Pengertian Teknologi – Fungsi, Manfaat, Jenis, dan Perkembangannya

Berbicara mengenai teknologi memang tidak ada habisnya. Segala kemudahan yang dialami manusia pada masa ini juga merupakan salah satu bentuk nyata dari adanya perkembangan teknologi yang ada. Sehingga tidak heran jika manusia mulai memanfaatkan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari belajar, bekerja, hingga berbelanja. Pengguna teknologi juga bukan hanya berasal dari kalangan orang tua atau dewasa saja, melainkan juga remaja dan anak-anak.

Berbagai manfaat dan kemudahan dapat kita peroleh jika kita mampu menggunakan teknologi dengan bijak. Mulai dari mempermudah dalam melakukan pekerjaan, hingga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Namun masih banyak dari mereka yang belum paham mengenai apa itu teknologi, apa fungsinya, bagaimana perkembangannya, dan bagaimana cara memanfaatkannya. Padahal hampir setiap hari mereka menggunakan teknologi dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu berikut ini merupakan beberapa penjelasan mengenai teknologi yang dapat Anda pelajari.

Lihat Juga : Pengertian Teknik Komputer Jaringan

Pengertian Teknologi

Apa itu Teknologi
Sumber Gambar : unsplash.com

Secara etimologi, teknologi berasal dari istilah technologia yang berasal dari bahasa Yunani. Dalam hal ini techno artinya `keahlian` dan logia artinya `pengetahuan`. Sementara itu, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, istilah teknologi mengandung arti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang dapat berpengaruh bagi kelangsungan dan ketenangan kehidupan manusia.

Sedangkan secara umum istilah teknologi adalah ilmu yang mempelajari kemampuan untuk menciptakan alat-alat hingga metode pengolahan untuk membantu menyelesaikan tugas manusia atau mempermudah pekerjaan manusia.

  1. Manuel Castells – Teknologi adalah kumpulan alat, aturan, dan  prosedur yang mewakili penerapan pengetahuan ilmiah untuk tugas tertentu di bawah kondisi berulang.
  2. Toynbee – Konsep teknologi merupakan ciri dari keberadaan kemuliaan manusia, yang membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup hanya untuk makan, tetapi membutuhkan lebih.
  3. Gary J. Anglin – Definisi teknologi adalah aplikasi yang sistematis dari ilmu perilaku serta alam dan pengetahuan lainnya untuk memecahkan masalah manusia.
  4. Jacques Ellil – Konsep teknologi adalah keseluruhan metode yang dipandu secara wajar dan memiliki karakteristik efisiensi dalam setiap aktivitas manusia.
  5. Miarso – Pengertian teknologi adalah bagian dari proses yang dapat meningkatkan nilai tambah. Proses ini memungkinkan Anda untuk menggunakan atau membuat produk tertentu, tetapi produk tersebut tidak lepas dari produk lain yang sudah ada.

Lihat Juga : Pengertian Teknologi Informasi

Sejarah dan Perkembangan  Teknologi

Sejarah Teknologi
Sumber Gambar : unsplash.com

Pada awalnya makna teknologi terbatas hanya dalam benda-benda berwujud misalnya alat-alat atau mesin. Sejak teknologi muncul pertama kalinya, ia terus berkembang pesat sampai sekarang. Hingga pada saat ini banyak manusia yang bergantung dengan teknologi, bahkan teknologi menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang. Mulai dari orang tua sampai anak-anak menggunakan teknologi berdasarkan aspek kehidupan mereka. Oleh karena itu adanya teknologi mampu mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas agar lebih efisien dan cepat.

Perkembangan teknologi yang cukup pesat juga dapat dilihat dari banyaknya penemuan dan  inovasi yang bersifat sederhana sampai rumit. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai perkembangan teknologi dari masa ke masa, antara lain:

1. Masa Prasejarah

Pada masa ini, manusia hidup belum mengenal tulisan. Aktivitas yang dilakukan juga masih terbatas seperti berburu, dan hidup dengan berpindah-pindah tempat. Peralatan yang digunakan pada zaman ini juga kebanyakan terbuat dari batu kemudian mulai berkembang menjadi zaman perunggu dan besi. Pada masa zaman besi inilah manusia mulai mengenal adanya tulisan.

