Pinjaman Online untuk Mahasiswa Tenor Panjang Tanpa Jaminan Izin OJK

Aplikasi pinjaman online memberikan fasilitas uang tunai untuk mahasiswa. Ini kemajuan karena selama ini KTA bank tidak bisa. Apa daftar aplikasi pinjol yang memberikan kredit ke mahasiswa yang resmi berizin OJK?

Pinjaman online tidak meminta slip gaji dalam proses pengajuan sehingga mahasiswa bisa mengajukan kredit di fintech.

Rekomendasi pinjaman online untuk mahasiswa yang tanpa jaminan dan tenor panjang, adalah:

1. EasyCash

Easycash adalah pinjaman online resmi terdaftar diawasi otoritas jasa keuangan (OJK). Milik PT Indonesia Fintopia Technology yang berdiri sejak 13 November 2017.

Secara legalitas, jelas, Easycash bukan P2P atau pinjol illegal. Juga bukan pinjaman online bermasalah.

Mahasiswa bisa mengajukan di EasyCash karena proses yang mudah, cukup KTP, dan langsung cair instan dalam 3 menit. Ini dari pengalaman mengajukan disini.

Fitur Easycash: 

  • Plafon: Rp 1 juta sd Rp 5 juta
  • Tenor: 15 hari sd 6 bulan

Dari plafon dan tenor, Easycash menawarkan fleksibilitas buat konsumen. Mau pinjam kecil sampai besar disediakan, demikian pula masa kredit bisa singkat sampai lama juga diberikan pilihan.

Plafon dan tenor yang nanti final ditawarkan ke peminjam, bisa berubah – ubah tergantung pada hasil credit score Easycash. 

Setelah nanti data diisi, lalu diolah oleh credit scoring, aplikasi akan menampilkan jumlah plafon dan tenor yang bisa diambil. Bisa saja penawarannya berbeda dengan yang ditampilkan di awal aplikasi.

Wilayah area jangkauan Easycash sudah menjangkau hampir seluruh Indonesia. Konsumen bisa dicek di aplikasi EasyCash saat melakukan pengajuan kredit.

A. Tanpa Verifikasi Telepon

Easycash tidak meminta slip gaji dalam proses pengajuan pinjaman. Hanya diminta menyampaikan KTP dan foto selfie.

Tidak dimintanya slip gaji, tentu saja, mempermudah proses pengajuan buat konsumen. 

Yang juga menarik, easycash tidak melakukan proses verifikasi ke calon peminjam baik lewat telepon atau bahkan melalui kunjungan. Tidak ada konfirmasi lagi setelah selesai mengajukan pinjaman di aplikasi.

Persyaratan dan dokumen yang diminta adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • memiliki KTP
  • rekening bank
  • nomor HP tetap
  • punya penghasilan

Kecocokan data antara pengajuan di aplikasi dan data di rekening bank menjadi syarat penting agar pinjaman bisa dicairkan. Meskipun skor kredit sudah lolos, tetapi jika data di rekening bank tidak sesuai dengan di aplikasi, fintech tidak akan mencairkan pinjaman.

Dokumen yang diminta disiapkan hanya KTP. Itupun cukup diambil dengan foto.

Tidak ada permintaan untuk menyerahkan dokumen slip gaji. Tidak dimintanya slip gaji tentu saja mempermudah proses pengajuan buat peminjam, khususnya mahasiswa.

B. Cair Instant

Proses persetujuan dilakukan secara cepat. Boleh dikatakan instant.

Hanya 3 menit sejak pengajuan, pihak Easycash sudah memberikan persetujuan. Jika disetujui, dana cair masuk ke rekening peminjam.

Nasabah sudah memperoleh kabar apakah pengajuan disetujui atau tidak dalam waktu kurang dari 24 jam.

Proses yang instant ini, jelas, berbeda sekali dengan proses di Bank atau Leasing. Bank paling cepat membutuhkan waktu 1 minggu untuk memberikan approval kredit.

