Pluang Aplikasi Review: Tempat Investasi Emas, Kripto yang Aman, Bukan Penipuan

Review Pluang kita lakukan karena aplikasi ini menawarkan cara investasi di produk keuangan secara aman dan murah. Review Pluang dilakukan dengan mencoba langsung aplikasinya untuk mendapatkan insights soal cara daftar, biaya transaksi, fitur, produk keuangan yang tersedia, serta kelebihan dan kelemahan aplikasi ini.

Hasil review kami menunjukkan bahwa Pluang merupakan aplikasi kanal penjualan yang menawarkan beragam pilihan investasi di dalam dan luar negeri, desain UX/UI mudah digunakan, gratis biaya, minimum investasi Rp 10 ribu, bisa bayar dengan GoPay Gojek, sehingga cocok untuk masyarakat umum, milenial yang masih pemula untuk masuk ke dunia investasi tanpa khawatir. 

Namun sejumlah kelemahan juga kami lihat bahwa meskipun Pluang gratis biaya admin tapi spread transaksi harga tinggi yang membuat biayanya jadi mahal, proses cash out kadang tidak lancar, serta harus bisa menyakinkan pengguna soal legalitas dan keamanan para partner karena legalitas serta izin transaksi dimiliki oleh partner.

Ringkasan Pluang

Produk Pluang
Fitur Aplikasi kanal penjualan yang menawarkan beragam pilihan investasi di dalam dan luar negeri
Manfaat Minimal investasi di Pluang sangat rendah, yakni mulai dari Rp10.000
Instrumen Saham Luar Negeri, Kripto, Indeks, Emas
Legalitas Izin OJK, Bappebti
Auto Debet Ada via GoPay
Kelebihan Mudah, UX UI enak dilihat, Minimum Investasi Kecil, Tersedia berbagai instrumen
Kekurangan Baru, Izin disediakan oleh Partner

Apa itu Pluang

Pluang adalah aplikasi finansial untuk investasi beragam produk keuangan secara mudah, aman dan terjangkau dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat. Sesuai dengan slogannya “Satu Aplikasi Beragam Investasi”.

Aplikasi Pluang dirilis sejak 21 Januari 2018. Terhitung per Januari 2022, Pluang sudah diunduh sebanyak lebih dari satu juta kali di Play Store.

Aplikasi ini dikelola serta dikembangkan oleh PT Bumi Santosa Cemerlang, 

Cara Daftar, Buka Akun di Pluang

Proses registrasi Pluang terbilang mudah. Calon pengguna hanya diminta untuk melengkapi data diri dan informasi untuk kepentingan registrasi lainnya.

Minimum Investasi Kecil, Gratis Biaya

Minimal investasi di Pluang sangat rendah, yakni mulai dari Rp10.000. Selain itu, investor pun hanya tinggal mengetuk aplikasi selama tiga kali saja untuk memulai investasi.

Pluang juga tidak membebankan biaya apa pun atas kegiatan transaksional yang dilakukan oleh penggunanya, baik atas transaksi penjualan, pembelian, penarikan dana, maupun top up.

Legalitas Izin Pluang

Dalam situs resmi, Pluang menjelaskan bahwa “ Pluang merupakan kanal penjualan dari PT PG Berjangka (produk emas dan S&P 500 futures) serta PT Zipmex Exchange Indonesia (aset kripto), di mana keduanya sudah terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).”

Legalitas Pluang Aplikasi

Izin diperoleh dari para partners Pluang. 

Lembaga-lembaga yang menerbitkan izin dan melakukan pengawasan terhadap partners Pluang tersebut adalah sebagai berikut:

A. BAPPEBTI, Kementerian Perdagangan

Pengelolaan risiko Pluang (emas) dan Produk Indeks Pluang (S&P 500, NASDAQ, dsb) dilakukan oleh PT PG Berjangka yang memiliki lisensi serta diawasi okeh BAPPEBTI, yang berada di bawah Kementrian Perdagangan.

Selain itu, pelaksanaan transaksi dan penjaminan kliring atas pembelian aset emas, S&P 500 dan Nasdaq 100 dilakukan oleh Kliring Berjangka Indonesia (KBI). PT Crypto Indonesia Berkat (Tokocrypto), selaku pedagang aset kripto di Pluang, juga telah terdaftar di BAPPEBTI.

