M-Smile Mobile Internet Banking Bank Mega | Cara Daftar, Kelebihan Kelemahan

Dunia perbankan kini sudah semakin canggih dengan adanya mobile dan internet banking, yang membuat nasabah semakin mudah saat melakukan transaksi. Salah satu aplikasi m-banking populer yaitu M-Smile yang dikembangkan oleh bank Mega.

Hasil review m-Smile mobile banking Bank Mega menunjukkan bahwa aplikasi ini memberikan kemudahan aktivitas perbankan hanya dengan menggunakan smartphone, seperti layanan produk simpanan, kartu kredit dan uang elektronik, tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank Mega, transaksi QR di merchant, dan berbagai promo, namun banyak keluhan user soal akses aplikasi yang lambat, yang membuat kurang nyamannya penggunaan, dan masih ada biaya admin.

Siapa yang tidak kenal bank Mega? Salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Banyak keuntungan yang ditawarkan oleh bank Mega, khususnya melalui aplikasi M-Smile.

Apa itu M-Smile Bank Mega APK

M-Smile atau Mega Smart Mobile merupakan terobosan yang dibuat oleh bank Mega agar transaksi lebih mudah, cepat, aman, dan praktis. Aplikasi ini juga diklaim sebagai alat serba bisa di era teknologi masa kini.

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan M-Smile seperti tarik tunai tanpa kartu, top up merchant, transaksi QR, kartu kredit, uang elektronik, dan produk simpanan lainnya. Hanya melalui smartphone saja, nasabah bisa mengakses seluruh transaksi kapan saja.

M-Smile Bank Mega APK

Nasabah juga dapat menerima berbagai informasi promo dan diskon melalui aplikasi, setiap informasi akan selalu update melalui aplikasi. Maka dari itu, jika Anda tidak mau ketinggalan diskon dan promo, jangan lupa untuk cek terus aplikasi M-Smile.

Sesuai dengan klaimnya bahwa M-Smile adalah aplikasi yang serba bisa, nasabah pun bisa mengakses berbagai informasi. Mulai dari M-Calendar, lokasi ATM dan cabang terdekat, update mata uang valuta asing, dan inbox rekening.

Cara Daftar M-Smile Bank-Mega

Cara registrasi aplikasi mobile banking M-Smile sangat mudah, nasabah hanya perlu mengunduh aplikasi dari Google Play Store atau App Store terlebih dahulu.

Jika aplikasi sudah terinstall, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi lalu klik “register”, yang posisinya berada di tengah bagian paling bawah.
  2. Nasabah akan diberikan pilihan untuk memilih produk, pilihlah sesuai dengan produk yang sudah dimiliki dan terdaftar resmi di bank Mega.
  3. Masukkan data diri sesuai dengan kartu identitas resmi, nasabah juga harus mencentang setiap syarat dan ketentuan di bagian akhir sebagai bentuk persetujuan.
  4. Pastikan nasabah sudah mendaftarkan nomor telepon yang aktif di akun bank Mega.
  5. Ikuti perintah untuk mengirim kode sms ke nomor telepon aktif.
  6. Lalu nasabah akan langsung diarahkan ke aplikasi pesan, kirim sms sesuai dengan instruksi dan pastikan kartu seluler memiliki pulsa yang cukup.
  7. M-Smile akan mengirim pesan balasan yang berisi verifikasi berhasil.
  8. Klik “lanjut”, dan Anda akan kembali ke laman M-Smile.
  9. Buat password untuk login ke aplikasi, pastikan Anda selalu mengingat password tersebut.
  10. Kemudian buat M-PIN yang nantinya digunakan untuk melakukan setiap transaksi, M-PIN ini berbeda dengan PIN atm dalam bentuk fisik.
  11. Masukkan email aktif.
  12. Registrasi selesai, Anda bisa langsung melakukan transaksi melalui M-Smile.

