Pengertian File – Fungsi, Jenis, dan Cara Mengelola File

Bagi Anda pengguna komputer, ataupun laptop pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya file. Bahkan dalam setiap harinya Anda dapat menerima dan mengirim file ke teman-teman, keluarga, rekan kerja, atau ke yang lainnya. Setiap hal yang kita lakukan di depan komputer pasti berhubungan dengan file, seperti misalnya: membuat file pdf, mengonversi file pdf, menyalin file pdf, hingga mengunduh file pdf melalui internet. Bahkan sistem operasi pada komputer yang kita jalankan juga gabungan dari banyaknya file sistem yang saling terintegrasi untuk menjalankan perintah-perintah komputasi secara sistematis.

Namun beberapa dari Anda pasti belum mengetahui secara mendalam mengenai apa itu file dan apa saja jenis-jenisnya. Berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai file yang dapat Anda simak, agar Anda lebih memahami apa itu file.

Lihat Juga : Pengertian Sistem Informasi

Pengertian File

Pengertian File
Sumber Gambar : techopedia.com

File adalah kumpulan informasi dan data yang saling terhubung satu sama lain yang disimpan dalam sebuah ruang penyimpanan yang sama, misalnya komputer. File juga biasanya terdiri dari beberapa tipe data, seperti numeric, character, dan binary. Tidak hanya itu, sebenarnya file juga memiliki tipe program lainnya berdasarkan fungsi dan tujuan pembuatnya. Secara umum, File sendiri disimpan atau terdapat pada sebuah folder yang ada dalam komputer.

Anda juga dapat menyimpan file tersebut dalam beberapa folder yang berbeda sesuai dengan keinginan Anda. Atau Anda bisa mengelompokkan file tersebut berdasarkan fungsinya agar Anda dapat lebih mudah menemukannya. Biasanya masing-masing dari file juga memiliki ekstensi yang berbeda-beda sesuai dengan jenis file tersebut. Ekstensi tersebutlah yang dapat digunakan sebagai pembeda antara satu jenis file dengan jenis file yang lain.

Lihat Juga : Pengertian Teknologi Informasi

Berikut ini merupakan beberapa pengertian File menurut para ahli yang dapat Anda ketahui:

  • Rachmad Hakim S – Menurut Rachmad Hakim S pengertian file sendiri merupakan kumpulan dari beberapa dokumen yang di dalamnya terdapat berbagai informasi yang dapat dibuka dengan komputer.
  • McLeod (Pearson) – Sedangkan menurut McLeod pengertian dari file yaitu sebuah koleksi rekaman yang saling berkaitan satu sama lain. Contohnya seperti satu file yang berisi berbagai kode mata kuliah dan namanya.
  • Edi S. Mulyanta – Kemudian pengertian file menurut Edi S. Mulyanta adalah susunan data yang bertujuan melakukan encode informasi digital yang digunakan untuk penyimpanan dan pertukaran data.
  • Hendrayudi – Pengertian file menurut Hendrayudi adalah kumpulan data-data yang telah tersimpan dalam sebuah media yang memiliki informasi lengkap seperti tanggal dan jam penyimpanan, besar file, nama file, dan ciri-ciri file.

Lihat Juga : Pengertian Open Source

Fungsi File

Fungsi File
Sumber Gambar : unsplash.com
  1. Untuk menyimpan dokumen, video, gambar, dan rekaman suara yang digunakan sebagai bahan dokumentasi.
  2. Untuk media penyimpanan berbagai informasi penting oleh pengguna komputer.
  3. Untuk bahan presentasi dan menyimpan berbagai bahan materi.
Baca Juga  Apa itu Booting? Tipe, Cara Kerja, dan Kesalahan Booting!

Lihat Juga : Pengertian Cache

Jenis-Jenis File

Definisi File
Sumber Gambar : westtnewss.com

Apabila dilihat berdasarkan pengertian file yang sudah dijelaskan sebelumnya, tentunya file memiliki beberapa jenis yang berbeda. Oleh karena itu berikut ini beberapa jenis file yang dapat Anda ketahui, antara lain:

1. File Sistem

File sistem adalah salah satu dari jenis file yang bermanfaat untuk menjalankan berbagai program dan aplikasi yang ada dalam komputer sesuai dengan fungsinya. Selain itu, file sistem juga memiliki beberapa ekstensi yang beragam. Misalnya com, sys, bak, tmp, bat, exe, dan lain sebagainya. Masing-masing jenis ekstensi tersebut tentunya mempunyai kegunaan dan fungsi yang berbeda.

