Penyebab Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan, Ini Solusinya!

Meskipun sudah punya akun, tetapi Lazada PayLater dapat tidak bisa digunakan untuk membayar pembelian barang.

Apa penyebabnya fasilitas cicilan ini tidak bisa dipakai dan bagaimana solusinya ?

Tentu saja, hal ini membuat transaksi yang Anda lakukan terganggu.

Belajar dari pengalaman menggunakan, interview beberapa users, ada banyak kemungkinan penyebab PayLater tidak bisa digunakan, yang kita perlu tahu, agar bisa dicarikan solusinya supaya fasilitas bisa kembali dipakai untuk belanja di Lazada.

Alasan Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan untuk Transaksi

1. Sistem Sedang Error

Penyebab cicilan pay later Lazada tidak bisa digunakan yang pertama adalah sistem aplikasi yang error atau mengalami kendala. Hal ini beberapa kali terjadi saat sistem sedang maintenance atau servernya sedang penuh.

Saat hal ini terjadi, beberapa fitur tidak dapat digunakan. Nah, saat ingin menggunakan paylater untuk bertransaksi, biasanya langsung tidak bisa karena sistem tengah diperbaiki untuk sementara waktu.

Solusinya, Anda hanya perlu menunggu hingga perbaikan sistem selesai. Lakukan transaksi lagi setelah sistem sudah tidak eror.

2. Limit Lazada PayLater Tidak Mencukupi

Penyebab yang selanjutnya adalah limit yang tidak mencukupi. Biasanya hal ini terjadi saat Anda membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari limit yang tersedia.

Limit setiap pelanggan memang berbeda-beda. Nah, biasanya beberapa pelanggan tidak memperhatikan sisa limit mereka. Saat hal itu terjadi, otomatis paylater tidak bisa digunakan.

Maka dari itu, pastikan harga barang yang akan Anda beli, tidak melebihi limit yang Anda miliki. Kontrol penggunaan aplikasi Anda agar limit selalu cukup untuk bertransaksi.

Meskipun begitu, besar kecilnya limit ditentukan oleh Lazada.

Pihak Lazada biasanya akan terus menaikkan limit bagi mereka yang aktif menggunakan. Semakin sering menggunakan aplikasi ini, semakin besar pula kemungkinan kenaikan limit yang akan diberikan.

3. Masih Punya Tunggakan Tagihan Paylater

Salah satu penyebab aplikasi cicilan paylater ini tidak bisa digunakan adalah Anda masih memiliki tunggakan tagihan. Saat hal ini terjadi, Lazada akan menangguhkan penggunaan limit paylater.

Setiap pelanggan memiliki tanggal tagihan yang berbeda setiap bulannya. Jika Anda belum membayar tagihan melewati waktu yang telah ditentukan, Anda tidak akan bisa transaksi menggunakan aplikasi ini.

Jadi, Anda perlu memperhatikan tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan. Pastikan untuk membayar sebelum jatuh tempo. Hal ini untuk menghindari terjadinya tunggakan tagihan.

Tidak hanya itu, tunggakan tagihan juga bisa membuat tagihan Anda justru semakin banyak. Sebab, ada bunga yang harus dibayar saat Anda belum membayar tagihan.

4. Aplikasi Lazada Belum Diupdate

Penyebab tidak bisa digunakan selanjutnya adalah aplikasi yang belum diperbarui.

Untuk itu, Anda harus selalu memperbarui aplikasi setelah pihak Lazada melakukan update. Namun banyak pelanggan yang tidak memedulikan hal ini, sehingga bisa jadi hal ini menyebabkan aplikasi cicilan pay later ini tidak bisa digunakan.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan pembaruan secara berkala pada aplikasi. Cara ini semata-mata dilakukan agar Anda tetap bisa menikmati fitur layanan dengan lancar.

5. Cache yang Terlalu Banyak

Penyebab tidak bisa digunakan yang terakhir adalah cache yang terlalu banyak. Cache terlalu banyak membuat aplikasi tidak berjalan dengan optimal.

Nah, solusinya Anda perlu menghapus cache pada aplikasi Lazada di HP. Dengan melakukan cara ini, aplikasi Anda akan kembali fresh sehingga akan berjalan optimal lagi.

Cara menghapus cache di HP cukup mudah. Anda hanya perlu membuka menu pengaturan > aplikasi > Lazada > Clear Cache. Setelah itu, kembali buka aplikasi Lazada dan lakukan transaksi yang Anda inginkan.

6. Indikasi Aktivitas Akun Mencurigakan Fraud

Sistem Lazada bisa memblokir akun sementara jika ditemukan indikasi fraud atau akun digunakan pihak lain yang bukan pemilik akun. Tujuannya untuk melindungi akun dibobol dan merugikan.

Biasanya, setelah aplikasi melakukan verifikasi untuk memastikan bahwa pengguna adalah genuine dan bukaan fraudster, akun akan dibuka kembali dan bisa digunakan untuk transaksi.

7. OverLimit Lazada PayLater

Meskipun limit dicek masih ada, namun aplikasi Lazada tidak bisa digunakan karena penggunaan lebih besar dari sisa limit yang tersedia.

Penggunaan transaksi cicilan harus sesuai dengan limit yang tersedia dan tidak bisa lebih besar dari sisa limit.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna sebaiknya cek sisa limit di aplikasi sebelum melakukan transaksi.

Pengguna harus menurunkan jumlah transaksi sesuai dengan sisa limit. Supaya transaksi bisa dilakukan dengan lancar.

Pengguna bisa melakukan pembayaran untuk bisa menaikkan sisa limit agar transaksi cicilan bisa dilakukan.

8. Akun Lazada Jarang Dipakai untuk Transaksi

Pada dasarnya, memang hanya akun terpilih saja yang dapat menerima notifikasi untuk aktivasi Lazada PayLater.

Pengguna tersebut biasanya adalah yang akunnya aktif dan sering digunakan untuk melakukan berbagai transaksi di Lazada.

Jika kriteria tersebut sudah dipenuhi, tetapi Lazada PayLater tidak muncul juga, maka kita dapat mengatasinya dengan beberapa cara, yaitu:

  • Meningkatkan transaksi di Lazada.
  • Mengaktifkan dan berbelanja menggunakan Lazada Kredit.
  • Update aplikasi Lazada
  • Hubungkan e-wallet DANA ke Lazada
  • Hubungi customer service Lazada

Kesimpulan

Sekarang, Anda sudah mengetahui penyebab Lazada PayLater tidak bisa digunakan. Dan solusi untuk mengatasinya

Maka dari itu, mulai sekarang Anda bisa lebih bijak dan peduli dalam menggunakan aplikasi paylater ini. Hal ini semata-mata dilakukan agar Anda terus bisa menikmati fitur layanan paylater di Lazada.