Line Bank Aplikasi: Cara Daftar, Aman Tidak

Kami melakukan review Line Bank Aplikasi digital dari Hana Bank. Dikupas secara lengkap soal cara mendaftar, aman tidak, penipuan atau bukan, fitur dan manfaat layanan, jenis rekening, hingga kelebihan dan kelemahan m-banking dari bank asal Korea ini.

Hasil review kami menunjukkan bahwa Line Bank menawarkan rekening digital yang mudah dibuka online, biaya admin gratis untuk transfer kemanapun dan tarik tunai di ATM semua bank, biaya dormant 0, tanpa ketentuan saldo minimum, sementara suku bunga deposito tabungan ditawarkan di atas rata – rata bank pada umumnya. 

Aplikasi Mobile Banking ini cocok untuk anak muda milenial, first jobber, yang ingin punya fasilitas kartu debit perbankan, tapi tidak ingin terbebani banyak biaya. 

Namun, kami juga menemukan bahwa aplikasi Line Bank  masih terbatas fitur serta manfaatnya, pilihan pembayaran tidak banyak, pengiriman kartu debit belum menjangkau banyak tempat serta data pribadi yang diambil dari ponsel cukup banyak.

Mari kita simak review lengkapnya.

Apa itu Line Bank

Line Bank adalah aplikasi digital banking kerjasama Line dan Bank Hana. 

Bank Hana merupakan PT Bank KEB Hana Indonesia (”Bank”) yang didirikan dengan nama PT Bank Pasar Pagi Madju berdasarkan Akta Pendirian No. 25 tanggal 27 April 1971 dengan pengesahan Menteri Kehakiman sesuai Keputusan No. Y.A.5/189/25 tanggal 25 Mei 1974.

Bank ini dimiliki sepenuhnya oleh Hana Bank di Korea. Bank Hana merupakan salah satu bank terbesar di Korea Selatan yang merupakan anak perusahaan dari Hana Financial Group. 

LINE Bank adalah bank digital. Namun, jika nasabah butuh bantuan, tetap bisa mengunjungi kantor cabang PT Bank KEB Hana Indonesia.

Aplikasi Line Bank

Cara Mendaftar Line Bank

Berikut langkah-langkah yang perlu kita lakukan untuk mendaftar Line Bank secara online di aplikasi M-Banking

  1. Mendownload Line Bank melalui Playstore
  2. Buka aplikasi Line Bank dan berikan izin akses
  3. Pilih mulai/start
  4. Sambungkan ID Line dengan aplikasi. Apabila tidak punya ID Line tidak masalah. Pada dasarnya, fungsi ID Line hanya untuk mendapatkan notifikasi LINE untuk segala macam transaksi dari bank ini.
  5. Masukkan nomor ponsel beserta kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS
  6. Selanjutnya, aplikasi akan meminta kita untuk melakukan swafoto dengan memegang E-KTP. Jika sudah berhasil, isi data-data penting di kolom pendaftaran yang telah disediakan. Pastikan memasukkan data-data yang benar, ya!
  7. Baca ketentuan dan syarat yang telah dijabarkan, lalu pilih SETUJU.
  8. Berikan tanda tangan virtual di kolom yang telah disediakan
  9. Buat pin transaksi LINE Bank yang mudah diingat agar ke depan tidak kerap lupa.
  10. Terakhir, pihak aplikasi akan melakukan verifikasi data nasabah dengan melakukan video call.

Jika langkah-langkah di atas telah dilalui, Akun Line Bank sudah bisa dipakai. Nantinya, kita akan dikirimkan kartu debit agar bisa digunakan dalam transaksi offline. 

Persyaratan pembukaan rekening di LINE Bank By Hana Bank sebagai berikut :

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia minimum 17 tahun
  • Memiliki e-KTP
  • Memiliki email masih aktif
Buka Daftar Akun Line Bank

Apakah Line Bank Aplikasi M-Banking Aman

Salah satu hal yang selalu dipastikan oleh setiap nasabah yang ingin membuka rekening adalah perihal keamanan. Tentu saja tidak ada seorang pun yang menginginkan adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk saat menggunakan aplikasi satu ini.

Pertanyaannya, apakah Line Bank M-Banking yang aman? 

Tentu saja, aman!  Line Bank aplikasi sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Indonesia. Jadi, nasabah tidak perlu meragukan keamanannya lagi.

Baca Juga  Aplikasi Seabank Indonesia Review 2022: Apakah Aman, Cara Daftar, Promo Shopee

Dengan terdaftar di OJK, nasabah tidak perlu khawatir dengan segala tindak kejahatan keuangan. Mulai dari spamming, scanning, ataupun peretasan yang dilakukan oleh hacker. Nasabah bisa dengan aman menggunakan aplikasi keuangan ini kapanpun dan dimanapun.

