Review Asuransi Jiwa Axa Mandiri: Manfaat, Jenis, Kelebihan Kelemahan

Review Asuransi Jiwa AXA Mandiri mengupas soal manfaat, cara klaim, kelebihan dan kelemahan asuransi jenis ini. Bagaimana pengalaman menggunakan asuransi ini ?

Keunggulan dari asuransi axa mandiri yaitu memberikan santunan meninggal dunia yang tinggi sekaligus menyimpan dana investasi tunai.

Premi yang perlu dibayarkan pun bisa dipilih sesuai kemampuan nasabah mulai dari 55.000 rupiah hingga jutaan perbulan.

Ringkasan Produk Asuransi Jiwa AXA Mandiri

Produk Manfaat yang Diberikan
Asuransi Mandiri Secure Wealth Santunan meninggal dunia karena sebab apapun/kecelakaan + manfaat akhir polis 160% UP + manfaat tunai dijamin
Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Santunan meninggal dunia + dana investasi + loyalty bonus seumur hidup + pertanggungan hingga usia 100 tahun
Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah Santunan meninggal dunia + dana investasi berbasis syariah + loyalty bonus seumur hidup + pertanggungan hingga usia 100 tahun
Asuransi Mandiri Elite Plan Santunan meninggal dunia + nilai investasi + manfaat asuransi tambahan lengkap + pertanggungan hingga usia 100 tahun
Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah Santunan meninggal dunia + nilai investasi berbasis syariah + manfaat asuransi tambahan lengkap + pertanggungan hingga usia 100 tahun
Asuransi Mandiri Investasi Prestige Santunan meninggal dunia + nilai investasi + manfaat akhir polis dalam bentuk nilai investasi + loyalty bonus
Asuransi Mandiri Legacy Plan Platinum Santunan meninggal dunia hingga Rp3 miliar + loyalty bonus 75% + bonus alokasi investasi 1,5% + asuransi tambahan lengkap + manfaat akhir polis + pertanggungan hingga usia 100 tahun
Asuransi Mandiri Legacy Plan Titanium Santunan meninggal dunia hingga Rp5 miliar + loyalty bonus 125% + bonus alokasi investasi 5% + asuransi tambahan lengkap + manfaat akhir polis + pertanggungan hingga usia 100 tahun
Asuransi Mandiri Protection Plus Santunan meninggal dunia hingga Rp2 miliar + manfaat penyakit kritis, cacat total sementara, cacat total tetap + pertanggungan biaya rawat inap
Asuransi Mandiri Loan Protection Santunan meninggal dunia dengan pelunasan sisa kredit pinjaman Bank + manfaat pengembalian premi
Asuransi Mandiri Jiwa Kredit Kendaraan Santunan meninggal dunia dengan pelunasan sisa kredit pinjaman kendaraan bermotor
Asuransi Mandiri Secure Life Santunan meninggal dunia untuk kumpulan atau karyawan perusahaan
AXA Mandiri Proteksi Diri Santunan meninggal dunia + asuransi kecelakaan diri

Apa itu Asuransi AXA Mandiri

AXA Mandiri merupakan perusahaan yang didirikan bersama PT Bank Mandiri dan AXA Group. Asuransi ini memiliki dua jenis anak perusahaan yang masing-masing berfokus pada keuangan dan asuransi general..

Perusahaan ini mulai bergerak sejak Desember 2003 dengan berbagai produk pilihan yang mencakup asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi umum, asuransi penyakit kritis, asuransi pensiun, hingga corporate solution atau bisnis.

Apakah AXA Mandiri Aman, Legal, Terdaftar di OJK

Dalam menjalankan bisnis asuransi, AXA Mandiri telah memiliki izin serta terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

PT AXA Mandiri Financial Services terdaftar sebagai perusahaan asuransi jiwa yang berada di bawah naungan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Selain itu, PT AXA Mandiri Financial Services juga telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasar Surat Izin Usaha no. S-071/MK.6/2004 tanggal 11 Februari 2004.