Baca Juga  Cara Beli Polygon MATIC di Indodax TokoCrypto 2022

B. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Transaksi penjualan reksa dana di Pluang difasilitasi oleh PT Sarana Santosa Sejati (Pluang Grow) yang telah memegang izin sebagai Agen Penjual Reksa Dana dari OJK sejak 14 Desember 2020 dengan nomor lisensi KEP-20/PM.21/2020.

C. Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO)

Legalitas dan pengawasan Pluang juga telah disahkan oleh KOMINFO sejak tanggal 11 Februari 2020 dengan nomor tanda daftar 02245/DJAI.PSE/02/2020.

Produk Keuangan di Pluang

Pluang menawarkan empat jenis produk investasi yang dapat dipilih oleh penggunanya sesuai preferensi dan kebutuhannya. 

Keempat jenis produk investasi tersebut adalah 

  1. emas,
  2. indeks saham,
  3. aset kripto,
  4. reksa dana.

Di bawah ini adalah uraian mengenai produk dan fitur yang tersedia pada aplikasi Pluang:

1. Emas

Pluang memfasilitasi transaksi pembelian dan penjualan aset safe haven ini mulai dari 0.01 gram. 

Pengguna juga dapat melakukan tarik fisik emas dengan saldo emas yang dimiliki pada aplikasi. 

Emas juga dapat dibeli melalui sistem cicilan dengan pilihan masa angsuran 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, atau 36 bulan.

Emas Pluang Aplikasi

2. Jual Beli Saham Luar Negeri USA

Pada pilihan produk Saham AS, Pluang membedakan produknya menjadi dua, yaitu 

  • Kontrak Berjangka Saham AS, berupa investasi pada micro e-mini S&P 500 index futures dan NASDAQ 100 index futures,
  • Saham AS CFD.

Melalui investasi pada Kontrak Berjangka Saham AS yang berbasis indeks saham AS (S&P 500 dan NASDAQ 100), pengguna berhak mendapatkan eksposur ke perusahaan-perusahaan publik Amerika Serikat. 

Selain itu, Pluang juga menyediakan investasi dengan metode Contract for Difference (CFD) dengan beberapa penyesuaian yang ada.

Saham USA Pluang Aplikasi

3. Aset Kripto

Pengguna dapat melakukan diversifikasi aset kripto dengan variasi token kripto yang tersedia di Pluang. 

Adapun koin kripto yang dapat diperjualbelikan di Pluang antara lain: AAVE, Basic Attention Token, Binance, Bitcoin, Cardano, Chainlink, Compound, Ethereum, Kusama, Litecoin, Polkadot, Polygon, Ripple, Stellar, Solana, Algorand, Sushiswap, Swipe, Tron, Uniswap, dan Yearn Finance.

Kripto Pluang Aplikasi

4. Reksa Dana

Reksa dana yang tersedia di Pluang terdiri dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, reksa dana campuran, dan reksa dana USD.

Pluang juga menjalin kerja sama eksklusif dengan UOB Asset Management dengan menawarkan produk reksa dana pasar uang Dana Rupiah serta produk reksa dana pendapatan tetap Dana Membangun Negeri dan Inovasi Obligasi Nasional.

Reksadana Pluang Aplikasi

Fitur di Aplikasi

Sejumlah fitur ditawarkan bagi pengguna di aplikasinya.

1. Teaser Produk Baru

Pluang menghadirkan fitur Teaser Produk Baru yang dapat dinikmati oleh pengguna dengan mengaktifkan notifikasi. Dengan fitur ini pengguna akan mengetahui lebih awal mengenai produk-produk investasi yang sudah tersedia di aplikasi.

2. Eksplor

Sebagaimana menu eksplor pada media sosial, fitur eksplor pada Pluang bertujuan untuk memudahkan para pengguna untuk menemukan aset sesuai preferensinya.

3. Berita

Fitur berita memuat konten tulisan yang up to date mengenai kondisi dan topik-topik terkait pasar keuangan. Melalui fitur ini, pengguna dapat menganalisis peristiwa atau kejadian yang berpotensi mempengaruhi atau menimbulkan sentimen terhadap produk investasinya. Fitur ini juga dilengkapi pengaturan filter sehingga memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses berita-berita pada spesifikasi topik yang dipilih saja.

