidak melandasi keputusan kredit pada hasil ini semata. Nasabah dengan hasil BI Checking buruk masih bisa disetujui oleh Indodana
  • Mengabaikan BI Checking / SLIK OJK karena menggunakan indikator analisa kredit yang lain.

Apakah dengan tidak tergantung pada hasil BI Checking SLIK OJK maka bisa dikatakan bahwa Indodana kurang berhati – hati ? Tidak juga.

Indodana adalah perusahaan fintech yang mengandalkan teknologi dalam melakukan analisa kredit. Mereka menggunakan alternatif credit scoring yang tidak hanya mengandalkan hasil histori kredit dari BI Checking SLIK OJK.

5. Tidak Butuh Banyak Dokumen, Tidak Perlu Slip Gaji

Pengajuan di pinjaman online seperti Indodana, tidak butuh dokumen slip gaji. Cukup menggunakan KTP.

Baca Juga  15+ Penyebab Pengajuan Tunaiku Ditolak 2022

Jadi, dengan modal KTP dan foto selfie, orang sudah bisa mengajukan di Indodana.

Jelas berbeda dengan proses pengajuan di kartu kredit yang lebih rumit dengan banyak persyaratan dokumen.

B. Kekurangan Indodana

Sebelum menggunakan Indodana, inilah kekurangannya yang bisa menjadi pertimbangan.

1. Belum tersedia di seluruh Merchant

Sayangnya, tidak semua masyarakat di Indonesia bisa mengakses Indodana karena saat ini merchants yang menerima pembayaran dengan Indodana masih terbatas.

2. Tidak Ada Rewards Points dan Fasilitas Loyalty

Indodana tidak menawarkan rewards points dan fasilitas loyalty untuk nasabah loyal, seperti airport lounge. Indodana hanya digunakan untuk transaksi cicilan.

3. Tidak Bisa Dipakai di Luar Negeri

Indodana tidak bisa digunakan untuk transaksi di luar negeri. Hanya terbatas untuk transaksi di Indonesia.

4. Bunga Tinggi

Bunga adalah faktor penting dalam pengajuan pinjaman. Peminjam harus memperhitungkan dan mencermati bunga pinjaman.

Bunga Indodana tinggi. Bisa sampai 0,4% per hari atau 12% sebulan.

Bunga Indodana setinggi ini adalah bunga maksimum per hari yang diatur oleh OJK dan Asosiasi Indodana (AFPI).