Pengertian Google Meet – Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan

Merebaknya pandemi COVID-19 ke seluruh dunia membuat banyak aktivitas seperti bisnis, pekerjaan, dan pendidikan beralih ke digital. Hal ini menjadi sesuatu yang baru dengan memaksa banyak orang menggunakan internet dalam berkomunikasi. Kebijakan WFH (Work from Home) telah ditetapkan pemerintah untuk mengurangi penyebaran COVID-19 namun tetap melakukan pekerjaan dari rumah.

Layanan video conference seperti Google Meet, Zoom Meeting, Skype, Cisco Webex, dan lainnya menjadi pilihan untuk tetap melakukan pertemuan secara online. Zoom Meeting menjadi salah satu program meeting yang paling banyak digunakan saat ini. Bulan April 2020 yang lalu, Zoom Meeting memiliki pengguna harian hingga 300 juta. Alasan inilah yang membuat beberapa platform juga mengembangkan dan menambahkan fitur meeting. Salah satunya Google yang juga serius dalam meningkatkan fitur dan layanan Google Meet.

Gabungan fitur antara Google Hangouts dan Google Chat membuat Google Meet menjadi pilihan kedua, selain Zoom Meeting. Penasaran dengan Google Meet, simak pengertian, fitur, manfaat, serta cara menggunakan Google Meet berikut ini;

Lihat Juga : Pengertian YouTube

Pengertian Google Meet Secara Umum

Apa itu Google Meet
Image source : howtoweb.co
Pengembang Google
Rilis perdana Februari 2017
Platform Android, iOS, Web
Jenis Communication software
Lisensi Freemium
Situs web meet.google.com

Google Meet adalah layanan konferensi video/ meeting online yang dikembangkan oleh Google. Layanan Google Meet merupakan gabungan dari Google Chat dan Google Hangouts dengan pengembangan yang lebih dikhususkan pada pertemuan online. Oktober 2019, Google Hangouts menghentikan versi klasiknya dan pengguna dapat beralih menggunakan Hangouts untuk versi yang lebih modern.

Google Meet diperkenalkan pada bulan Februari 2017 secara diam-diam untuk pengguna iOS (iPhone). Pada bulan berikutnya, Google Meet diperkenalkan secara publik dan dapat di akses melalui browser web, iOS, dan Android. Pada versi gratis, pengguna dapat melakukan pertemuan dengan jumlah maksimal 100 peserta. Sedangkan versi premium/ bisnis, pengguna dapat melakukan pertemuan dari 100 hingga 250 peserta.

Baca Juga  Pengertian Google Docs – Fungsi, Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Siapa pun yang memiliki akun Google dapat membuat pertemuan atau berpartisipasi dalam meeting online. Untuk alasan keamanan, host memiliki akses penuh dalam sebuah meeting. Host dapat menolak masuk dan menghapus pengguna selama pertemuan berlangsung. April 2020, Google juga telah menambahkan fitur audio peredam bising khusus untuk paket bisnis.

Untuk alasan privasi, Google juga menyatakan bahwa tidak merekam ataupun menyimpan video meeting untuk penargetan iklan. Namun informasi dari analisis kebijakan privasi Meet, Google berhak untuk menyimpan durasi panggilan, pengguna yang ikut berpartisipasi, hingga alamat IP pengguna.

Lihat Juga : Pengertian Instagram

Fitur dan Manfaat Google Meet

Fitur dan Manfaat Google Meet
Image source : mundoconectado.com.br

Google Meet hadirkan segudang fitur dan manfaat untuk memaksimalkan pengguna dalam melakukan pertemuan online. Simak beberapa fitur unggulan Google Meet berikut ini;

  1. Pengguna dapat bergabung dalam sebuah rapat melalui web, aplikasi Android atau iOS (iPhone).
  2. Integrasi dengan Google Kalender yang memungkinkan pengguna untuk membuat jadwal rapat.
  3. Memungkinkan pengguna untuk berbagi layar untuk kebutuhan presentasi dokumen, spreadsheet, atau presentasi.
  4. Tersedia fitur Chat sehingga pengguna dapat melakukan diskusi atau mengirim pesan teks ketika meeting berlangsung.
  5. Host memiliki akses penuh untuk menolak atau mengizinkan pengguna untuk terhubung.
  6. Panggilan dilakukan enkripsi sehingga keamanan lebih terjamin.
  7. Paket G Suite memiliki akses ke banyak fitur yang lebih baik seperti recording, attendance tracking, retention, serta cloud storage yang lebih besar.
  8. dll.