C. Bunga Kredit

Easycash menerapkan dua jenis biaya kredit, yaitu: bunga dan biaya admin.

1. Bunga per Hari

Bunga di Easycash adalah 0.8% per hari. Hal ini sesuai ketentuan dan regulasi dari Asosiasi Fintech bahwa maksimum bunga kredit yang bisa dibebankan ke nasabah P2P sebesar 0.8% per hari.

Catatan: sesuai ketentuan OJK dan asosiasi Fintech yang terbaru, bunga pinjaman maksimum di P2P diturunkan menjadi 0.4% sehari.

2. Biaya Admin Potong Dimuka

Selain bunga, Easycash memotong biaya admin yang dipotong di muka saat pencairan, yaitu 10% dari pinjaman. Konsumen akan menerima pencairan lebih kecil dari yang disetujui.

Misalnya pinjaman disetujui 1 juta maka dicairkan ke rekening Rp 900 ribu. Perhitungan bunga menggunakan Rp 1 juta.

Pengembalian pinjaman merujuk pada jumlah yang disetujui dan bukan pada jumlah yang dicairkan ke rekening. Itu sebabnya biaya admin ini pada dasarnya menambah beban bunga konsumen.

2. Dana Cita

Dana Cita memiliki misi untuk memperluas akses bagi semua pelajar dengan menjembatani kesenjangan dalam kesanggupan pembiayaan. 

Melalui platform Dana Cita, pelajar dan mahasiswa dapat memperoleh pinjaman terjangkau untuk menuntut ilmu di lembaga pendidikan tinggi dan program vokasi terpilih.

Plafond pinjaman di Dana Cita adalah maksimal seluruh biaya pendidikan tapi hasil persetujuan adalah tergantung kemampuan pembayaran. Periode pengembalian (tenor) sampai dua kali dari periode studi yang tersisa.

Baca Juga  Risiko Tidak Bisa Bayar Pinjol

Proses pengajuan sebagai berikut:

  1. Daftar lewat website dengan email aktif dan Anda akan menerima formulir permohonan melalui email
  2. Lengkapi formulir dan kirimkan melalui email
  3. Jika lolos, dalam 24 jam, Anda akan menerima penawaran
  4. Lalu berdasarkan email penawaran tersebut, segera kirimkan dokumen yang diminta
  5. Jika lolos verifikasi, perjanjian pinjaman wajib ditandatangani oleh peminjam dan penjamin
  6. Pencairan dilakukan langsung ke sekolah atau lembaga pendidikan terkait.

Beberapa hal yang penting diketahui dalam pengajuan pinjaman di Dana Cita adalah:

  • Pinjaman adalah tanpa jaminan
  • Diberikan untuk pelajar yang sudah diterima atau sedang berstudi di lembaga pendidikan tinggi atau vokasi yang terakreditasi. Tidak bisa untuk Anda yang belum diterima, atau baru cari-cari sekolah, untuk mengajukan pinjaman.
  • Karena setelah disetujui, pinjaman biaya pendidikan akan dicairkan langsung ke lembaga pendidikan terkait sesuai jadwal pembayaran.
  • Wajib orang tua atau saudara sebagai penjamin. Syarat penjamin adalah harus memiliki hubungan kekeluargaan dengan peminjam, Warga Negara Indonesia, dan memiliki penghasilan yang dapat dibuktikan.
Kredinesia Pinjaman Online

 
Kredinesia adalah perusahaan Fintech P2P Lending berizin resmi terdaftar dan diawasi OJK. Milik PT. KREDITKU TEKNOLOGI INDONESIA.

Secara legalitas, jelas, Kredinesia bukan P2P atau pinjol illegal. Juga bukan pinjaman online bermasalah.

Pengajuan pinjaman dilakukan lewat aplikasi yang bisa diunduh download secara gratis di Google Play Store dan Apple Store.

Kredinesia menyediakan dana tunai dalam jumlah kecil dengan tenor pendek.

