Mengenal Apa Itu Software ERP beserta Manfaatnya untuk Perusahaan Anda!

Saat ini sistem ERP telah menjadi solusi dan kebutuhan untuk mengoptimalkan kegiatan perusahaan. Software ERP memainkan peran penting dalam mengelola kegiatan bisnis mulai dari produksi hingga penjualan. 

Tujuan utama ERP adalah mengefisiensikan pengelolaan berbagai sumber daya di dalam perusahaan. Bagi Anda yang ingin meningkatkan operasional bisnis, aplikasi ERP ini perlu menjadi pertimbangan Anda. 

Software ERP dapat membantu Anda menyederhanakan berbagai aktivitas bisnis yang kompleks sehingga dapat meningkatkan efisiensi, menghemat biaya dan mengoptimalkan produktivitas bisnis Anda.

Apa itu Software ERP?

Apa itu Software ERP?

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah perangkat lunak yang memungkinkan perusahaan untuk mengotomatisasi dan mengintegrasikan proses bisnis mereka. Software ERP adalah sistem berupa perangkat lunak yang mendukung semua fungsi administrasi suatu perusahaan. 

Perangkat lunak ERP mencakup banyak area berbeda di dalam perusahaan seperti akuntansi, penjualan, pembelian, dan manufaktur. Aplikasi ini dapat memfasilitasi bisnis dengan informasi real-time dan akurat sehingga ANda dapat membuat keputusan bisnis dengan baik dan cepat berdasarkan data yang dihasilkan.

Manfaat Software ERP untuk Perusahaan Anda

Software ERP dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan, hal ini tentu saja bisa memudahkan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Untuk membantu Anda lebih memahami manfaat dan fungsi software ERP, berikut adalah beberapa manfaat Software ERP untuk perusahaan yang perlu Anda ketahui:

a. Meningkatkan produktivitas perusahaan

ERP membantu segala proses kegiatan perusahaan menjadi lebih efisien, ringkas, dan cepat. Dengan adanya sistem seperti tersebut, masing-masing tim akan lebih fokus mengerjakan tugasnya tanpa gangguan dari pihak lainnya. Pada dasarnya, ERP sangat mempermudah dan mempercepat kegiatan operasional perusahaan. Teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) dapat mengintegrasikan fungsi pemasaran, fungsi produksi, fungsi logistik, fungsi keuangan, fungsi sumber daya, fungsi produksi dan fungsi lainnya. ERP dikembangkan sebagai alat integrasi yang tujuannya untuk mengintegrasikan semua aplikasi bisnis ke dalam pusat penyimpanan data yang mudah diakses oleh semua bagian yang membutuhkannya.

b. Efisiensikan biaya operasional perusahaan

Menghemat biaya operasional merupakan salah satu keinginan terbesar setiap perusahaan, terutama perusahaan manufaktur yang mengeluarkan banyak biaya untuk proses produksinya. Software ERP membantu perusahaan mengurangi biaya operasional. Hal ini karena semua proses kegiatan bisnis beralih pada sistem ERP yang lebih otomatis untuk mengurangi biaya tenaga kerja manual. Perusahaan yang memiliki banyak cabang dapat menghemat pengeluaran dan mengoptimalkan seluruh sumber daya dari tenaga kerja, inventaris hingga aset yang dimilikinya. Dengan software ERP, perusahaan dapat melihat value proposition dengan cepat dari sebuah sistem yang mereka gunakan.

c. Manajemen bisnis lebih efisien

Melakukan manajemen perusahaan secara manual sangat menungkinkan terjadinya human error. Selain itu, mengefisienkan manajemen perusahaan akan memakan waktu dan biaya yang banyak, Dengan menggunakan software ERP, Anda dapat memperoleh berbagai keuntungan dan kemudahan yang dapat Anda rasakan untuk mengefisienkan proses kegiatan bisnis Anda. Sistem ERP ternyata juga dapat mengurangi risiko untuk masalah yang mungkin akan ditemui oleh berbagai departemen perusahaan. Software ERP dapat diakses oleh karyawan yang sudah ditentukan, jadi tidak bisa orang lain yang tidak memiliki persetujuan menggunakannya. Selain itu, Anda dapat melihat seluruh status aktivitas secara real-time, sehingga Anda dapat lebih cepat mengatasi risiko masalah bisnis.

d. Meningkatkan keamanan data

ERP memiliki firewall dan kontrol ketat untuk mencegah pelanggaran data. Semua informasi disimpan dalam sistem terpusat sehingga titik koneksi dapat dipantau secara ketat dan terjaga keamanannya. Peran administratif yang bertanggung jawab mengelola data perusahaan dapat menetapkan hak akses terbatas bagi karyawan. Dengan menggunakan ERP, data perusahaan tersimpan pada cloud sehingga membuatnya lebih aman. Selain itu, data yang terekam juga lebih akurat. Hal ini tentu sangat penting karena dapat mengurangi resiko kesalahan data akibat human error. Dibandingkan dengan proses manual, menggunakan sistem ERP jauh lebih akurat, aman dan terkendali.

Pentingnya Menerapkan ERP Software pada Perusahaan

Penggunaan sistem ERP memudahkan perencanaan dan pengelolaan sumber daya perusahaan, dengan bantuan sistem ERP semua departemen perusahaan dapat terhubung dalam satu sistem yang sama. Software ERP adalah sistem yang sangat membantu perusahaan dalam mengelola bisnisnya. Mulai dari produksi, pendistribusian, pengadaan dan penyimpanan barang dapat dikelola dengan mudah dengan bantuan software ERP.

Seluruh jenis perusahaan di Indonesia mulai dari manufaktur hingga retail dapat menggunakan aplikasi ERP terlengkap untuk membantu mereka dalam mengoperasikan bisnisnya. Program ERP adalah sistem yang sangat mudah dikustomisasi berdasarkan kebutuhan dan bidang dari setiap industri. Perusahaan dapat menyesuaikan software ERP berdasarkan bidang industri dan kebutuhan dari perusahaannya. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan software ERP untuk mengelola bisnis Anda.

Kesimpulan

Software Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sistem yang saat ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh sumber daya perusahaan. Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) dapat memfasilitasi perencanaan dan pengelolaan sumber daya perusahaan. Software ERP adalah sebuah sistem yang memudahkan perusahaan untuk mengelola segala sesuatu mulai dari produksi hingga distribusi. Saat ini perusahaan membutuhkan sistem ERP untuk menyederhanakan manajemen bisnis dan mempercepat pengembangan bisnis. Software ERP dari HashMicro dapat membantu Anda menyederhanakan berbagai aktivitas bisnis yang kompleks sehingga dapat meningkatkan efisiensi, menghemat biaya dan mengoptimalkan produktivitas bisnis Anda. Segera jadwalkan demo gratis untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai software ERP.