a. Buka Rekening Tabungan Online di M-Smile

Bagi Anda yang belum memiliki rekening bank Mega dan ingin mendaftar melalui M-Smile, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Setelah membuka aplikasi, klik “registrasi” dan pilih “tidak” saat muncul pilihan tabungan, kartu kredit, atau m-money.
  2. Pilih “tabungan” untuk membuka rekening baru dengan pilihan reguler.
  3. Pilih “Ya” jika Anda adalah pemilik sumber dana, jika bukan maka pembukaan rekening baru hanya bisa dilakukan di kantor cabang bank Mega terdekat.
  4. Baca langkah-langkah pendaftaran dengan teliti, kemudian isi nomor telepon aktif.
  5. Ambil gambar e-ktp sesuai dengan arahan, NIK akan terisi otomatis dan bisa diedit jika nomornya tidak sesuai.
  6. Masukkan semua data yang diminta pada kolom pendaftaran.
  7. Pilih kantor cabang bank Mega terdekat, langkah ini akan menentukan bank mana yang akan mengelola rekening Anda.
  8. Cek kembali data Anda, lakukan pengeditan jika ada yang tidak sesuai.
  9. Baca syarat dan ketentuan dengan seksama, kemudian centang box persetujuan.
  10. Anda akan diarahkan untuk melakukan customer service video banking (CSVB), klik video call untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  11. Saat video call sudah tersambung, Anda akan ditanya mengenai beberapa data.
  12. Jika sudah valid, video call akan diakhiri dan Anda harus menekan opsi “lanjut”.
  13. Klik “OK” lalu klik “kirim SMS” pastikan ponsel memiliki cukup pulsa.
  14. Klik “lanjut” hingga verifikasi selesai.
  15. Lakukan pembuatan M-PIN dan masukkan email aktif.
  16. Buat password untuk akun M-Smile Anda.
  17. Pendaftaran selesai.

b. Cara Menambah Akun M-Smile

Bagi Anda yang memiliki akun bank Mega lebih dari satu, jangan khawatir karena aplikasi M-Smile ini sudah support untuk multi account.

Lalu bagaimana cara untuk menambah akun di aplikasi, simak urutannya berikut ini:

  1. Buka aplikasi lalu masuk ke menu “pengaturan”,
  2. Pilih “ubar sumber dana dan rekening”,
  3. Klik “aktifkan akun”,
  4. Kemudian pilih tipe akun rekening,
  5. Pilih rekening yang ingin diaktifkan,
  6. Centang akun yang dipilih dan lakukan aktivasi,
  7. Anda akan diminta untuk konfirmasi OTP, pastikan nomor telepon aktif,
  8. Penambahan akun selesai.

Kenapa Harus M-Smile Mobile

Ada banyak alasan kenapa Anda harus memilih aplikasi mobile banking ini. Selain karena fiturnya yang canggih dan modern, aplikasi ini juga sangat mampu untuk menjadi sahabat keuangan Anda.

Informasi tabungan lengkap, Anda tidak perlu lagi datang ke bank hanya untuk menanyakan informasi tertentu. Mulai dari giro, deposito, pinjaman, mutasi rekening, dan lain-lain.

Informasi Tabungan, Giro, Pinjaman, Deposito, Kartu Kredit, M-Money, Mutasi Rekening, Mutasi Transaksi Kartu Kredit, Statement & Billing Statement bisa sampai 12 bulan.

Akses login dengan biometric dengan menggunakan sidik jari atau face ID.

Isi pulsa, top up e-wallet, dan bayar tagihan lebih gampang.  Cek poin kartu kredit dan DoReMe tinggal sekali tap.

Bisa terima akses aplikasi lewat suara. Transaksi menjadi lebih mudah dan cepat menggunakan Voice Command.

Buka rekening tabungan baru dan berbagai layanan untuk pemilik Tabungan dan Kartu Kredit. Layanan kartu kredit lengkap seperti MegaPay, kenaikan limit, daftar Mega Bill, daftar asuransi, blokir karu, dan ubah pin.

Dompet ketinggalan? Tidak bawa kartu ATM? Tenang. Kamu bisa transaksi QR di merchant yang menggunakan logo QRIS, tinggal scan, bayar, selesai! atau kamu juga bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM Bank Mega.

Fitur transfer lengkap dalam negeri seperti transfer antar rekening, transfer Realtime, SKN/Kliring atau RTGS dan transfer virtual account Bank Mega.