  • Plafon: Rp 600 ribu sd Rp 2 juta
  • Tenor: 14, 21, 30 hari

Tenor yang ditawarkan cukup menarik. Bisa pinjam untuk waktu singkat, hanya 2 minggu.

Jenis pinjaman ini cocok untuk mereka yang butuh dana tunai dalam waktu pendek. Misalnya, butuh uang darurat, sementara menunggu sampai tanggal gajian.

Di bank, pinjaman dalam jangka waktu sependek ini tidak tersedia. KTA bank paling cepat untuk masa tenor 6 bulan.

Di Kredinesia, pinjaman harus dikembalikkan sekaligus dan bukan cicilan. Komposisi pengembalian berupa lunas pokok dan bunga.

Plafon dan tenor yang nanti final ditawarkan ke peminjam, bisa berubah – ubah tergantung pada hasil credit score Kredinesia. 

Setelah nanti data diisi, lalu diolah oleh credit scoring, aplikasi akan menampilkan jumlah plafon dan tenor yang bisa diambil. Bisa saja penawarannya berbeda dengan yang ditampilkan di awal aplikasi.

Area jangkauan wilayah operasional Kredinesia saat ini menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia. 

Pengguna dapat melakukan pengecekan pada aplikasi. Apabila daerah tempat tinggal sudah tertera, itu berarti sudah dapat melakukan pengajuan.

A. Bunga Pinjaman

Kredinesia menerapkan bunga yang dihitung per hari. Tidak ada potongan biaya admin dimuka.

Bunga di Kredinesia adalah 0.8% per hari. Hal ini sesuai ketentuan dan regulasi dari Asosiasi Fintech bahwa maksimum bunga kredit yang bisa dibebankan ke nasabah fintech P2P sebesar 0.8% per hari.

Catatan: sesuai ketentuan OJK dan asosiasi Fintech yang terbaru, bunga pinjaman maksimum di P2P diturunkan menjadi 0.4% sehari.

Kredinesia tidak memotong biaya admin di muka saat pencairan. Nasabah menerima pencairan penuh ke rekening tanpa potongan biaya apapun.

B. Hanya Syarat KTP, Tanpa Slip Gaji

Persyaratan pinjaman adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • memiliki KTP,
  • rekening bank,
  • nomor HP tetap,
  • punya penghasilan.

Kecocokan data antara pengajuan di aplikasi dan data di rekening bank menjadi syarat penting agar pinjaman bisa dicairkan. Meskipun skor kredit sudah lolos, tetapi jika data di rekening bank tidak sesuai dengan di aplikasi, fintech tidak akan mencairkan pinjaman.

Dokumen yang diminta disiapkan hanya KTP. Itupun cukup diambil dengan foto.

Tidak ada permintaan untuk menyerahkan dokumen slip gaji. Tidak dimintanya slip gaji sangat mempermudah proses pengajuan.

Kredinesia melakukan verifikasi melalui telepon kepada:

  • Calon Peminjam
  • Emergency Contact

Verifikasi ke calon peminjam ditujukan untuk memastikan bahwa peminjam memang mengajukan kredit. Pengecekan ini untuk menghindari fraud atau penyalahgunaan data.

Calon peminjam harus memastikan bahwa kontak di ponsel HP bisa dihubungi. Karena pihak Kredinesia bisa dipastikan akan menghubungi untuk verifikasi.

Pihak berikut yang juga dihubungi adalah kontak darurat yang ditulis dalam form aplikasi. Kredinesia akan menghubungi dan melakukan verifikasi keberadaan calon peminjam.

Karena itu pastikan memberikan no kontak darurat yang mengenal calon peminjam dan nomornya aktif. Banyak yang ditolak akibat kontak darurat gagal dihubungi.

Baca Juga  5+ Pinjaman Online Umur 19 tahun (2022)

C. Approval 1 Hari

Karena melakukan verifikasi telepon terlebih dahulu sebelum pengajuan disetujui, proses di Kredinesia membutuhkan waktu 1 hari. Approvalnya tidak instan.