Jenis Asuransi Jiwa AXA Mandiri

Axa Mandiri memiliki lebih dari 10 polis asuransi yang bisa dipilih sesuai keperluan dengan mempertimbangkan manfaat yang akan didapat nantinya.

Polis yang tersedia mulai dari asuransi jiwa tradisional hingga asuransi kredit dan cicilan.

1. Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera

Polis perlindungan sejahtera ini memiliki keunggulan asuransi kesehatan dan bisa memberikan santunan meninggal dunia sampai usia 100 tahun. Selain itu, nasabah juga bisa mendapat manfaat tambahan santunan meninggal dunia sampai nasabah berusia 77 tahun.

Selain itu, jika terjadi kecelakaan polis ini bisa menanggung biaya perawatan di berbagai negara ASEAN dan memberikan manfaat santunan harian atas risiko rawat inap di berbagai rumah sakit. Sehingga bisa lebih menjamin kesehatan nasabah.

2. Asuransi Mandiri Solusi Kesehatan

Polis satu ini memberikan manfaat yaitu santunan meninggal dunia hingga nasabah berusia 65 tahun dan pertanggungan perawatan rumah sakit. Nasabah juga bisa mendapatkan dana pengganti rawat inap maksimal 90 hari dalam satu tahun dan 30 hari untuk rawat ICU.

3. Asuransi Mandiri Kesehatan Prima

Polis asuransi ini memberikan nasabah asuransi kesehatan tanpa harus melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Selain itu, nasabah bisa mendapatkan santunan harian untuk rawat inap di rumah sakit serta bisa memperpanjang asuransi hingga usia 99 tahun.

4. Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Tropis

Asuransi kesehatan ini memberikan penanggungan risiko terkena penyakit tropis akibat parasit seperti nyamuk dan lalat. Manfaat yang bisa didapat nasabah adalah pengembalian premi hingga 30% jika tidak ada klaim hingga akhir pembayaran asuransi. Selain itu asuransi ini berlaku di seluruh negara ASEAN.

5. Asuransi Kesehatan SmartCare Executive

Asuransi kesehatan ini memberikan nasabah asuransi kesehatan, rawat jalan dan santunan ketika meninggal dunia dikarenakan kecelakaan. Manfaat utama yang bisa didapat adalah santunan harian pertanggungan untuk rawat inap di rumah sakit sesuai dengan tagihannya.

6. Asuransi Kesehatan International Exclusive

Seperti namanya polis ini bisa digunakan hingga ke luar negeri dimanapun. Nasabah tetap akan mendapatkan santunan harian ketika rawat inap. Serta pertanggungan untuk perawatan mata atau gigi sesuai dengan rencana di awal polis.

7. Asuransi Mandiri AXA Hospital Plan

Asuransi ini berfokus pada pembiayaan rawat inap di rumah sakit. Santunan yang diberikan adalah santunan harian baik sakit karena kecelakaan ataupun bukan. Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan santunan cacat tetap serta santunan kematian karena kecelakaan.

8. Asuransi Mandiri Proteksi Kanker Dini

Asuransi kesehatan ini memberikan proteksi pada nasabah secara finansial terhadap risiko penyakit kanker. Manfaat yang bisa didapat adalah penanggungan biaya perawatan kanker, pengembalian premi jika tidak ada klaim hingga santunan meninggal dunia.

9. Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Kritis

Sama dengan asuransi kesehatan lainnya, polis ini bisa Anda gunakan sebagai proteksi dari risiko penyakit kritis. Santunan akan diberikan ketika ada diagnosis awal penyakit. Bisa digunakan sebagai investasi sekaligus mendapatkan manfaat santunan meninggal dunia.

10. Asuransi Mandiri Heart Protection

Asuransi kesehatan yang khusus melindungi finansial nasabah dari risiko terkena penyakit jantung. Manfaat yang akan didapat adalah pengembalian premi jika tidak ada klaim sama sekali serta dapat menanggung nasabah dengan maksimal usia 65 tahun.