Call Center, Alamat Layanan

Hubungi Mega Call di 08041500010 atau +62 21 29601600 (dari luar negeri) atau hubungi cabang Bank Mega terdekat di kota.

Keunggulan Fitur M-Smile

Anda pasti menaruh harapan lebih pada mobile banking ini, mari simak keunggulan fitur M-Smile:

1. Tampilan / user experience (UX)

Jika dilihat dari tampilannya, Anda pasti tidak akan kecewa karena M-Smile memiliki tampilan user friendly. Hal ini sangat cocok untuk nasabah dari berbagai kalangan, karena dengan ini mereka dapat mengakses aplikasi dengan mudah.

Meski mudah untuk berbagai kalangan, tampilan desain tentu tidak dikesampingkan. M-Smile tetap mengedepankan desain elegan dan kekinian, dengan dominasi warna oranye dan putih.

2. Sistem Keamanan Terjamin 

Bicara soal sistem keamanan pada aplikasi mobile banking, seharusnya sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Bank Mega tentunya sudah memiliki keamanan yang sangat ketat untuk aplikasi m-banking ini.

Agar lebih terjamin, nasabah bisa melakukan login melalui pemindaian sidik jari atau bahkan pemindaian wajah. Sehingga tidak ada orang lain yang dapat membuka aplikasi selain pemiliknya sendiri.

3. Fitur Transaksi Lengkap

Transaksi tentu harus jadi lebih mudah dengan adanya mobile banking, M-Smile menyediakan berbagai macam transaksi yang dibutuhkan oleh nasabah. Mulai dari pembayaran listrik PLN, bayar e-commerce, top up e-wallet, transfer antar bank, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa menemukan saran-saran produk dari dashboard aplikasi seperti liburan, kecantikan, makanan, belanja, dan berbagi. Aplikasi ini jelas mempermudah segala kegiatan transaksi, Anda bisa langsung mengeceknya sendiri.

4. Mendukung Scan Kode QR

Scan QR merupakan transaksi yang paling mudah dan cepat di masa kini, aplikasi M-Smile tentu sudah support metode ini. Anda hanya perlu membuka menu opsi “QR” kemudian arahkan kamera pada kode QR.

Mendukung Scan Kode QR Bank Mega M Smile

Setelah melakukan scan, Anda harus memasukkan nominal uang yang harus dibayarkan. Anda juga bisa memilih sumber dana yang akan dibayarkan, opsi ini akan muncul khusus bagi nasabah yang memiliki dua akun atau lebih dalam satu aplikasi.

5. Fitur Voice Command

Fitur unggulan yang dimiliki aplikasi mobile banking bank Mega, yaitu fitur voice command. Dimana Anda bisa memerintah aplikasi hanya melalui suara, hal ini sangat membantu bagi Anda yang sedang dalam perjalanan dan tidak bisa mengetik.

Voice Command M Smile Bank Mega

Anda hanya perlu menekan logo mic untuk melakukan transaksi voice command, ucapkan kata kunci dan M-PIN. Pastikan Anda melakukannya dengan suara yang jelas agar aplikasi dapat memahaminya dengan cepat.

6. Tarik Tunai Tanpa Kartu

Melalui M-Smile, nasabah bisa melakukan tarik tunai tanpa kartu di mesin ATM Bank Mega. Tinggal masuk ke aplikasi, lalu mengambil kode dan kode tersebut digunakan di ATM untuk bisa mengambil uang.

Tarik Tunai Tanpa Kartu Bank Mega

7. Integrasi Kartu Kredit Bank Mega

Pemegang kartu kredit bank Mega bisa memanfaatkan banyak fasilitas di m-banking M Smile untuk mengelola kartu kredit, seperti  Mega Pay (ubah transaksi menjadi cicilan), mengajukan Kenaikan Limit Tetap, Pendaftaran Mega Bill, Pendaftaran Asuransi, Blokir Kartu Kredit, dan Daftar/Ubah PIN.

Tersedia juga informasi promo kartu kredit dan Kartu debit Bank Mega, lalu sekarang tersedia juga cek poin kartu kredit dan DoReMe.