Meskipun butuh 1 hari, proses persetujuan di Kredinesia boleh dibilang cepat. Bandingkan dengan proses persetujuan di KTA bank, yang membutuhkan waktu beberapa hari.

4. AdaKami 

Pengalaman kami mengajukan pinjaman di AdaKami bahwa prosesnya tidak membutuhkan slip gaji dan seluruh proses dilakukan secara online tanpa tatap muka.

Di situsnya, AdaKami menyatakan bahwa tidak membatasi pekerjaan, pendapatan, atau kondisi keuangan. Jadi ini peluang besar buat mahasiswa untuk bisa mengajukan pinjaman disini.

AdaKami adalah Fintech P2P Lending yang berizin OJK dengan nomor registrasi KEP-128/D0.05/2019.

Pengajuan dilakukan lewat aplikasi AdaKami yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple Store.

AdaKami menyediakan pinjaman dana tunai dalam jumlah kecil dengan tenor pendek. Kredit di AdaKami harus dilunasi sekaligus (pokok + bunga) di akhir pinjaman.

Fitur kredit AdaKami sebagai berikut: 

  • Plafon: Rp 400 ribu sd Rp 2.1 juta
  • Tenor: 14, 21 dan 28 hari

Penting diperhatikan bahwa tenor yang ditawarkan sangat spesifik, 3 pilihan masa kredit. Ini berbeda dengan tenor di KTA atau pinjaman cicilan, yang punya masa kredit lebih lama.

Plafon dan tenor yang nanti final ditawarkan ke peminjam, bisa berubah – ubah tergantung pada hasil credit score AdaKami. 

Setelah nanti data diisi, lalu diolah oleh credit scoring, aplikasi akan menampilkan jumlah plafon dan tenor yang bisa diambil. Bisa saja penawarannya berbeda dengan yang ditampilkan di awal aplikasi.

Biasanya setelah pinjaman pertama, plafon yang ditawarkan bisa lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung pembayaran.

A. Hanya Butuh KTP

AdaKami hanya meminta dokumen KTP dan foto selfie buat nasabah yang mengajukan. Tidak ada dokumen lain yang diminta.

Persyaratan dokumen yang singkat ini cocok untuk mahasiswa atau pelajar yang ingin mengajukan kredit tetapi tidak punya dokumen penghasilan seperti slip gaji.

Persyaratan pengajuan adalah:

  • berkewarganegaraan Indonesia,
  • berusia 21-50 tahun,
  • memiliki penghasilan tetap,
  • memiliki E- KTP,
  • memiliki buku tabungan atas nama pribadi, dan
  • ponsel Android yang digunakan untuk mengunduh aplikasi AdaKami.
  • AdaKami tidak membatasi pekerjaan, pendapatan, atau kondisi keuangan.

Kecocokan data antara pengajuan di aplikasi dan data di rekening bank menjadi syarat penting agar pinjaman bisa dicairkan. Meskipun skor kredit sudah lolos, tetapi jika data di rekening bank tidak sesuai dengan di aplikasi, fintech tidak akan mencairkan pinjaman.

Untuk saat ini AdaKami melayani seluruh wilayah di Indonesia.

B. Verifikasi Telepon

AdaKami melakukan sejumlah verifikasi telepon dalam memproses pengajuan kredit. Pihak yang mereka telepon adalah calon peminjam dan kontak darurat.

Pastikan bahwa peminjam menghidupkan ponsel selama proses pengajuan. Penting agar pihak AdaKami bisa menghubungi dan melakukan verifikasi.

Yang juga tidak kalah penting adalah kontak darurat. Ada 2 kontak darurat yang harus diisi dan di setiap kontak harus mengisi no HP dan hubungannya. Jenis kontak yang diperbolehkan menyangkut orang tua, teman, saudara dan lain-lainnya.

