Pengertian Flash Drive beserta Fungsi, Jenis, Nama Lain, Cara Menggunakan!

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada pada saat ini, berbagai jenis kemudahan dapat kita rasakan. Bahkan pada media penyimpanan data sekalipun. Jika pada zaman dahulu media penyimpanan data memiliki ukuran yang cukup besar dengan ukuran 1,5 meter. Maka pada saat ini Anda dapat menggunakan media penyimpanan data dengan ukuran yang cukup kecil. Bahkan tidak lebih besar dengan ukuran jari Anda.

Hal tersebut tentunya dapat mempermudah Anda. Ukurannya yang kecil juga dapat dengan mudah Anda bawa ke mana–mana. Serta kapasitasnya juga cukup besar yakni mampu menyimpan hingga ukuran Gigabyte, bahkan sampai terabyte. Media penyimpanan tersebut biasanya disebut dengan flash drive. Lalu apa pengertian flash drive itu sendiri? Bagaimana cara menggunakannya? Dan apakah flash drive dan flash disk itu sama. Untuk informasi lebih lengkapnya dapat Anda simak berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian Bandwidth

Pengertian Flash Drive

Definisi Flash Drive
Sumber Gambar : nytimes.com

Flash drive merupakan sebuah media penyimpanan yang berfungsi untuk berbagi file dari komputer satu dengan komputer lainnya. Ukurannya yang cukup kecil, dan ringan serta membutuhkan daya yang tidak banyak membuat flash drive dapat dikatakan cukup portabel atau mudah dibawa ke mana–mana. Flash drive juga bersifat non–volatile sehingga data Anda yang tersimpan di dalamnya tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik sekalipun. Flash drive juga dapat Anda sebut dengan flash disk, pen drive, data stick, memory unit, thumb drive, keychain drive, atau jump drive.

Sebelum penggunaan flash drive, mungkin banyak dari Anda yang menggunakan CD atau DVD sebagai media penyimpanan. Namun flash drive sendiri terbuat dari bahan plastik atau aluminium, sehingga flash drive dapat menjadi pilihan Anda sebagai media penyimpanan data yang aman dan memiliki risiko kerusakan yang kecil. Tidak hanya digunakan sebagai media penyimpanan data saja, flash drive juga dapat Anda gunakan untuk pencadangan data, serta media transfer file antar perangkat.

Baca Juga  19 Cara Menggunakan Komputer

Lihat Juga : Pengertian Jaringan LAN

Cara menggunakan flash drive yang benar

Flashdisk Tidak Terbaca
Sumber Gambar : kingston.com

Dapat Anda ketahui bahwa semua komputer pada dasarnya memiliki port USB. Dan jika komputer Anda baru, biasanya terdapat port USB 3.0 berwarna biru di dalamnya. Kemudian cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan flash drive yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Setelah Anda selesai membuat dokumen baru dan ingin menyimpannya ke flash drive, Anda hanya perlu memasukkan atau menghubungkan flash drive pada port USB komputer atau laptop Anda. Biasanya port USB berada pada bagian depan untuk komputer desktop dan terletak di bagian samping untuk laptop.
  2. Jika Anda menggunakan flash drive untuk pertama kali, usahakan untuk melakukan pemformatan terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kompatibilitas dengan sistem operasi yang digunakan dan mempersiapkan flash drive agar dapat digunakan dengan baik pada komputer Anda.
  3. Kemudian jika operasi pada flash drive sedang berlangsung, misalnya Anda sedang menyimpan dokumen, mendengarkan musik, atau menonton film, usahakan untuk tidak mencabut flash drive dari port USB begitu saja.
  4. Dan apabila flash drive sudah tidak digunakan lagi, Anda dapat mencabut flash drive tersebut dari port USB. Namun Anda juga tidak boleh sembarangan saat mencabut atau melepasnya. Anda dapat melakukan pengaturan terlebih dahulu agar data yang Anda simpan juga lebih aman.

Lihat Juga : Pengertian Input dan Output

Keunggulan Flash Drive

Berbicara mengenai media penyimpanan tentu ada bermacam–macam jenisnya. Misalnya seperti CD atau DVD, eksternal hard disk dan lainnya. Lalu apa perbedaan flash drive sendiri dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya? Berikut ini merupakan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh flash drive sehingga dapat membedakannya dengan media penyimpanan lainnya.

  • Memiliki ukuran yang kecil, dan ringan. Sehingga mudah dibawa ke mana–mana.
  • Memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Yakni sekitar 8GB sampai dengan 2TB.
  • Terbuat dari bahan plastik, atau aluminium sehingga tidak mudah rusak.
  • Mudah digunakan dan bersifat Plug and Play, jadi Anda hanya perlu mencolokkan pada USB Port yang ada pada komputer atau laptop Anda dan mencopotnya apabila selesai digunakan.
  • Tidak membutuhkan baterai.
  • Memiliki kecepatan transfer data yang cukup tinggi. Yaitu sekitar 480 Mbps dengan kecepatan pembacaan sekitar 8MB / detik dan kecepatan penulisan 7MB / detik.
Baca Juga  10 Cara Membersihkan Kipas Laptop

Kekurangan Flash Drive

  • Ukurannya yang kecil memang membuat flash drive mudah dibawa ke mana–mana, namun Anda juga harus berhati–hati saat menyimpannya agar tidak mudah hilang.
  • Membutuhkan perawatan atau scan dari virus secara berkala agar tidak mudah terkena virus.
  • Flash drive juga mudah rusak apabila terkena air.

Lihat Juga : Pengertian Jaringan Komputer

Penutup,

Setelah mengetahui beberapa informasi di atas, maka dapat Anda ketahui bahwa flash drive merupakan media penyimpanan, pencadangan data, serta media transfer data yang portabel. Bentuknya yang kecil serta ringan dibawa membuat benda tersebut dapat dengan mudah dibawa ke mana–mana. Flash drive juga dapat bertahan cukup lama jika Anda dapat menggunakannya dengan benar dan tidak terkena air. Kapasitas penyimpanan flash drive juga cukup besar hingga mencapai 2TB sehingga sangat cocok jika Anda gunakan untuk membantu menyimpan file pribadi Anda baik berupa foto, video, maupun dokumen.

Apa perbedaan flash drive dan flash disk?

Flash drive dan flash disk sebenarnya tidak ada bedanya. Jadi flash drive dan flash disk sama saja akan tetapi namanya saja yang berbeda.

Apa perbedaan flash drive dan pen drive?

Flash drive dan pen drive sebenarnya juga memiliki penggunaan yang sama karena semua pen drive adalah flash drive. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa flash drive memiliki penggunaan yang dapat diperluas melalui kemampuan yang dimiliki oleh pen drive.


Penulis : Rahma Rinjani | Editor : Erga Bayu Aji, Rafiq Akbar Hakim

Artikel terkait