Pinjaman Kredit Usaha Terbaik untuk Jualan Toko Online Shop di E-Commerce

Banyak pengusaha kecil mulai buka toko online di ecommerce seperti Shopee dan Tokopedia. Apa solusi kredit untuk modal jualan di online shop ? Ada banyak pilihan ternyata.

Kami melakukan survei ke perusahaan yang bisa memberikan fasilitas pinjaman untuk pengusaha online shop. Tidak sembarang lembaga pinjaman atau pembiayaan, hanya yang bisa menerima bisnis online shop.

Daftar pinjaman kredit usaha terbaik untuk jualan online shop  e-commerce adalah:

1. Investree

Investree adalah P2P Lending yang sudah berizin dan terdaftar di OJK. Salah satu produk pinjaman di Investree adalah kredit untuk usaha toko online.

Online Seller Financing adalah pinjaman jangka pendek untuk penjual online aktif di e-commerce marketplace yang bekerja sama dengan Investree. Pinjaman ini dapat digunakan oleh pengusaha yang: 

  • baru saja merintis usaha dan butuh modal kerja,
  • sedang mencari pinjaman untuk menambah stok persediaan, atau memenuhi kebutuhan bisnis lainnya.

Dengan memanfaatkan Online Seller Financing dari Investree, penjual online akan memperoleh beragam keistimewaan seperti mengajukan tanpa perlu jaminan, jangka waktu pendek antara 3-24 bulan, dan pokok pinjaman hingga Rp 2 miliar.

Investree juga menawarkan Online Seller Financing Syariah yang merupakan pembiayaan jangka pendek untuk penjual online aktif di e-commerce marketplace yang bekerja sama dengan Investree, sesuai dengan cara kerja, prinsip, dan ketetapan Islam. 

Proses pengajuan pinjaman di Investree adalah:

  • Isi Kuesioner. Klik pilihan untuk mengajukan Online Seller Financing di Dasbor Seller Anda dan isi kuesioner yang Investree berikan untuk Anda.
  • Pemeriksaan singkat. Setelah kuesioner dikirim dan diterima oleh Investree, tim kami akan menghubungi Anda untuk melakukan pengecekan singkat dan memandu Anda untuk melakukan registrasi sebagai Penerima Pembiayaan di website Investree.
  • Analisis dan verifikasi. Setelah berhasil terdaftar, unggah informasi dan dokumen yang diperlukan untuk proses analisis dan verifikasi kredit oleh Tim Investree.
  • Penawaran pembiayaan. Jika disetujui, aplikasi pembiayaan Anda akan langsung ditawarkan di marketplace Investree untuk kemudian didanai oleh para Pemberi Pembiayaan.
  • Pembiayaan didanai. Setelah dilakukan penandatanganan perjanjian, pembiayaan didanai oleh Pemberi Pembiayaan dan dicairkan ke rekening Penerima Pembiayaan.

2. Shopee Pay

shopee Paylater cicilan tanpa kartu kredit

SPLater adalah fasilitas kredit Pay Later yang terdapat di e-commerce Shopee. Dengan PayLater ini, pembeli di Shopee bisa membeli dengan cicilan tanpa kartu kredit.

Baca Juga  Aplikasi P2P Lending Terbaik Produktif dan Multiguna Izin OJK

Tanpa kartu kredit ini, fitur yang penting, karena selama ini jika mengambil cicilan ke bank, prasyaratnya harus sudah memiliki kartu kredit.

Lalu, apa bedanya SPayLater ini dengan PayLater lainnya ?

Karena PayLater ini milik Shopee, proses pengajuan dan penggunaan menjadi lebih mudah dana cepat.

Di PayLater lain, konsumen harus mengajukan dulu di aplikasi yang berada di luar Shopee – pindah dan unduh aplikasi lain. Setelah pengajuan disetujui, konsumen baru bisa menggunakan di Shopee.

Buat mereka yang punya online shop di Shopee, bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk mengambil kredit tanpa perlu jaminan.