Lihat Juga : Pengertian Facebook

Kelebihan dan Kekurangan Google Meet

Kelebihan dan Kekurangan Google Meet
Image source : gizmologi.id

Selain integrasi dengan akun Google, Google Meet hadirkan beragam fitur yang memungkinkan pengguna untuk meeting online, presentasi, chatting, hingga recording. Google Meet berusaha menghadirkan layanan dan fitur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Meskipun demikian, Google Meet juga tak lepas dari kekurangannya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Google Meet yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan Google Meet

  1. Kemudahan untuk bergabung. Bergabung dalam sebuah meeting di Google Meet terbilang sangat mudah, partisipan dapat bergabung melalui web, aplikasi Android atau iOS.
  2. Akses menggunakan akun Google. Mayoritas pengguna Android memiliki akun Google sehingga akses Google Meet akan lebih mudah dan cepat, tanpa harus mendaftarkan diri.
  3. Waktu pertemuan cukup panjang. Pertemuan di Google Meet dapat berlangsung selama 60 menit (gratis). Hal ini dirasa jauh lebih baik ketimbang Zoom Meeting yang hanya 40 menit.
  4. Terhubung ke Google Drive. Google Meet terintegrasi dengan Google Drive untuk penyimpanan file recording dan dokumen yang sekiranya dibutuhkan. Pengguna yang memilih paket premium G Suite dapat merekam dan hasil rekaman tersimpan di Google Drive.
Baca Juga  4+ Cara Screenshot HP OPPO Mudah, Ngak Pake Ribet!

Kekurangan Google Meet

  1. Versi gratis tidak support recording. Sayangnya versi gratis dari Google Meet tidak tersedia fitur recording. Berbeda dengan Zoom Meeting dan Skype yang dalam versi gratisnya telah tersedia fitur recording.
  2. Berbagi layar terasa berat dan lambat. Ketika melakukan presentasi dengan berbagi layar melalui browser, komputer terasa sangat berat. Mungkin dibutuhkan komputer dengan spesifikasi hardware yang lebih baik agar presentasi terasa lancar.
  3. Tidak dapat mengubah layar background. Beberapa layanan konferensi video telah menghadirkan fitur untuk mengubah layar background sehingga visualisasi terlihat lebih menarik. Sayangnya, Google Meet belum menyediakan fitur ini.
  4. Belum ada Google Meet versi Desktop. Hingga saat ini, belum tersedia Google Meet versi desktop yang artinya meeting melalui komputer harus dilakukan melalui browser.

Lihat Juga : Pengertian WhatsApp

Cara menggunakan Google Meet

STEP 1: Bagi Anda yang belum memiliki akun Google, silakan daftar akun Google terlebih dahulu. Setelah itu, akses Google Meet melalui link berikut ini: meet.google.com

1 Daftar Google Meet
1. Daftar Google Meet. Erga Bayu Aji

Membuat rapat baru

STEP 2: Untuk membuat rapat baru, klik Rapat baru. Lalu, klik Mulai rapat instan untuk langsung membuat rapat. Atau Jadwalkan di Google Kalender untuk membuat jadwal rapat Anda.

2 Membuat Meeting Baru Google Meet
2. Membuat rapat baru. Erga Bayu Aji

STEP 3: Setelah itu, izinkan layanan menggunakan microfon dan kamera komputer Anda. Klik Izinkan, kemudian lanjutkan dengan klik Gabung sekarang.

3 Akses Perangkat Google Meet
3. Bergabung dalam rapat. Erga Bayu Aji

STEP 4: Tunggu beberapa saat maka Anda telah berhasil membuat meeting online di Google Meet. Ajak partisipan untuk bergabung dengan membagikan link Google Meet Anda. Anda juga bisa melihat partisipan dan chat pada bilah samping kanan.

4 Menggunakan Google Meet
4. Rapat berlangsung. Erga Bayu Aji

Gabung dalam sebuah rapat

STEP 5: Salin link meeting yang Anda dapatkan dari host meeting Anda. Anda bisa bergabung melalui browser komputer, aplikasi android, atau iOS. Klik Minta bergabung untuk bergabung dalam sebuah meeting. Jika Anda di setujui, maka Anda bisa bergabung dalam meeting tersebut.

Baca Juga  Cara Hard Reset Lenovo A269i, A316i, A369i, …..
5 Gabung dalam Meeting Google Meet
5. Minta bergabung dalam rapat. Erga Bayu Aji

Lihat Juga : Pengertian Twitter

Kesimpulan,

Google Meet adalah layanan konferensi video yang dikembangkan oleh Google, hasil dari gabungan Google Hangouts dan Google Chat. Selain Zoom, Google Meet juga dapat menjadi alternatif kedua dalam melakukan meeting online. Integrasi dengan akun Google serta tampilan antarmuka yang user friendly mempermudah pengguna dalam menggunakan.

Itulah penjelasan dan panduan singkat dari saya mengenai pengertian, fitur, kelebihan, kekurangan, hingga cara menggunakan Google Meet. Bagikan artikel ini ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apakah Google Meet gratis?

Google Meet berlisensi Freemium, Google Meet gratis dapat digunakan untuk jumlah maksimal 100 peserta dengan fitur standarnya. Sedangkan versi berlangganan memiliki kapasitas dan layanan yang lebih beragam.

Apakah Google Meet aman?

Google Meet menggunakan infrastruktur Google Cloud yang aman untuk melindungi data dan privasi pengguna. Google Meet juga tidak memanfaatkan data pengguna untuk pengiklanan tertarget.

Berapa lama durasi meeting di Google Meet?

Versi gratis dari Google Meet memiliki durasi 60 menit (1 jam). Sedangkan versi berlangganan memiliki durasi hingga 24 jam.


Penulis : Erga Bayu Aji | Editor : Rafiq Akbar Hakim

Artikel terkait