Review Asuransi Jiwa AIA: Manfaat, Produk, Kelebihan Kelemahan

Ulasan asuransi jiwa AIA soal manfaat yang ditawarkan, produk, jenis dan kelebihan kelemahan. Yang juga penting adalah apakah asuransi AIA aman dan legal di mata OJK

Pembahasan ini dilakukan berdasarkan tidak hanya dokumentasi tetapi juga pengalaman menggunakan asuransi jiwa AIA.

Ringkasan Asuransi AIA

Produk Manfaat
Asuransi Kesehatan Pertanggungan rawat inap + pembedahan
Asuransi Penyakit Kritis Biaya perawatan penyakit kritis + pembedahan
Asuransi Jiwa Santunan meninggal dunia
Asuransi Jiwa Unit Link Santunan meninggal dunia + investasi
Asuransi Jiwa Unit Link-Syariah Santunan meninggal dunia + investasi syariah
Asuransi Kesehatan-Kumpulan Pertanggungan rawat inap + pembedahan + perawatan gigi + melahirkan + kacamata
Asuransi Jiwa-Kumpulan Santunan meninggal dunia untuk karyawan
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)-Kumpulan Pesangon (PHK) + dana pensiun + santunan meninggal dunia

Apa itu Asuransi Jiwa AIA

Apa itu Asuransi Jiwa AIA

Asuransi Jiwa AIA adalah asuransi jiwa yang memberikan pertanggungan kepada nasabah sampai usia 99 tahun, serta menawarkan penanggungan risiko penyakit kritis diusia lebih dari 60 tahun.

Asuransi AIA adalah perusahaan asuransi jiwa yang dikelola oleh PT AIA Financial. Produk yang dihadirkan mencakup asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi unit link, dan masih banyak lagi.

Melihat pertumbuhan finansial di Indonesia, grup ini mulai merintis bisnis di tanah air pada 1984. Namun, perusahaan dengan nama resmi PT AIA Financial baru terjadi pada 2009.

Apakah Asuransi AIA Aman, Legal, Terdaftar di OJK

PT AIA Financial (AIA Indonesia) adalah anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin usaha KEP-156/KMK.017/1997 tertanggal 3 April 1997.

AIA Asuransi memiliki izin usaha unit syariah berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP-268/KM.10/2009 tertanggal 14 Agustus 2009.

Produk Asuransi Jiwa AIA

Asuransi Jiwa AIA memiliki beragam produk asuransi kesehatan yang bisa dipilih sesuai dengan keperluan dan kondisi nasabah. 

Premi yang ditawarkan pun sangat terjangkau yaitu mulai dari 50 ribu rupiah. Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan berbagai manfaat asuransi.

1. Asuransi AIA PowerPro Life

Produk asuransi jiwa ini menawarkan perlindungan nasabah dari risiko meninggal dunia serta biaya perawatan kesehatan hingga Rp 250 juta. 

Manfaat yang bisa didapat adalah mendapatkan santunan dan cacat lebih dari 100%. Selain itu, masa pertanggungan maksimal adalah 10 tahun.

2. Asuransi Jiwa AIA ProTerm Protection

Produk ini memiliki keunggulan perlindungan dari resiko meninggal dunia baik karena kecelakaan dan mendapatkan manfaat cacat total masing-masing 100% atau lebih. 

Jika tidak ada klaim selama masa asuransi berlangsung, maka nasabah akan mendapat pengembalian premi atau di akhir polis ke 15.

3. Asuransi Jiwa AIA Sehat Seratus

Polis ini memberikan manfaat pada nasabah perlindungan dari resiko meninggal dunia karena penyakit kritis dan proteksi kesehatan. Tidak hanya itu, asuransi ini bisa menanggung nasabah hingga 99 tahun dan mendapatkan double klaim atas penyakit kanker minor.

Nasabah juga mendapatkan manfaat perlindungan ekstra dari penyakit jantung, kanker dan kehamilan sebesar 50% dengan masa pembayaran premi yang fleksibel. Asuransi ini bisa memproteksi nasabah bahkan hingga di luar negeri.

4. Asuransi Jiwa AIA Proteksi Prima Plus

Polis asuransi ini memiliki keunggulan tidak hanya proteksi jiwa saja tetapi juga perlindungan kesehatan dari risiko penyakit kritis serta sebagai investasi. Manfaat jelas yang bisa didapat adalah tanggungan hingga usia 99 tahun dengan santunan meninggal dunia 100%.