Limit yang diberikan Shopee Pay cukup lumayan. Berikut ini fitur kreditnya:

  • Plafon limit pinjaman Rp 500 ribu sd Rp 15 juta
  • Tenor cicilan: 1, 2, 3, 6 dan 12 bulan
  • Bisa pilih tanggal jatuh tempo tagihan, tanggal 5, 11 daan 25 setiap bulannya.
  • Bisa mendapatkan peningkatan limit dengan catatan pembayaran yang baik
  • Suku Bunga Kredit cukup bersaing

Pengguna dapat menggunakan SPayLater untuk membeli beberapa Produk Digital, seperti: Pulsa, Listrik PLN, Paket Data, BPJS,  Tiket Kereta Api, Telkom, PDAM, Pasca Bayar, Tiket Pesawat, TV Kabel & Internet, Tiket Bus & Travel dan Roaming.

Namun, pengguna tidak dapat menggunakan SPayLater untuk membeli produk dari kategori Voucher, Emas, Uang Elektronik, dan Zakat. 

Limit di SPaylater tidak bisa dicairkan dalam bentuk dana tunai, hanya bisa digunakan untuk berbelanja di Shopee.  

Berbeda dengan pinjaman di Tokopedia atau Bukalapak yang sifatnya kerjasama dengan perusahaan lain, Shopee Pay adalah milik Shopee sendiri.

Jadi, proses pengajuan di Shopee lebih simpel dan cepat. Konsumen tidak perlu mengajukan, tetapi langsung mendapatkan limit di akun Shopee dan bisa langsung digunakan.

Hal ini akan sangat membantu pengusaha online shop di Shopee yang bisa dengan cepat dan mudah memanfaatkan fasilitas kredit tanpa jaminan ini.

3. Tokopedia

Tokopedia menawarkan pinjaman modal usaha kepada merchant yang berjualan di platform Tokopedia. Pinjaman ini khusus hanya untuk merchant di Tokopedia.

Tokopedia Pinjaman Modal ini adalah program kerja sama Tokopedia dengan mitra penyedia pinjaman. Bukan Tokopedia yang memberikan pinjaman tetapi kerjasama dengan lembaga keuangan yang punya izin memberikan pinjaman.

Proses pengajuan pinjaman modal di Tokopedia adalah 

  1. calon peminjam menentukan jumlah dan tenor pinjaman,
  2. muncul penawaran pinjaman dari mitra Tokopedia,
  3. peminjam mengajukan kredit usaha ke mitra Tokopedia penyedia pinjaman yang paling sesuai.
Baca Juga  Resiko Tidak Membayar Kredivo 2022

Jangan khawatir soal mitra penyedia pinjaman. Saat ini, Tokopedia bekerjasama dengan 24 perusahaan mitra penyedia pinjaman.

Persyaratan utama yang perlu diperhatikan untuk mengajukan pinjaman Tokopedia adalah 

(1) penjual aktif yang sudah membuka toko di Tokopedia selama minimum 6 bulan dan memiliki tingkat penjualan mencukupi; 

(2) pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memperoleh dan mengolah data transaksi dan data lainnya dari toko Penjual selama 6 bulan terakhir yang akan diteruskan kepada Mitra Penyedia Pinjaman terkait.

Perlu diketahui karena masing – masing mitra penyedia pinjaman memiliki kriteria pinjaman sendiri, maka kemungkinan persyaratan masing – masing mitra akan berbeda satu dengan yang lain.

Sebelum mengajukan pinjaman modal secara online di Tokopedia, sebaiknya calon peminjam merchant memahami kriteria dan persyaratan yang terdapat di masing – masing mitra penyedia pinjaman. Tokopedia menyediakan penjelasan cukup rinci soal persyaratan yang diminta masing – masing penyedia pinjaman.

4. Bukalapak

Bukalapak menawarkan pinjaman modal usaha, BukaModal, buat pedagang. 

BukaModal adalah program Bukalapak yang menawarkan fasilitas pinjaman modal usaha kepada pelapak untuk mengembangkan bisnis online mereka di Bukalapak. 

Pelapak dapat mengajukan pinjaman modal dengan fitur:

  • Pinjaman yang diberikan berkisar Rp2.000.000 sampai dengan Rp2.000.000.000
  • Lma pelunasan cicilan yang ditawarkan selama: 3, 6, 12, 18, atau 24 bulan.

BukaLapak melakukan kerjasama dengan 5 mitra penyedia pinjaman, yaitu Investree, Koinworks, Modalku, Taralite dan Bank Mandiri.

Persetujuan pinjaman dilakukan oleh mitra dan bukan BukaLapak. Pembayaran pinjaman dilakukan ke mitra penyedia pinjaman dan bukan ke Bukalapak.