Kontak darurat akan dihubungi. Jadi peminjam harus memastikan bahwa kontak darurat bisa dihubungi dan saat dihubungi mengenal peminjam.

C. Bunga Kredit

Bunga di AdaKami adalah 0.798% per hari. Tingkat bunga ini dicantumkan dalam Perjanjian Pinjam Meminjam yang diberikan setelah kredit disetujui.

Pinjaman di AdaKami bukan cicilan sehingga harus dikembalikkan seluruhnya di akhir jatuh tempo.

5. Cicil

Cicil merupakan aplikasi fintech pinjaman online P2P OJK. Sudah resmi berizin.

Cicil adalah salah satu pelopor aplikasi kredit online untuk mahasiswa. Ini menjadi keunggulan Cicil dibandingkan aplikasi cicilan tanpa kartu kredit lainnya. 

Cicil bisa digunakan untuk mereka yang masih berstatus mahasiswa.

Selama ini, mustahil bagi mahasiswa untuk bisa mengajukan pembelian barang dengan cara kredit tapi tidak punya kartu kredit. Karena mahasiswa belum memiliki sumber penghasilan tetap yang digunakan untuk membayar cicilan pinjaman.

Cicil melakukan terobosan dengan menawarkan program cicilan tanpa kartu kredit ke kalangan mahasiswa. Pinjaman tidak hanya untuk membeli barang konsumtif tetapi juga pinjaman untuk biaya kuliah.

Bekerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi, Cicil menawarkan pinjaman uang kuliah. Ketentuannya antara lain adalah:

  • Plafond sampai dengan 80% dari biaya pendidikan;
  • Uang muka 20% dari pinjaman;
  • Tenor 1 bulan sampai dengan 24 bulan.

6. Shopee PayLater

Shopee PayLater Pinjaman Online

SPLater adalah fasilitas kredit Pay Later bayar nanti yang terdapat di e-commerce Shopee. Dengan fasilitas ini, pembeli di Shopee bisa membeli dengan cicilan tanpa kartu kredit.

Baca Juga  Apakah Maucash Aman Resmi Terdaftar Legal di OJK

Mahasiswa atau pelajar bisa memanfaatkan pembiayaan ini untuk belanja di toko e-commerce. Karena tidak dibutuhkan persyaratan kartu kredit untuk pengajuan.

Tenornya juga bisa panjang sampai 12 bulan. Tidak hanya tenor pendek saja yang disediakan.

Untuk plafon dalam aplikasi Shopee disebutkan maksimal Rp 6 juta, tetapi dalam penawaran bisa sampai Rp 15 juta. Kemungkinan perbedaan ini adalah tergantung pada hasil analisa Shopee.

Shopee PayLater punya fitur pinjaman berikut:

  • Plafon limit pinjaman Rp 500 ribu sd Rp 15 juta,
  • Tenor cicilan: 1, 2, 3, 6 dan 12 bulan,
  • Bisa pilih tanggal jatuh tempo tagihan, tanggal 5, 11 daan 25 setiap bulannya,
  • Bisa mendapatkan peningkatan limit dengan catatan pembayaran yang baik.

Pengguna dapat menggunakan SPayLater untuk membeli beberapa Produk Digital, seperti: Pulsa, Listrik PLN, Paket Data, BPJS,  Tiket Kereta Api, Telkom, PDAM, Pasca Bayar, Tiket Pesawat, TV Kabel & Internet, Tiket Bus & Travel dan Roaming.

Namun, pengguna tidak dapat menggunakan SPayLater untuk membeli produk dari kategori Voucher, Emas, Uang Elektronik, dan Zakat. 

Limit di SPaylater tidak bisa dicairkan dalam bentuk dana tunai, hanya bisa digunakan untuk berbelanja di Shopee. 

Cara kerja PayLater ini adalah setelah disetujui nasabah akan mendapatkan limit yang bisa digunakan untuk belanja. Besarnya limit bisa berbeda – beda tergantung keputusan dari pihak Shopee.

