Mobile Banking Bank KB Bukopin Review

Bank sekarang di era digital dengan mobile banking berlomba-lomba mewujudkan inovasi terbaiknya, demi kenyamanan para nasabah. Begitu juga yang dilakukan oleh bank Bukopin yang meluncurkan aplikasi KB Bukopin Mobile Banking. Kita akan review pengalaman menggunakan mobile banking Bukopin ini soal cara daftar, fitur, kelebihan dan kelemahan aplikasi digital ini.

Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store dan App Store, Anda bisa langsung mengunduhnya secara gratis. Tidak hanya itu, Bukopin juga meluncurkan aplikasi versi syariah yang dinamakan BISA.

Mobile banking Bukopin Syariah disediakan untuk nasabah muslim yang ingin bertransaksi sesuai syariat. Maka dari itu, aplikasinya pun dipisahkan dari mobile banking regular.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah nasabah saat melakukan transaksi. Apalagi di zaman teknologi serba cepat seperti sekarang ini, nasabah juga tentu ingin mendapatkan pelayanan yang cepat dalam bertransaksi.

Syarat Daftar Mobile Banking KB Bukopin

Syarat Daftar Mobile Banking KB Bukopin

Jika ingin mengakses aplikasi mobile banking Bukopin, nasabah harus memenuhi syarat daftar terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  1. Memiliki akun rekening Bukopin (semua jenis)
  2. KTP elektronik
  3. Buku tabungan Bukopin
  4. Kartu ATM Bukopin
  5. Smartphone Android atau iOS
  6. Nomor telepon aktif
  7. Email aktif
  8. Lakukan aktivasi dan pendaftaran
  9. Membuat user id dan password (setelah pendaftaran berhasil).

Cara Daftar Mobile Banking Bukopin

Bagi Anda nasabah bank Bukopin yang sudah memiliki akun rekening namun belum terdaftar dalam mobile banking, berikut adalah cara mendaftar mobile banking Bukopin maupun Bukopin Syariah:

  1. Unduh dan install aplikasi,
  2. Masuk ke halaman registrasi,
  3. Klik “Daftar”,
  4. Isi form pendaftaran dengan lengkap,
  5. Buat username dan password akun mobile banking,
  6. Lakukan verifikasi kode OTP,
  7. Akun berhasil dibuat.
Baca Juga  Jenius BTPN vs Flip, Apa Aplikasi Digital Banking Terbaik

A. Daftar Aplikasi Bukopin Melalui Customer Service

Bagi Anda yang masih bingung tentang cara mendaftar mobile banking Bukopin dan tidak bisa melakukannya sendiri, lebih baik datangilah kantor cabang dan gunakan layanan customer service.

Anda akan mendapatkan penjelasan dan arahan untuk mendaftar, bahkan cara-cara mengakses setiap fitur aplikasinya. Berikut adalah cara daftar aplikasi melalui customer service:

  1. Datang ke kantor cabang bank Bukopin terdekat
  2. Ambil formulir permohonan aplikasi
  3. Isi data dengan benar dan tanda tangan pada kolom yang disediakan
  4. Anda akan mendapat PIN Maller sebagai kode verifikasi
  5. Kode tersebut akan dikirim melalui email, pastikan email Anda aktif
  6. Kode verifikasi dapat digunakan untuk aktivasi Internet banking
  7. Kode verifikasi hanya berlaku 1×24 jam, pastikan Anda langsung mengaktifkannya
  8. Tanyakan kepada petugas customer service tentang hal yang belum Anda pahami.

B. Cara Aktivasi IB Bukopin

Internet banking dan mobile banking bisa diakses oleh nasabah jika sudah melakukan aktivasi. Bagi Anda yang ingin melakukan aktivasi Internet Banking Bukopin, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka website ib.bukopin.co.id
  2. Klik “Sign Up” untuk mendaftar
  3. Setujui semua syarat dan ketentuannya
  4. Masukkan kode aktivasi yang didapat struk mesin atm (lakukan pendaftaran melalui atm terlebih dahulu)
  5. Masukkan nomor kartu atm 16 digit
  6. Masukkan nomor rekening
  7. Buat user id dan password (pastikan mudah diingat namun tidak mudah ditebak)
  8. Masukkan email aktif (masukkan dua alamat email jika ada)
  9. Klik “create”
  10. Masukkan security expression (contoh: tanggal lahir orangtua)
  11. Klik “submit”
  12. Aktivasi selesai.