Baca Juga  Cara Membuat Akun di Forex Online 2022

4. Akademi

Untuk menunjukkan komitmen atas misinya, yakni untuk membuka akses lebih luas bagi masyarakat, Pluang menyediakan fitur edukatif agar aplikasi ini ramah terhadap semua kalangan investor, khususnya investor pemula.

Opsi ini memungkinkan pengguna Pluang untuk mengakses materi pembelajaran yang beragam serta dapat disesuaikan topik pembelajarannya melalui pengaturan filter. 

Fitur ini sebenarnya dimaksudkan untuk berbagai kalangan investor, yakni investor pemula, menengah maupun lanjutan. Namun, ketersediaan materi edukasi yang ada saat ini baru mencakup materi-materi untuk investor pemula.

5. Event

Pada fitur ini pengguna dapat memperoleh informasi mengenai agenda acara yang ada di Pluang.

6. Kamus

Fitur Kamus mempermudah pengguna untuk secara efisien mencari tahu istilah-istilah investasi yang mungkin dijumpai ketika ingin bertransaksi. 

Pluang memungkinkan pengguna untuk memahami investasi serta melakukan investasi itu sendiri cukup pada satu aplikasi saja.

7. Auto Investment

Bagi pengguna yang memiliki kesibukan yang padat dan seringkali lupa untuk membuka aplikasi Pluang secara berkala, aplikasi ini menyediakan fitur Auto Investment. Fitur ini dapat diaktifkan dengan pilihan frekuensi sesuai preferensi pengguna, yaitu per minggu atau per bulan. 

Auto Investment membantu pengguna Pluang untuk mencapai target investasi rutin tanpa perlu berulang-ulang membuka aplikasi dan berinvestasi secara manual.

8. Pilihan Top Up Pembayaran

Demi kenyamanan para penggunanya, Pluang mendukung sejumlah metode pembayaran untuk Top Up seperti transfer bank, LinkAja, GoPay, dan Jenius. 

Pluang juga terafiliasi dengan GoInvestasi dari Gojek, BukaEmas milik aplikasi belanja Bukalapak, dan DanaEmas dari aplikasi layanan keuangan DANA.

9. Beli Emas dengan GoPay di GoInvestasi Gojek

Lewat Pluang, orang bisa membeli Emas di GoInvestasi Gojek menggunakan metode Auto-Debit. 

Tinggal masuk ke Gojek, lalu Pilih menu menu “GoInvestasi” dan klik Auto-Investasi Emas. Silahkan sambungkan pembayaran Auto-Debit menggunakan Go-Pay.

Bisa memilih cara Auto debit yang diinginkan, dimana terdapat 2 pilihan yaitu 

  • “Money Amount” (nominal uang) dan
  • “Gold Quantity” (nominal emas dalam satuan gram) lalu “Select”

Customer Service, Alamat, Chat

Silakan hubungi Pluang untuk bantuan di nomor (021) 8063 0065 atau email ke [email protected] pada hari Senin – Jumat pukul 09.00 – 18.00.

Chat: Sampaikan pertanyaanmu pada layanan pelanggan di jam operasional Senin – Jumat pukul 09.00 – 18.00.

Apa Pluang Penipu, Aman Tidak Investasi Disini

Dari yang kami lihat, Pluang adalah perusahaan yang legit. Bukan penipuan.

Partner yang bekerjasama dengan aplikasi ini semuanya punya izin resmi dari otoritas, seperti OJK, Bappebti.

Berinvestasi di aplikasi ini juga belum ada berita soal penipuan, Jadi, bisa dibilang secara izin aman.

Kelebihan Aplikasi Pluang

Pluang menawarkan berbagai pilihan instrumen keuangan terbaru, seperti kripto, indeks saham di luar negeri, yang selama ini sulit dijangkau oleh masyarakat dan milenial, sekarang bisa dengan mudah dibeli lewat aplikasi Pluang karena minimum investasi sangat terjangkau hanya Rp 10 ribu dan biaya admin gratis.