Setiap belanja dengan PayLater akan memotong limit dan jika dilakukan pembayaran limit akan kembali. Cara kerjanya persis seperti kartu kredit.

Selama limit masih tersedia dan tidak ada tunggakan pembayaran, fasilitas ini bisa digunakan. Sebaliknya, kalau limit sudah terpakai semua atau ada tunggakan pembayaran, fasilitas tidak bisa dipakai.

Besaran limit setiap pengguna Shopee berbeda-beda. Limit in bisa bertambah secara otomatis berdasarkan konsumsi dan perilaku pembayaran yang anda lakukan. 

Tidak ada minimum transaksi untuk metode pembayaran dalam 1 bulan dan cicilan.

7. Pintek

Pinjaman Dana Pendidikan di Pintek

Pintek adalah aplikasi pinjaman online P2P yang sudah resmi berizin dan terdaftar di OJK.

Pintek menawarkan pinjaman pendidikan untuk mahasiswa secara online untuk  membiayai pendidikan, bisa sekolah, kuliah atau kursus.

Bedanya dengan pinjaman online, pinjaman pendidikan mencairkan dana langsung ke lembaga pendidikan dan bukan ke peminjam.

Jadi, Pintek bekerjasama dengan sejumlah lembaga pendidikan, yang siswa atau calon siswa lembaga tersebut membutuhkan pendanaan, bisa datang ke Pintek untuk mengajukan kredit.

Yang bisa mengajukan adalah orang tua atau penjamin, pada dasarnya pihak yang memang memiliki sumber pembayaran untuk melunasi kewajiban hutang.

Bunga di Pintek cukup murah di 1.5% flat per bulan, dengan simulasi berikut:

  • Pinjaman Rp 2.4 juta
  • Tenor selama 3 bulan
  • Cicilan per bulan Rp 836,000

Namun, bunga yang murah ternyata ada kewajiban tertentu, yaitu pembayaran pertama sebesar 20% di bulan pertama sebelum dilakukan pencairan dana atau pembayaran ke sekolah, dan angsuran pertama dibayarkan di bulan kedua dan seterusnya.

8. Gojek PayLater

Gojek PayLater Pinjaman

Gojek menawarkan fasilitas kredit kepada pengguna, namanya Gojek Paylater. Tidak ada syarat slip gaji serta tidak ada ketentuan minimum usia, sehingga mahasiswa bisa memanfaatkan kredit di Gojek ini.

Pengguna yang menerima fasilitas PayLater akan diseleksi oleh Gojek, jadi bentuknya bukan pengajuan tetapi penawaran.

Gojek memberitahu pengguna terpilih bahwa mereka mendapatkan penawaran untuk mengajukan paylater dan jika berminat pengguna harus melengkapi dokumen dan data.

Jika disetujui, pengguna mendapatkan limit PayLater di dalam aplikasi, yang limit tersebut bisa digunakan untuk membayar transaksi Gojek.

Pembayaran dengan PayLater memberikan pengguna jeda waktu sampai akhir bulan (dengan kata lain, kredit) untuk melunasi dan selama masa itu pengguna tidak kena bunga. 

Gojek mengenakan bunga jika setelah jatuh tempo pengguna tidak melakukan pembayaran, maka bunga harian flat sebesar Rp 3 ribu berapapun kredit paylater yang diambil.

Tapi meskipun tanpa bunga, Gojek memotong biaya admin bulanan, dengan ketentuan berikut:

  • Saat pengguna menggunakan fasilitas paylater, Gojek mengenakan biaya admin Rp 25,000 untuk 1 bulan, berapapun jumlah transaksi paylater dalam 1 bulan tersebut
  • Bayar tepat waktu atau tidak melewati jatuh tempo tidak ada bunga
  • Bayar lewat jatuh tempo dikenakan bunga atau istilahnya denda per hari Rp 3 ribu.