Baca Juga  Pengertian Teknologi Informasi – Fungsi, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan

2. Teknologi Jaman Kuno

Teknologi pada jaman kuno merupakan kombinasi dari tuas, bidang miring dan perkakas batu. Pada masa ini juga dapat dikatakan peradaban yang cukup canggih karena sudah dapat ditemukan berbagai bangunan seperti Piramida, Patung Sfinks, Mercusuar Alexandria, dan lain-lain. Pada masa ini manusia juga sudah mulai mengenal tulisan, terbukti dengan ditemukannya peninggalan prasejarah yang terdapat tulisan di dalamnya.

3. Teknologi Abad Pertengahan Hingga era Modern

Pada masa ini perkembangan teknologi terasa cukup kuat dari sisi seni. Ilmu pengetahuan juga berkembang pesat pada masa ini, terbukti dengan adanya rumus-rumus matematika dan teori-teori fisika yang ditemukan.

4. Teknologi pada era Revolusi Industri

Teknologi pada masa ini ditandai dengan penemuan mesin-mesin yang memiliki kemampuan produksi secara masal. Penemuan mesin uap oleh James Watt menjadi salah satu awal terjadinya revolusi industri pada masa itu. Selain itu penemuan-penemuan yang menjadi bukti perkembangan teknologi pada masa itu adalah antara lain seperti: ditemukannya mesin tenun, telegraf atau telepon, alat pemisah biji kapas dari serabutnya dan lain-lain.

5. Teknologi pada Abad 20

Pada masa ini perkembangan teknologi mempunyai kontribusi yang cukup besar pada bidang militer, karena pada masa ini perkembangan teknologi digunakan oleh para militer dalam menjalankan perang dunia. Mulai dari penemuan bom atom, hingga penemuan transistor menjadi bukti adanya perkembangan teknologi tersebut. Tidak hanya itu pada masa ini juga mulai berkembangnya teknologi dalam dunia medis seperti penemuan vaksinasi yang berhasil menurunkan angka kematian akibat penyakit cacar dan polio. Selain itu pada abad ke-20 ini juga internet mulai diperkenalkan kepada masyarakat, sehingga pada masa ini arus informasi mulai berjalan sangat cepat.

6. Perkembangan Teknologi Abad 21

Pada abad ini dapat disebut juga sebagai abad digital. Karena hampir semua bidang pada masa ini sudah menggunakan teknologi digital. Penggunaan komputer dan internet pada masa ini juga berjalan secara maksimal. Selain itu pada masa ini juga mulai ditemukan teknologi-teknologi yang super canggih seperti penemuan DNA buatan, jaringan 3G dan 4G LTE, dan robot-robot canggih yang dapat mendarat di luar angkasa.

Lihat Juga : Pengertian Internet

Fungsi Teknologi

Fungsi Teknologi
Sumber Gambar : unsplash.com

Adapun beberapa fungsi teknologi antara lain yaitu;

  1. Memberikan kemudahan bagi para manusia dalam menciptakan pekerjaan baru agar menjadi lebih singkat dan lebih cepat, atau bisa dikatakan lebih efisien.
  2. Dapat menciptakan peluang untuk menghasilkan uang.
  3. Selain itu, teknologi bisa dipakai menjadi wahana eksplorasi guna menambah wawasan dan pengetahuan.

Lihat Juga : Pengertian Sistem Operasi

Manfaat Teknologi

Tujuan Teknologi Informasi
Sumber Gambar : unsplash.com

1. Manfaat Dalam Bidang Telekomunikasi 

Manfaat teknologi informasi dalam dunia telekomunikasi sebenarnya sudah lama dirasakan oleh masyarakat umum, namun pada saat ini perkembangan teknologi komunikasi berkembang semakin maju. Sebelumnya, jika Anda ingin bertemu kerabat dan teman yang tinggal di luar kota, Anda harus menulis surat terlebih dahulu. Namun saat ini, penerapan teknologi informasi mempercepat proses tersebut dengan diperkenalkannya telepon dan smartphone. Oleh karena itu pada saat ini, hanya perlu beberapa detik saja pesan dapat terkirim.