Nasabah juga akan mendapatkan perlindungan perawatan rumah sakit dari penyakit kritis hingga operasi. Selain itu, ada ekstra alokasi premi dari 5% hingga 10% dan manfaat loyalty bonus untuk nasabah hingga 100%

5. Asuransi Jiwa AIA Priority Plus Assurance

Seperti namanya asuransi jiwa ini memiliki keunggulan investasi dan menjadikannya nilai plus. Serta nasabah akan mendapatkan manfaat santunan meninggal dunia disebabkan kecelakaan atau karena sakit.

Asuransi ini dapat menanggung nasabah hingga usia 70 tahun dan memberikan alokasi pembayaran premi sebanyak 3% untuk polis investasi rupiah dan 1,5% untuk investasi mata uang dollar. Tidak hanya itu nasabah juga akan mendapatkan loyalty bonus 25% premi pada tahun pertama.

6. Asuransi Jiwa AIA Infinite Link Assurance

Asuransi ini memberikan nasabah dana pertanggungan jiwa yang didasarkan pada nominal paling besar antara dana investasi atau pertanggungan. AIA Infinite Link Assurance dapat menanggung nasabah hingga berusia 99 tahun dan memberikan loyalty 100% premi dasar serta dan investasi rupiah dan dolar.

7. Asuransi Jiwa AIA Prolink Assurance

Produk asuransi jiwa ini unggul dalam investasinya, nasabah juga bisa mendapatkan pertanggungan dana asuransi jiwa. 

Asuransi ini bisa menanggung nasabah sampai 99 tahun dan memberikan loyalty bonus sebesar 75%. Investasi yang dialokasikan pun dalam mata uang rupiah dan juga dolar.

8. Asuransi Jiwa AIA Infinite Plus Assurance

Produk asuransi jiwa dengan plus investasi ini memberikan manfaat pertanggungan jiwa hingga nasabah berusia 99 tahun. Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan loyalty bonus hingga 100% dari premi dasar yang dibayarkan. 

Dana investasi yang dialokasikan pun dalam mata uang rupiah 5% dan juga dolar 3%. Sehingga bisa mengikuti perkembangan dolar di dunia dan membuat investasi yang cukup menjanjikan. Jika tidak ada klaim selama masa asuransi maka nasabah akan mendapatkan pengembalian premi.

9. Asuransi Jiwa AIA FamilY First Protection

Nasabah yang mengambil polis ini akan mendapatkan manfaat investasi hingga 100% serta uang pertanggungan. Keunggulan polis ini adalah memberikan tujuh pilihan pada nasabah pada investasi.

Premi asuransi yang perlu dibayarkan mulai dari 200.000 rupiah per bulannya.

10. Asuransi Jiwa AIA Prolink Assurance

Produk ini menawarkan pertanggungan utama pada proteksi jiwa, kecelakaan serta memberikan manfaat investasi.

Strategi investasi yang diambil akan diserahkan pada nasabah sesuai dengan risiko profil nasabah. Bonus loyalty yang akan didapatkan pun mencapai 75%.

11. Asuransi Jiwa AIA Infinite Link Assurance

Produk asuransi ini memberikan manfaat investasi bagi nasabah dan keluarganya.

Untuk polis ini nasabah akan mendapatkan loyalty bonus hingga 100% dari premi dasar. Selain itu pertanggungan akan berlangsung hingga usia 99 tahun.

12. Asuransi Jiwa AIA Priority Plus Assurance

Produk ini mengutamakan proteksi jiwa nasabah dan juga keluarganya. 

Sama dengan manfaat Infinite Link Assurance, nasabah akan mendapatkan loyalty bonus hingga 100% dari premi dasar yang dibayarkan. Serta dapat menanggung nasabah hingga usia 99 tahun.

13. Asuransi Jiwa AIA Sakinah Assurance

Asuransi jiwa ini berasal dari unit link syariah dimana dalam penyelenggaraannya berbasis syariah. 

Produk ini menawarkan pertanggungan jiwa sekaligus manfaat investasi untuk keluarga nasabah. Masa penanggungan hingga nasabah berusia 80 tahun dan menanggung risiko penyakit kritis.

14. Asuransi Jiwa Karyawan Group Term Life

Asuransi ini merupakan asuransi khusus bagi karyawan dengan santunan meninggal dunia baik karena kecelakaan ataupun sakit. 

Santunan yang diberikan mulai dari Rp50.000.000 hingga mencapai Rp100.000.000. Selain itu asuransi ini juga menanggung risiko cacat karena kecelakaan.

Syarat Beli Asuransi AIA

Untuk membeli asuransi jiwa AIA syaratnya adalah:

  • pemegang polis minimal 18 tahun
  • usia yang tertanggung bisa berusia 1 bulan hingga 65 tahun.
  • Pemegang polis harus sudah memiliki kartu identitas sendiri dan bisa menjadi wali.