2. File Video

File video adalah sebuah file di mana di dalamnya terdapat video yang dapat Anda putar. Namun yang perlu Anda ketahui, beberapa jenis video hanya dapat diputar melalui aplikasi tertentu saja. Selain itu, file video juga memiliki beberapa jenis ekstensi yang berbeda misalnya mpg, 3pg, mp4, wmv, flv, avi, kv, dan lain-lain. Masing-masing jenis ekstensi yang berbeda tersebut menunjukkan bahwa setiap video mempunyai jenis pelaksanaan pemutar yang berbeda-beda untuk dapat melihat video tersebut.

3. File Dokumen

Kemudian file dokumen adalah salah satu jenis file yang di dalamnya berisi sebuah dokumen. Berbagai macam dokumen yang telah Anda buat, nantinya dapat Anda buka kembali di waktu yang berbeda. Tetapi yang perlu Anda perhatikan juga, beberapa dokumen juga tidak dapat dibuka pada satu aplikasi yang sama, sehingga Anda harus membuka dokumen tersebut menggunakan aplikasi yang sesuai dengan jenis file tersebut. Ekstensi file dokumen juga berbeda-beda, misalnya odt, doc, dox, xls, pdf, ods, txt, ppt, dan lain-lain.

4. File Gambar

File gambar merupakan jenis file yang di dalamnya terdapat gambar jika Anda buka. Jadi apabila Anda menyimpan gambar dalam komputer, maka gambar tersebut akan berubah menjadi file gambar yang memiliki ekstensi  berbeda-beda. Beberapa jenis ekstensi file gambar yaitu jpeg, jpg, png, tif, gif, dan lain-lain. Secara umum, gambar yang diambil dari kamera memiliki ekstensi jpg atau jpeg dan beberapa gambar juga hanya dapat dibuka menggunakan aplikasi tertentu.

5. File Suara

File suara adalah sebuah file di mana di dalamnya terdapat beberapa rekaman suara yang Anda simpan. Berbagai macam rekaman suara yang disimpan tadi kemudian membentuk sebuah file suara yang memiliki ekstensi yang bermacam-macam pula. Berbagai macam jenis ekstensi file suara juga dapat mempengaruhi kualitas dari suara yang dihasilkan. Beberapa ekstensi file suara, yaitu mp3, wav, midi, rm, dan yang lainnya.

Baca Juga  Pengertian Shareware – Sejarah, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Contohnya

Beberapa jenis file yang sudah disebutkan di atas, menunjukkan bahwa tidak semua jenis file dapat dibuka pada aplikasi yang sama. Bahkan beberapa jenis file yang sama juga memiliki ekstensi yang berbeda. Lalu bagaimana cara menampilkan ekstensi sebuah file?

Lihat Juga : Pengertian URL

Cara menampilkan ekstensi file

Adanya berbagai macam ekstensi yang berbeda-beda dalam setiap jenis file sebenarnya berfungsi untuk mempermudah file yang dicari karena biasanya file yang tersimpan dalam suatu folder juga cukup banyak. Selain itu ekstensi yang berbeda-beda untuk beberapa file juga bertujuan untuk mempermudah menggunakan aplikasi yang sesuai untuk digunakan membuka file tersebut. Lalu bagaimana cara menampilkan ekstensi dari suatu file ? Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menampilkan ekstensi file, antara lain:

STEP 1 : Langkah pertama, buka folder tempat Anda menyimpan file. Kemudian klik File » pilih Change folder and search options. Atau Anda bisa menekan tombol ALT + F + O untuk menampilkan dialog “folder options”.

Change Folder And Search Options
1. Mengakses folder options. Rafiq Akbar Hakim

STEP 2 : Lalu klik tab menu “View” page. Kemudian lihat di bagian “Advanced Settings”, di sini Anda perhatian setiap pengaturannya. Selanjutnya hilangkan centang pada bagian “Hide extensions for known file types” » klik Apply untuk menerapkan perubahan.

Hilangkan Centang Hide Extensions Explorer
2. Menonaktifkan fitur hide extensions. Rafiq Akbar Hakim

STEP 3 : Jika sudah, klik OK dan lihat hasilnya di bawah ini. Anda bisa melihat ekstensi dari setiap file di dalam folder tersebut.