2. Manfaat Dalam Bidang Bisnis

Apakah Anda sering berbelanja di marketplace atau media sosial? Tentunya kegiatan bisnis di media online tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya teknologi informasi. Oleh karena itu, pada saat ini banyak pebisnis yang mulai fokus pada strategi pemasaran dengan mengandalkan teknologi canggih. Di sisi lain, penerapan teknologi informasi memudahkan konsumen untuk dengan cepat menemukan barang dan jasa yang mereka perlukan dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga  10 Cara Download Video YouTube

3. Manfaat Dalam Bidang Pendidikan

Di bidang pendidikan, manfaat teknologi informasi datang dalam berbagai bentuk. Dari pemrosesan data berbasis komputer hingga E-learning dan pemrosesan tugas berbasis IT. Dampaknya bahkan lebih terasa pada masa pandemi seperti ini. Kegiatan tersebut kini mengandalkan perangkat seperti laptop dan smartphone untuk mengumpulkan tugas secara online, karena kegiatan pendidikan dan pembelajaran pada masa pandemi tidak dapat dilakukan secara langsung untuk beberapa waktu.

4. Manfaat Dalam Bidang Kesehatan

Peran teknologi informasi di bidang medis sangat penting dalam meningkatkan manajemen sebuah klinik atau rumah sakit. Jika sebelumnya, staf harus memasukkan riwayat medis pasien secara manual ke dalam file, tetapi sekarang semuanya dapat diarsipkan ke dalam komputer. Selain itu, jika pasien membutuhkan kamar atau meminta rincian biaya, staf dapat menyelesaikan pencarian lebih cepat hanya dengan memasukkan informasi seperti nama pasien dan mengakses database.

5. Manfaat Dalam Bidang Perbankan

Perbankan merupakan institusi lain yang menikmati manfaat terbesar dari keberadaan teknologi informasi. Beberapa manfaat yang akan Anda rasakan adalah transaksi perbankan elektronik melalui smartphone untuk pembuatan rekening online. Kehadiran teknologi informasi tentunya sangat membantu bank dalam melayani nasabahnya tanpa harus datang ke kantor cabang. Anda tidak perlu mengantri atau melakukan perjalanan jauh untuk memproses dokumen di bank secara langsung.

Lihat Juga : Pengertian E-Banking

Jenis – Jenis Teknologi

Jenis - jenis Teknologi
Sumber Gambar : unsplash.com

1. Teknologi Transportasi

Teknologi transportasi mengacu pada alat transportasi yang memfasilitasi pergerakan cepat dari tempat tujuan Anda. Berbagai contoh dari adanya teknologi transportasi antara lain seperti pesawat terbang, kapal laut, dan sepeda motor.

2. Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan sistem berbasis komputer, khususnya perangkat keras dan perangkat lunak. Kedua alat tersebut telah dikembangkan untuk mendukung dan meningkatkan kualitas informasi dengan mudah dan cepat. Beberapa jenis teknologi yang berhasil dikembangkan antara lain: internet, televisi, dan radio.

3. Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah salah satu teknologi untuk komunikasi dan transmisi informasi yang cepat. Sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Contoh teknologi komunikasi antara lain: telepon, email, smartphone, dan lain-lain.

4. Teknologi Medis

Secara umum, teknologi medis menggunakan komputer untuk membantu para profesional medis mempelajari dan mendiagnosis pasien. Contoh teknologi medis yang umum digunakan dalam bidang kesehatan antara lain: mikroskop, CT scan, dan berbagai instrumen bedah lainnya.

5. Teknologi Konstruksi

Teknologi konstruksi membantu para insinyur dalam menciptakan berbagai inovasi dalam pembangunan rumah dan fasilitas umum lainnya. Teknologi konstruksi juga telah dikembangkan untuk memfasilitasi pembangunan berbagai fasilitas seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Contoh teknologi konstruksi yaitu CAD dan alat berat.

Lihat Juga : Pengertian E-Government

Apa saja dampak negatif perkembangan teknologi?