Selain itu, nasabah juga tidak perlu khawatir perihal masalah penipuan. Sebab, perusahaan Line Bank Aplikasi M-Banking sendiri adalah perusahaan yang legal yang juga bisa diakses secara offline. Lengkap dengan alamat perusahaan dan sertifikasi yang legalitasnya sudah tidak terbantahkan lagi.  

Buka Tabungan Line Bank

Fitur Line Bank

Fitur yang dimiliki oleh Line Bank Aplikasi M-Banking terhitung cukup sedikit dibandingkan dengan bank-bank lain. 

Meski sedikit, beberapa fitur Line Bank ini sudah sangat membantu nasabah dalam melakukan transaksi keuangan.

Berikut fitur-fitur Line Bank Aplikasi M-Banking yang bisa kita simak:

1. Tabungan

Fitur Line Bank Aplikasi M-Banking pertama yang bisa dinikmati oleh nasabah adalah saving atau tabungan. Dalam hal ini, nasabah diperbolehkan untuk membuat lebih dari satu rekening. Maksimal pembuatan rekening tabungan Line Bank adalah 8 rekening.

Dengan menggunakan beberapa rekening tabungan, kita bisa membedakan tempat penyimpanan uang berdasar kebutuhan yang digunakan. Hal itu memudahkan dalam setiap transaksinya.

Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa melakukan transfer uang ke sesama rekening Bank Line maupun ke bank lain. 

Selain itu, kita juga bisa melakukan penarikan uang. Penarikan uang bisa dilakukan melalui ATM dan Cabang Hana Bank serta Jaringan ATM ALTO, Bersama, dan Prima.

Tidak hanya itu, nasabah juga bisa menggunakan fitur ini untuk melakukan transaksi membayar dan membeli. Mulai dari mengisi pulsa, membayar tagihan telepon, prabayar hingga pascabayar PLN. 

Keunggulan tabungan Line adalah Bebas biaya bulanan, nikmati transfer & tarik tunai tanpa biaya. Biaya 0 alias gratis.

Jadi, transfer ke bank lain, biaya gratis, begitu pula dengan menarik uang tunai dari mesin ATM bank lain tidak akan kena biaya.

2. Debit Card

Fitur Line Bank Aplikasi M-Banking selanjutnya adalah debit card. Didesain sesuai selera anak muda.

Buat penyuka karakter Line Friends? Pas banget, debit card yang dikeluarkan oleh Line Bank memiliki desain karakter Line Friends.

Debit Card dari Line Bank sendiri bisa didapatkan langsung di cabang Bank Hana terdekat. Jika sibuk, nasabah tidak perlu repot-repot datang ke Bank Hana. 

Sebab, Line Bank juga memberikan fasilitas pengiriman debit card langsung ke rumah. Pengiriman debit card memerlukan waktu tidak lebih dari 2 minggu, sesuai dengan jangkauan jarak pengiriman. 

Bila kartu debit tidak diterima dalam 2 minggu, hubungi layanan pelanggan 1500021 untuk bantuan lebih lanjut. Area jangkauan pengiriman akan dibatasi dan berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan kebijakan Bank

Kantor cabang Hana Bank yang melayani penerbitan kartu debit saat ini adalah: Medan Sudirman, Palembang, Lampung, Bali, Makassar, Manado

Dengan menggunakan debit card Line Bank, kita bisa mendapatkan berbagai keuntungan promo setiap bertransaksi di merchant yang telah bekerja sama. 

Promo Cashback

Selain itu, debit card Line Bank juga menawarkan keuntungan cashback untuk transaksi tertentu. 

  • Promo Tokopedia. Gunakan kartu debit LINE Bank & nikmati diskon hingga Rp 100.000! Berlaku sampai 28 Februari 2022
  • Promo Shopee. Belanja di Shopee dan nikmati diskon hingga Rp 100.000. Berlaku sampai 28 Februari 2022
  • Promo JD.ID. Beli item favorit di JD.ID & dapatkan diskon hingga Rp 100.000

Persyaratan soal debit:

  • Kartu Debit diterbitkan per 1 (satu) rekening Tabungan
  • Pengajuan Kartu Debit tambahan (kartu ke-2 dst) akan dikenakan biaya Rp 50.000 per kartu
  • Tidak dikenakan biaya pengiriman kartu
Baca Juga  TabunganKu Bank Sinarmas Review 2022 | Kelebihan Kelemahan
Debit Card Line

3. Deposito

Fitur selanjutnya adalah deposito. Seperti dengan fitur saving, kita juga diperbolehkan untuk memiliki akun deposito lebih dari 1.