Cara Menampilkan Ekstensi File
3. Menampilkan ekstensi file. Rafiq Akbar Hakim

Lihat Juga : Pengertian E-Banking

Cara mengelola file

Mengelola File
Sumber Gambar : unsplash.com

Setelah mengetahu berbagai jenis file yang berbeda-beda. Tentunya Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengelola file yang ada dalam komputer Anda, agar lebih mudah untuk mencarinya. Berikut ini merupakan beberapa cara atau metode dalam mengelola file yang dapat Anda pahami, seperti:

1. Sistem organisasi berbasis klien

Dalam hal ini, file nantinya akan diurutkan atau dibedakan berdasarkan jenisnya. Dan Anda dapat membuat folder yang berbeda untuk setiap jenis ekstensi file yang berbeda.

2. Sistem organisasi berbasis tanggal

Kemudian berbeda dengan sebelumnya, pengelolaan file ini dibedakan berdasarkan satu folder yang dibuat dalam setiap tahun dan satu sub folder dalam setiap bulan. Atau bahkan sub folder yang dibuat dalam setiap minggu.

3. Sistem organisasi berbasis tipe file

Dalam pengelolaan jenis ini, file yang Anda simpan akan dikelompokkan berdasarkan tipe file tersebut. Contohnya tipe presentasi, marketing, dokumen, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Lihat Juga : Pengertian Typo

Contoh jenis file dan ekstensinya

Mengubah JPG ke PDF
Contoh file ekstensi gambar

Pada umumnya beberapa jenis file terdiri dari dua bagian, yaitu nama file yang Anda beri untuk dapat lebih mudah mengenali file tersebut. Dan ekstensi file, atau suatu kode yang sengaja diberikan secara otomatis oleh pembuatnya. Sebagai contoh, Anda biasanya dapat menulis nama file seperti “Proposal.doc”. Dalam hal ini “Proposal” merupakan nama file yang Anda beri, sedangkan “doc” merupakan ekstensi dari jenis file Anda. Untuk mengenal lebih mendalam, berikut ini merupakan beberapa contoh jenis file dan ekstensinya yang dapat Anda ketahui, seperti:

  • File sistem, contoh ekstensinya yaitu:  sys, com, bk, bat, tmp & exe.
  • File video, contoh ekstensinya yaitu:  avi, kv, mpg, mpeg, wmv, 3gp & flv.
  • File dokumen, contoh ekstensinya yaitu: html, doc, odt, xls, ods & pdf.
  • File gambar, contoh ekstensinya yaitu: jpeg, jpg, gif, png tif & tiff.
  • File suara, contoh ekstensinya yaitu:  wav, rm, mp3 & midi.
Baca Juga  10 Cara Mengembalikan File yang Terhapus dengan iTop Data Recovery

Lihat Juga : Pengertian Bitmap

Perbedaan antara file dan folder

Perbedaan File dan Folder
Perbedaan files dengan folder

Berbicara mengenai file mungkin tidak dapat dipisahkan dengan kata folder. Lalu apa perbedaan file dan folder ? Berbeda dengan file yang memiliki dua bagian yaitu nama dan ekstensi. Folder hanya memiliki satu bagian saja, yaitu hanya nama folder. Tidak hanya itu, di dalam folder Anda juga dapat membuat sub folder yang berisi beberapa folder tambahan. Dan biasanya folder induk disebut dengan parent folder, sedangkan untuk sub folder disebut dengan child folder.

Lihat Juga : Pengertian Wibu

Penutup,

Dari ulasan mengenai pengertian file di atas, dapat disimpulkan bahwa file merupakan kumpulan data atau informasi yang saling terintegrasi satu sama lain yang disimpan dalam ruang penyimpanan. Beberapa contoh file yang sering kita temukan saat menggunakan komputer adalah file dokumen, seperti: .doc, .odt, .xls, .ods, .pdf, dan lain sebagainya. Perbedaan antara file dan folder dapat dilihat dari ekstensinya. File memiliki nama dan ekstensi, sedangkan folder hanya memiliki namanya saja.

Bagaimana cara menghapus file di komputer?

Ada dua cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghapus file secara sementara atau permanen. Jika Anda ingin hapus sementara, Anda bisa klik kanan file » pilih opsi Delete. Sedangkan permanen, klik file yang dihapus » tekan kombinasi Shift + Delete pada keyboard » klik Yes untuk mengonfirmasi.

Sebutkan contoh format file gambar pada komputer?

Di antaranya yaitu .jpg, .png, .gif, .tiff, .pdf, .eps, dan masih banyak lagi.

Apakah .doc termasuk dalam jenis file?

doc merupakan format file dokumen digital yang digunakan pada program pengolah kata seperti Microsoft Word, dan sejenisnya.


Penulis : Rahma Rinjani | Editor : Rafiq Akbar Hakim, Erga Bayu Aji

Artikel terkait