8. Buka Rekening Online Tanpa Perlu ke Kantor Cabang

M-Smile menawarkan pengalaman membuka rekening tabungan secara online tanpa tatap muka. Hanya perlu mengunduh aplikasi dan mengajukannya.

Nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor cabang Bank Mega. Cukup via aplikasi mobile banking, akun baru sudah bisa dibuka.

9. Transfer Uang Mudah via Chat

Fitur Kirim-Kirim dapat mengirimkan uang kepada siapapun, baik pengguna M-Smile ataupun yang belum menjadi pengguna M-Smile, untuk dapat menerima uang dari rekening tabungan yang dimiliki oleh pengirim dengan mengirimkan tautan (link) yang sudah dibuat ke penerima yang diinginkan dengan menggunakan chat / messaging platform tanpa harus mengetahui nomor rekening dari penerima.

Fitur ini mudah digunakan dimana dalam 1 kali pengiriman dapat menentukan nominal pengiriman uang yang dapat mencapai hingga Rp 10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah), jumlah penerima hingga 99 orang dan pilihan tenggat waktu klaim yaitu 3 jam, 1 hari & 3 hari dari pengiriman uang.

10. Split Bill

Split Bill pada M-Smile menawarkan kemudahan transaksi yang dibutuhkan saat kita melakukan pertemuan, hangout atau acara makan bersama di mana biasanya transaksi pembayaran akan dilakukan terlebih dahulu oleh salah satu dari peserta dan kemudian akan dibagi sesuai dengan tagihan atas pesanan yang dilakukan oleh masing-masing orang.

Kelemahan Aplikasi M-Smile

Dari sisi biaya admin, minimum setoran untuk buka rekening, mobile banking M-Smile masih kurang menarik dibandingkan bank digital pada umumnya.

Misalnya, di M-Smile biaya transfer masih Rp 6,500 dan tidak gratis, seperti di bank digital. Begitu pula dengan biaya admin lainnya yang masih cukup mahal, dibandingkan bank digital yang rata – rata gratis semua biaya.

Tampaknya, M-Smile dimaksudkan sebagai kepanjangan tangan bank konvensional di ranah digital. Bukan untuk betul – betul mendigitalisasi proses layanan perbankan di bank Mega

Fitur lain yang belum tersedia di mobile banking Bank Mega adalah rekening valas. Nasabah jadinya belum bisa menyimpan mata uang asing dan melakukan transaksi, seperti transfer dalam valas.

M-Smile sudah tersedia bagi pengguna android dan iOS, keduanya memiliki penilaian yang cukup baik. Namun teknologi tentu selalu memiliki kelemahan, begitu juga dengan aplikasi serba bisa ini.

Aplikasi M-Smile mendapat rating 3.5/5 di iOS, penilaian ini tidak terlalu buruk untuk aplikasi yang masih terbilang baru. Para nasabah pengguna Iphone ini mengeluhkan kesulitan saat registrasi, aplikasi selalu error sehingga nasabah tidak bisa mendaftar.

Sedangkan para pengguna android memberikan rating 4.1/5 untuk aplikasi ini, keluhan yang diberikan pun beragam. Mulai dari aplikasi lambat, kendala transaksi, dan juga kendala saat registrasi seperti para pengguna iOS.

Banyak nasabah mengeluhkan aplikasi yang telah diupgrade, karena dinilai kinerjanya semakin kurang. Bahkan beberapa diantara mereka mendapat pemberitahuan “Membagi data pribadi dengan pihak ketiga”, hal ini tentu membuat para nasabah resah dan merasa tidak aman.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa kelemahan dari aplikasi ini adalah kinerja aplikasi yang masih kurang bagus. Banyak pengguna yang mengalami kendala terutama saat registrasi, sehingga mereka tidak dapat mengakses aplikasi secara keseluruhan.

Berbagai kendala kerap kali terjadi pada aplikasi baru, Anda tidak perlu khawatir akan hal itu karena para customer service siap melayani keluhan para nasabah. Anda bisa menghubungi nomor  08041500010 untuk mendapatkan layanan tersebut.