Untuk bisa menggunakan deposito, kita perlu menyiapkan dana minimum 1 juta rupiah hingga maksimal 1 miliar rupiah. 

Jangka waktu penempatan deposito adalah 1-12 bulan dengan bunga 4,5%.

Menariknya, kita bisa mencairkan deposito sebelum jatuh tempo. Tidak ada biaya penarikan ataupun penalti jika mencairkan deposito sebelum jatuh tempo. Bahkan, bunga juga akan diberikan sesuai dengan perhitungan sejak awal deposito. 

Persyaratan Deposito:

  • Jangka waktu : 1 – 12 bulan
  • Rekening penarikan : dari Tabungan LINE Bank
  • Maksimum penempatan per deposito adalah Rp 1 milyar
  • Jika melakukan penutupan sebelum tanggal jatuh tempo, suku bunga yang berlaku adalah suku bunga Tabungan

4. Scan QRIS

Fitur Scan QRIS adalah fitur terbaru yang dilaunchingkan oleh Line Bank Aplikasi M-Banking akhir tahun 2021 yang lalu. Fitur ini bisa diakses nasabah melalui menu scan di halaman utama aplikasi.

Seperti dengan penggunaan Scan QRIS pada bank lainnya, kita bisa menggunakan fitur ini untuk transaksi pembayaran di merchant yang menyediakan scan QRIS. 

Untuk bisa menggunakan fitur ini, nasabah perlu menyetujui syarat dan ketentuan tambahan terkait dengan fitur baru ini. 

Scan QRIS Line Bank

5. Pembayaran

Pengguna dapat melakukan pembayaran dan pembelian untuk produk sebagai berikut:

  • Pulsa/data : Indosat, XL, Telkomsel (pulsa/data), Tri
  • E-money : OVO, GoPay, DANA, Link Aja, Shopee Pay
  • Telepon Pascabayar : XL, Indosat, Telkomsel
  • PLN : Prepaid dan Postpaid
  • Kartu Kredit :  Mega, BRI, CIMB Niaga
  • Zakat : Rumah Zakat, BAZNAS, Dompet Dhuafa.

Jenis Rekening Line Bank Berdasarkan Kartunya

Berikut beberapa jenis rekening line bank berdasarkan warna kartunya:

1. Brown Visa Card

Brown visa card adalah kartu ATM yang bisa digunakan untuk transaksi di dalam maupun luar negeri. Sesuai dengan namanya, kartu ini memiliki ikon karakter brown, si beruang coklat. 

2. Cony Visa Card

Buat penyuka karakter cony, yang berwarna merah mudah? Bersyukurlah bahwa Line Bank juga menyediakan debit card dengan latar cony. Kartu ini dilengkapi dengan chip sehingga penggunaan kartu bisa jadi lebih aman. Kartu ini juga bisa digunakan untuk bertransaksi di dalam maupun luar negeri. 

3. Sally Visa Card

Sama dengan kedua kartu di atas, Sally visa card juga bisa digunakan untuk transaksi di dalam dan luar negeri. Kartu ini juga dilengkapi dengan chip yang menjamin keamanan transaksi.

Jika penyuka Sally si bebek berwarna kuning yang menggemaskan ini, mungkin kartu ini bisa menjadi pilihan.

4. Brown GPB Visa Card

Jenis kartu terakhir dari Line Bank Aplikas M-Banking adalah Brown GPB Visa Card. Berbeda dengan ketiga jenis kartu di atas, kartu ini hanya bisa dilakukan untuk transaksi di dalam negeri. 

Meskipun begitu, kartu ini juga memiliki desain yang menarik, yaitu si Brown beruang coklat yang lucu. 

Ketentuan Bunga, Biaya, Minimum Saldo

Sebagai bank digital, Line Bank menawarkan keuntungan dari segi suku bunga, biaya dan minimum saldo.

A. Bunga

Line Bank menawarkan suku bunga simpanan, yang cukup tinggi dibandingkan bank pada umumnya, berikut ini:

Produk Simpanan Digital Banking Tingkat Suku Bunga
Tabungan 1% p.a
Deposito 4,5% p.a

B. Minimum Saldo

Tidak ada minimum saldo untuk tabungan. Saldo bisa 0 tanpa kena denda atau biaya apapun.

Baca Juga  M-Smile Mobile Internet Banking Bank Mega | Cara Daftar, Kelebihan Kelemahan

Minimum penempatan di deposito adalah Rp 1 juta.