Data pelapak yang mengajukan pinjaman akan disampaikan ke mitra penyedia pinjaman. Pelapak harus setuju bahwa data transaksi di Bukalapak akan digunakan untuk analisa kredit pinjaman.

Kriteria untuk pelapak bisa mengajukan pinjaman modal usaha BukaLapak adalah:

  • Pelapak adalah Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Terdaftar sebagai pelapak Bukalapak selama minimal 6 bulan. Khusus untuk Rekanan Bank Mandiri, pengajuan pinjaman modal dapat dilakukan oleh Pelapak yang telah berjualan minimal selama 3 bulan.
  • Pelapak memiliki tingkat penjualan di Bukalapak minimal Rp2.000.000/bulan dalam 6 bulan terakhir.

5. Modalku

Modalku adalah fintech P2P Lending izin OJK yang fokus ke pinjaman untuk usaha. 

Baca Juga  Penyebab Dana PayLater Tidak Cair Tidak Bisa Digunakan

Fasilitas pinjaman di Modalku salah satunya adalah dana tunai untuk pengusaha online shop. Produk ini disebut Modal Kawan Mikro.

Website Modalku menyebutkan bahwa seluruh UMKM bisa mengajukan pinjaman. UMKM yang berjualan melalui online (marketplace maupun berjualan di platform transportasi online) atau pebisnis secara offline selama menggunakan sistem kasir digital seperti Moka, Gobiz, Majoo, Spot, dll.

Persyaratan kredit untuk online shop di Modalku adalah:

  • Memiliki bisnis dan berdomisili di wilayah Jawa*, Batam, Makassar, Medan, Palembang, dan Bali
  • Calon peminjam berusia dari 21-45 tahun.
  • Telah menjalankan usaha lebih dari 6 bulan
  • Memiliki pendapatan bulanan mulai dari Rp 6 juta
  • Bukan pebisnis yang berjualan dengan sistem reseller ataupun dropshipper

Memberikan dokumen pendukung seperti:

  • Foto KTP Anda
  • Foto Selfie Anda
  • Mutasi Rekening 3 Bulan Terakhir
  • Foto NPWP atau Laporan Penjualan di Marketplace atau di Sistem Kasir Digital

6. Koinworks

Koinworks adalah P2P Lending izin OJK yang menawarkan pinjaman untuk usaha kecil dan menengah. 

Salah satu produk pinjaman di Koinworks adalah KoinBisnis. Pinjaman ini bisa diajukan oleh para pemilik online shop.

Koinworks memberikan pinjaman modal usaha secara online di Rp 10 juta sampai Rp 2 miliar dengan lama pinjaman 6 bulan sampai 24 bulan.

Bunga pinjaman modal usaha online di Koinworks adalah 0,75% – 1,67% flat per bulan dan biaya persetujuan kredit dikenakan 2% – 4%, biaya asuransi jiwa: 0.24%, dan biaya administrasi: Rp100,000.

Penting diperhatikan bahwa biaya pinjaman di Koinworks tidak hanya bunga tetapi juga biaya lain – lainnya yang harus ditanggung oleh peminjam.

Persyaratan pengajuan di Koinworks adalah:

  • Berusia 21 tahun ke atas,
  • Memiliki rekening bank di Indonesia,
  • Adalah Warga Negara Indonesia dan memiliki KTP,
  • Memiliki sumber pendapatan tetap,
  • Tidak memiliki hutang yang tidak terlunasi.

Persyaratan dokumen tergantung pada jenis debitur:

Perorangan Perusahaan
KTP KTP Direktur/Pemilik
NPWP (bila pengajuan  diatas 50jt) NPWP Perusahaan
Kartu Keluarga (bila menikah) Akta Perubahan  Perusahaan (Terbaru)
Mutasi Rekening  3 bulan terakhir Mutasi Rekening 3 bulan terakhir
Laporan Keuangan

KoinWorks akan mencoba menyelesaikan analisis terhadap aplikasi dalam 3 hari kerja setelah pengajuan. Mohon cek e-mail dan pastikan handphone selalu aktif agar Customer Support dapat menghubungi.

Catatan Penting: Proses pencairan dana pinjaman KoinBisnis yang telah disetujui akan langsung dikirimkan ke rekening peminjam (borrower). Selama proses pencairan, peminjam tidak perlu melakukan deposit (Top-up) terlebih dahulu.