Baca Juga  5+ Broker Trading Indeks Futures Terbaik Bappebti 2022

Aplikasinya punya tampilan bersih dan jelas dengan segmentasi serta opsi pengaturan filter yang memudahkan pengguna. Ini bagus untuk aplikasi keuangan, yang selama ini biasanya dianggap sulit digunakan, sedangkan Pluang menawarkan aplikasi yang enak dipakai dan tidak menakutkan.

Aplikasi Pluang dilengkapi informasi tentang cara kerja dari setiap produk investasi, sehingga memudahkan investor pemula, serta dilengkapi dengan fitur berita untuk membantu pengguna memantau kondisi pasar keuangan;

Tidak dikenai biaya, baik biaya pada proses registrasi maupun biaya pada saat transaksi produk;

Minimal pembelian produk investasi terjangkau, yakni pengguna dapat berinvestasi pada emas, ekuitas AS, aset kripto dan reksa dana mulai dari Rp10.000;

Menyediakan pilihan koin kripto yang variatif, yaitu tersedia lebih dari 40 variasi.

Kripto Koin Pluang Aplikasi

Kelemahan Aplikasi Pluang

Terkait izin produk investasi, perizinan diperoleh dari para partner Pluang. Bukan izin dari Pluang sendiri.

Ini tidak masalah karena posisi Pluang sebagai kanal penjualan. Hal yang lumrah dilakukan di Indonesia dan diizinkan oleh regulator, seperti OJK dan Bappebti.

Namun, hal yang harus jadi perhatian adalah bagaimana Pluang memastikan keamanan dan perizinan para partner tersebut. Buat pengguna, yang akan dilihat adalah Pluang, bukan para partners.

Dari komentar di PlayStore, kelemahan aplikasi Pluang menurut beberapa pengguna adalah proses penarikan dana atau cash out yang memerlukan waktu relatif lama. 

Beberapa pengguna juga mengeluhkan fitur limit order yang sedang dinonaktifkan oleh Pluang karena sedang dalam tahap pengembangan. 

Selain itu, spread pada aplikasi ini dinilai terlalu besar oleh sejumlah pengguna.

Hal lain yang juga pengguna harus aware adalah soal akses data pribadi oleh aplikasi Pluang.

Dari data di PlayStore, berikut ini adalah data pribadi yang diakses oleh Pluang, yaitu:

This app has access to:

  • Contacts. read your contacts
  • Location. precise location (GPS and network-based); approximate location (network-based)
  • Camera. take pictures and videos
  • Device ID & call information
  • read phone status and identity
  • Wi-Fi connection information. view Wi-Fi connections
  • Phone. read phone status and identity
  • Photos/Media/Files. read the contents of your USB storage, modify or delete the contents of your USB storage
  • Storage. read the contents of your USB storage, modify or delete the contents of your USB storage

Tanya Jawab

  1. Apa itu Pluang

    Pluang adalah aplikasi finansial untuk investasi beragam produk keuangan secara mudah, aman dan terjangkau dengan misi membuka akses lebih luas bagi masyarakat. Sesuai dengan slogannya “Satu Aplikasi Beragam Investasi”.

  2. Aplikasi Pluang Apakah Aman

    Pluang kerjasama dengan lembaga keuangan yang punya izin resmi dari OJK, Bappebti. Jadi, Pluang itu aman

  3. Apakah Pluang Diawasi OJK

    Yang diawasi OJK adalah lembaga keuangan yang produknya dijual di aplikasi Pluang. Transaksi penjualan reksa dana di Pluang difasilitasi oleh PT Sarana Santosa Sejati (Pluang Grow) yang telah memegang izin sebagai Agen Penjual Reksa Dana dari OJK sejak 14 Desember 2020 dengan nomor lisensi KEP-20/PM.21/2020.

  4. Pluang vs Bibit, Mana Lebih baik

    Keduanya punya perbedaan. Pluang fokus di emas, reksadana, kripto, saham luar negeri. Bibit fokus di saham dan reksadana dalam negeri.

  5. Apakah Pluang Diawasi Bappebti

    Yang diawasi Bappebti adalah lembaga keuangan yang produknya dijual di aplikasi Pluang. 

  6. Kerjasama Pluang dan Gojek

    Gojek berinvestasi di Pluang, sehingga saat ini investasi di Pluang bisa dilakukan langsung di GoPay dan tersedia fasilitas auto-debit dari GoPay untuk investasi rutin di Pluang.