B. Biaya Admin

Biaya terjangkau karena sebagian besar gratis. Bahkan rekening tanpa aktivitas selama 6 bulan berturut, dormant, biayanya gratis.

Produk Simpanan Digital Banking Biaya
Saldo Awal Pembukaan Rekening IDR 0
Saldo minimum IDR 0
Biaya Administrasi Gratis
Biaya Dibawah Saldo Minimum Gratis
Biaya Pembukaan Rekening, Biaya Penutupan Rekening Gratis
Biaya Rekening Dormant (tidak aktif 6 bulan bertutut-turut) Gratis
Biaya Transfer online ke bank lain Gratis

Yang juga menarik, Line Bank memberikan gratis biaya untuk transaksi kartu debit di ATM bank lain, sebagai berikut:

Transaksi Kartu Debit melalui ATM Bank Lain (Domestik) Biaya
Informasi Saldo Gratis
Penarikan Tunai Gratis
Transfer online ke bank lain Gratis

Kontak Customer Service, Alamat Kantor

Kantor Pusat PT Bank KEB Hana Indonesia, Mangkuluhur City Tower One, Jln. Jend. Gatot Subroto Kav. 1-3, Jakarta 12930

Telepon Bank Hana: 1-500-021; email: [email protected]

Panggilan video tersedia setiap hari dari pukul 08.00 WIB – 22.00 WIB

Keunggulan Line Bank Aplikasi M-Banking

Murahnya biaya untuk transaksi di aplikasi ini. Line Bank menawarkan gratis  biaya transaksi, mulai dari gratis biaya transfer, sampai tarik uang di ATM bank lain.

Dengan biaya tarik tunai yang gratis, kita bisa ambil uang dari kartu debit Line di semua ATM bank tanpa perlu khawatir kena biaya tambahan.

Tidak ada minimum setoran saldo yang membebani, baik saat pembukaan rekening atau selama rekening aktif. Bahkan rekening dormant pun tidak kena biaya.

Proses pembukaan rekening yang dilakukan secara digital tanpa perlu ke kantor cabang sangat memudahkan. Prosesnya 100% online.

Hubungan dengan aplikasi Line menarik buat para millennial yang selama ini sudah menggunakan chat tersebut untuk sekarang bisa gabungan di layanan mobile banking. 

Banyak promo cashback. Dengan menggunakan aplikasi, kita bisa menikmati sejumlah potongan diskon di berbagai e-commerce besar.

Desain kartu debit sangat khas anak muda, dari warna dan bentuk kartu debit. Disediakan pula pengiriman kartu secara gratis.

Aplikasinya sendiri secara UX UI juga nyaman digunakan. Desainnya clean, warna terang dengan navigasi yang mudah, membuat pengalaman menggunakan menjadi menyenangkan.

Kelemahan Line Bank Aplikasi M-Banking

Kelemahan utama adalah fitur di aplikasi masih sangat terbatas. Banyak fitur yang di bank – bank lain atau aplikasi uang elektronik sudah tersedia di Line masih belum ada.

Jumlah merchant untuk pembayaran masih sedikit. Banyak pilihan pembayaran yang penting belum tersedia di aplikasi ini.

Karena jaringan kantor cabang Hana Bank yang terbatas, aplikasi ini mengandalkan ATM dan kantor cabang bank lain. Hal ini aman selama semua biaya admin dan transaksi  masih gratis.

Di Line masih ada proses verifikasi lewat video call. Ini agak berbeda dengan beberapa bank digital yang sudah tidak melakukan Video Call untuk verifikasi pembukaan rekening.

Adanya video call membuat nasabah harus memastikan bahwa jaringan internet serta paket data di ponsel mereka mendukung untuk melakukan video call dengan baik.

Satu hal yang pengguna harus aware bahwa aplikasi akan menarik sejumlah data pribadi dari ponsel ketika menggunakan aplikasi ini.

Berikut ini data pribadi dari ponsel yang diambil oleh Line Bank, sesuai dengan laporan di PlayStore, yaitu:

  • Contacts. read your contacts
  • Phone. directly call phone numbers, read phone status and identity
  • Location. precise location (GPS and network-based), approximate location (network-based)
  • Storage. read the contents of your USB storage, modify or delete the contents of your USB storage
  • Device & app history, retrieve running apps
  • Device ID & call information, read phone status and identity
  • Photos/Media/Files. read the contents of your USB storage, modify or delete the contents of your USB storage
Data Pribadi Diakses Aplikasi

Terlihat bahwa cukup banyak data – data sensitif. Kita harus memastikan nyaman dengan security dan keamanan dari aplikasi digital bank yang kita gunakan