Cara Daftar Asuransi Jiwa AIA

Pembelian asuransi jiwa AIA ini bisa Anda lakukan dengan menghubungi customer care perusahaan, atau melalui email terlebih dahulu. Jika Anda ingin langsung melakukan pendaftaran maka bisa langsung menghubungi agen resminya atau dengan mendatangi kantor terdekat.

Cara Klaim Asuransi Jiwa AIA

Cara melakukan klaim asuransi jiwa ini berbeda-beda tergantung pada polis yang diambil setiap nasabah. Untuk klaim manfaat asuransi bisa dilakukan oleh ahli waris terkait yang berhak dan mengerti cara mengurusnya.

Klaim asuransi jiwa AIA bisa dilakukan dengan menyerahkan dokumen pelengkap yaitu polis asli, mengisi formulir klaim meninggal dunia dari perusahaan asuransi, surat kematian resmi dari otoritas setempat dan dari dokter pemeriksa.

Selain itu, wali juga harus membawa kelengkapan data identitas tertanggung sekaligus pemegang polis dengan lengkap. Dokumen lain yang perlu dibawa adalah berita acara dari pihak kepolisian setempat yang bisa menyatakan bahwa nasabah sudah meninggal dunia.

Untuk proses klaim ini biasanya tidak akan memakan waktu yang lama. Proses klaim 8 hari kerja setelah dokumen diserahkan dan pencairan akan selesai setelah 11 hari kerja kemudian. Asalkan dokumen yang diminta dilengkapi dengan benar.

Premi Asuransi Jiwa AIA

Premi asuransi jiwa AIA ini beragam tergantung pada produk asuransi yang diambil nasabah. 

Selain itu, premi ini juga mempertimbangkan status dan identitas tertanggung dan pemegang polis. 

Dilihat juga dari jenis dan nilai aset yang diasuransikan, terutama cakupan pertanggungan yang diasuransikan.

Tabel premi Asuransi Jiwa AIA

Produk Asuransi Harga/ Premi
AIA Powerpro Life Mulai Rp300.000/ bulan
AIA ProTerm Protection Mulai Rp 284.000/ bulan
AIA Sehat Seratus Mulai Rp300.000/ bulan
AIA Proteksi Prima Plus Mulai Rp3.600.000/ bulan
AIA Priority Plus Assurance Sesuai akumulasi dari biaya-biaya yang timbul
AIA Infinite Link Assurance Mulai Rp10.000.000/ bulan
AIA Infinite Plus Assurance Mulai Rp10.000.000/ bulan
AIA Prolink Assurance Mulai Rp250.000/ bulan
AIA Family First Protection Mulai Rp200.000/ bulan
AIA Protection Income Plan Mulai Rp2.000.000/ bulan
AIA Sakinah Assurance Mulai Rp300.000/ bulan

Asuransi Jiwa AIA memiliki berbagai produk yang mengutamakan asuransi jiwa dengan investasi. Sehingga setiap nasabah bisa menyesuaikan pilihan dengan keperluan masa depan dan mendapatkan proteksi kecelakaan atau sakit karena kecelakaan.

Keunggulan dan Manfaat Asuransi AIA

1. Rumah Sakit Rekanan Kerjasama Luas

Total lebih dari 800++ rumah sakit sudah bekerja sama dengan AIA Insurance. Mulai dari rumah sakit di dalam negeri sampai dengan luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

2. Bayar Klaim dengan Limit Sesuai Tagihan

AIA Asuransi memiliki limit tahunan sesuai dengan tagihan (as charged). Sehingga klaim akan selalu bisa diganti selama masih dalam batasan limit tahunan (yang cukup besar).

3. Menanggung hingga usia 99 tahun

AIA Insurance memberikan manfaat pertanggungan sampai 99 tahun untuk polis asuransi jiwa. Contoh polisnya adalah AIA Sehat Terus.

4. Loyalty Bonus

Loyalty bonus ini akan diberikan kepada tertanggung yang masih hidup sampai akhir masa polis. Contoh polis AIA Asuransi yang menawarkan manfaat ini adalah AIA Critical Protection.

Layanan Nasabah, Call Center, Alamat Asuransi AIA

Kantor Pusat PT AIA Financial, Gedung AIA Central, Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 48A, Jakarta Selatan

Call Center AIA: 1500 980, Nomor Telepon AIA: (021) 3000 1 980; AIA WhatsApp: 0811 1611 660; Fax: (021) 5421 8699

AIA Email: [email protected], website: www.aia-financial.co.id; Instagram: https://www.instagram.com/aiaindonesia/ (@aiaindonesia), Facebook: AIA Indonesia