Adanya perkembangan teknologi juga dapat menimbulkan dampak yang tidak baik untuk manusia, apabila Anda tidak dapat menggunakan teknologi dengan bijak. Beberapa dampak negatif tersebut antara lain yaitu;

  1. Berkurangnya sosialisasi antar manusia – Karena kebanyakan memilih untuk melakukan kegiatan secara online sehingga sentuhan interaksi manusia secara langsung mulai menurun.
  2. Teknologi dapat menggantikan peran manusia – Jika Anda tidak mempunyai keahlian secara khusus maka di masa mendatang bukan tidak mungkin jika Anda akan sulit memperoleh pekerjaan karena dapat digantikan dengan tenaga mesin yang dapat bekerja lebih cepat, efisien, dan efektif.
  3. Dapat meningkatkan tindak kejahatan – Hal tersebut dapat terjadi apabila teknologi dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, seperti melakukan penipuan, peretasan dan lain-lain.
Baca Juga  Apa itu Phishing?

Lihat Juga : Pengertian Firmware

Contoh Perkembangan Teknologi

Contoh Perkembangan Teknologi
Sumber Gambar : unsplash.com

Teknologi dari masa ke masa memang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan penggunaan alat yang digunakan pada zaman dulu hingga pada zaman ini. Beberapa contoh perkembangan teknologi yang dapat dilihat antara lain yaitu;

  • Pada zaman dulu, masyarakat berpindah-pindah tempat dengan berjalan kaki, kemudian beralih menggunakan transportasi sederhana seperti becak, sepeda hingga kemudian pada masa ini sudah banyak bermunculan transportasi-transportasi canggih seperti mobil, pesawat terbang, kapal, dan lain-lain. Hal tersebut tentunya sangat memudahkan manusia, karena dengan waktu yang cukup singkat manusia dapat menempuh jarak yang cukup jauh.
  • Sedangkan dalam bidang komunikasi, pada zaman dulu menjalin komunikasi dengan berkirim surat kemudian berkembang melalui SMS. Dan pada saat ini sudah semakin canggih dengan menggunakan media sosial seperti LINE dan WhatsApp.
  • Kemudian pada zaman dulu masyarakat menggunakan mesin tik untuk mengetik sebuah teks. Namun pada saat ini mereka dapat mengetik menggunakan komputer, laptop, bahkan melalui smartphone yang dapat dibawa ke mana pun dengan mudah.

Lihat Juga : Pengertian Shareware

Kesimpulan,

Teknologi saat ini telah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang, mulai dari orang tua sampai anak-anak. Dampak positif dari perkembangan teknologi dapat dilihat dari sektor pendidikan, medis, bisnis, dan informasi. Dalam pendidikan contohnya, saat ini kita dimudahkan dengan E-Learning dan kursus online, yang aksesnya jauh lebih mudah dan biayanya juga jauh lebih murah. Kemudian dari sektor bisnis, teknologi juga memudahkan manusia dalam berbelanja, bertransaksi, dan melakukan pembayaran apa pun secara cepat dan instan.

Akan tetapi dalam menggunakan teknologi tentunya harus mampu bersikap bijak. Meski berguna dan bermanfaat bagi manusia, teknologi juga dapat menimbulkan beberapa dampak negatif terhadap penggunanya: adiksi dan kecanduan pada media sosial dan game adalah salah satu contoh dampak negatif perkembangan teknologi.

Apa itu internet?

Merupakan sistem jaringan komunikasi global yang saling terhubung dengan menggunakan paket protokol (TCP/IP)

Mengapa manusia menciptakan teknologi?

Karena dengan teknologi, segala kegiatan sehari-hari menjadi semakin mudah, cepat dan efisien. Teknologi juga diterapkan dalam berbagai aspek, mulai dari bisnis, pendidikan, kesehatan, hingga perbankan.

Apa saja contoh teknologi konstruksi?

Jalan layang, apartment, jembatan, perumahan, pembangkit listrik dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara mencegah dampak negatif dari penggunaan teknologi?

Cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan teknologi sesuai dengan kebutuhan. Mencari kebenaran informasi juga penting untuk diperhatikan sebelum menyebarkannya. Jika anak masih di bawah umur, disarankan untuk selalu mengawasi atau mendampinginya agar terjauh dari hal-hal negatif dan tidak bermanfaat.


Penulis : Rahma Rinjani | Editor : Rafiq Akbar Hakim, Erga Bayu Aji

Artikel terkait