C. Cara Mendapat Kode Verifikasi dari ATM Bukopin

Sebelum melakukan pendaftaran mobile banking dan internet banking Bukopin, nasabah harus mendaftarkan nomor telepon melalui mesin ATM dan mendapat kode verifikasi 6 digit.

Baca Juga  Jenius BTPN vs Nyala OCBC Nisp, Apa Digital Banking Terbaik 2022

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masukkan kartu ke mesin ATM
  2. Klik “registrasi e-banking”
  3. Pilih “internet banking”
  4. Masukkan nomor telepon aktif yang ingin didaftarkan
  5. Klik “OK”
  6. Struk kode verifikasi akan keluar
  7. Pendaftaran selesai.

D. Cara Login Mobile Banking KB Bukopin

Jika sudah melakukan pendaftaran dan verifikasi mobile banking maupun internet banking, nasabah bisa langsung melakukan login dan mengakses aplikasi. Hanya tinggal masukkan user id dan password yang sebelumnya sudah dibuat.

Adapun cara login yang lebih mudah, yaitu menggunakan pemindai sidik jari tanpa harus memasukkan user id dan password. Cara ini sangat cocok bagi nasabah yang ingin serba cepat, terutama bagi nasabah yang sering lupa password.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu pergi ke pengaturan aplikasi lalu daftarkan sidik jari Anda sebagai akses login. Pastikan smartphone yang Anda gunakan mendukung fitur sidik jari atau finger print.

Keunggulan Mobile Banking Bukopin

Ada banyak fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi mobile banking Bukopin, dengan tujuan untuk memudahkan transaksi para nasabah. Berikut adalah beberapa keunggulan fitur yang perlu Anda ketahui:

1. Fitur Authentication

Fitur ini dibuat untuk keamanan ganda akun mobile banking nasabah, dengan cara verifikasi mobile token. Setiap transaksi yang dilakukan harus melalui verifikasi mobile token terlebih dahulu, sehingga keamanan transaksi sangat terjamin.

Fitur ini sangat menguntungkan bagi para nasabah yang sering melakukan transaksi berupa transfer, pembelian, maupun pembayaran dalam jumlah besar. Tidak perlu khawatir akan transaksi error.

Fitur Authentication Aplikasi Mobile Banking Bukopin

2. Informasi Rekening

Mengakses informasi seputar rekening Anda kini tidak perlu repot mengunjungi teller bank atau customer service lagi. Nasabah bisa mengakses informasi saldo, mutasi rekening, dan konsolidasi e-banking.

Baca Juga  TabunganKu Bank Bukopin Review 2022 | Kelebihan Kelemahan
 Informasi Rekening Bukopin Mobile

3. Pembelian

KB Bukopin mobile banking juga menyediakan pembelian berbagai produk seperti uang elektronik, pulsa, asuransi, token listrik, dan tiket pesawat. Anda tidak perlu repot lagi membelinya melalui merch lain.

4. Pembayaran Tagihan

Begitupun untuk transaksi pembayaran berbagai tagihan seperti kartu kredit, listrik pasca bayar, pajak kendaraan, tv kabel, dan lain-lain. Nasabah bisa langsung mengaksesnya melalui dashboard aplikasi.

5.    Akses Informasi Lain

Nasabah juga bisa mengakses informasi lain seputar perbankan melalui aplikasi ini, seperti; suku bunga, kurs, daftar bank di Indonesia, status transaksi, batas waktu transaksi, dan lain-lain.

Akses Informasi Lain di Mobile Bukopin

Kekurangan Aplikasi KB Bukopin

Beberapa nasabah pengguna aplikasi mobile banking KB Bukopin menyampaikan keluhannya melalui komentar di Google Play Store dan App Store. Kebanyakan dari mereka mengeluhkan error aplikasi sehingga tidak bisa melakukan transaksi.

Terutama saat melakukan transfer dan top up e-wallet, sehingga para pengguna aplikasi hanya bisa mengecek saldo dan mutasi rekening saja. Beberapa nasabah juga menyarankan untuk segera menambah fitur top up e-wallet dengan lengkap.

Kelemahan aplikasi mobile banking Bukopin terlihat dari rating aplikasi yang diberikan para pengguna. Aplikasi ini mendapat rating 3.7 yang berarti masih kurang dan banyak mengalami error, sehingga nasabah memberikan penilaian yang kurang bagus.

Berbeda dengan Bukopin Syariah yang mendapat rating lebih besar, yaitu 4.8 bahkan mendekati angka yang sempurna. Bank Bukopin perlu lebih mengembangkan dan memperhatikan aplikasi mobile banking KB Bukopin demi kenyamanan nasabah.