11. Asuransi Mandiri Proteksi Jantung

Sama dengan Heart Protection asuransi ini menanggung risiko nasabah terkena penyakit jantung. Tetapi, asuransi ini akan memberikan santunan harian rawat inap rumah sakit. Selain itu, wali juga bisa mendapat santunan meninggal dunia dan menanggung nasabah dengan maksimal usia 60 tahun.

12. Asuransi AXA Mandiri Secure Plan

Keunggulan asuransi ini yaitu memberikan pengembalian premi pada nasabah hingga 110%. Manfaat lainnya yang bisa didapat adalah nasabah bisa mempelajari terlebih dahulu mengenai polis hingga 20 hari, masa polis akan bertahan hingga 10 tahun dengan pembayaran 5 tahun.

13. Asuransi AXA Mandiri Proteksi Diri

Hampir sama dengan asuransi kecelakaan, dimana nasabah akan mendapatkan santunan ketika meninggal dunia karena kecelakaan atau cacat karena kecelakaan. Nasabah bisa mendaftar hingga usia 60 tahun.

14. Asuransi Mandiri Legacy Plan Prestise

Selain mendapatkan asuransi jiwa nasabah juga bisa sekaligus berinvestasi. Manfaat yang akan didapat adalah mendapat pertanggungan sampai 3 Milyar rupiah. Nasabah juga akan mendapat santunan meninggal dunia dan cacat karena kecelakaan atau penyakit serius.

Nasabah juga akan mendapatkan manfaat tambahan berupa nilai pertanggungan di akhir masa asuransi dan mendapat loyalty bonus sampai 75% serta nilai investasi yang optimal. Karena keunggulannya adalah nilai investasi nasabah akan mendapatkan bonus alokasi investasi 1.5% dari poli asuransi.

15. Premi Asuransi Jiwa AXA Mandiri

Premi yang dibayarkan Asuransi Jiwa AXA Mandiri berbeda-beda tergantung pada produk asuransi yang diambil setiap nasabah. Premi ini bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan setiap nasabah sehingga tidak akan memberatkan.

Cara Daftar AXA Mandiri

Supaya bisa mendaftar Asuransi AXA Mandiri usia nasabah minimal 18 tahun dan maksimal 70 tahun. Nasabah harus WNI dan memiliki KTP serta perlu melengkapi beberapa dokumen data diri untuk kelengkapan data di asuransi.

Untuk pendaftarannya bisa dilakukan secara online maupun offline. Anda lebih baik mencari informasi terlebih dahulu mengenai produk yang sesuai dengan keperluan supaya lebih mudah memilih polis dan pembayaran premi.

Pendaftaran online bisa dilakukan dengan mengunjungi website resmi Asuransi AXA mandiri, kemudian Anda akan diminta mengisi formulir mengenai data diri. Setelah itu, Anda bisa langsung memilih produk yang diinginkan dan melakukan pembayaran. Jika ada hal yang tidak jelas hubungi call center.

Cara Klaim Asuransi Jiwa AXA Mandiri

Mengklaim asuransi memiliki cara yang beragam sesuai perjanjian yang dilakukan nasabah di awal. Biasnya ahli waris yang berhak untuk mengajukan klaim sesuai dengan prosedur. Ada beberapa formulir yang perlu diisi mengenai kelengkapan informasi pengklaiman.

1. Klaim Meninggal Dunia

Melakukan klaim meninggal dunia maka penanggung jawab perlu menyiapkan dokumen seperti polis asli, bukti pembayaran terakhir premi, fotokopi kartu keluarga dan data diri. Wali juga perlu menyiapkan surat kematian dari otoritas setempat dan bukti pemakaman.

Jika nasabah meninggal dunia karena kecelakaan, maka dokumen lainnya yang perlu disiapkan adalah surat kronologi dari polisi dan visum jika perlu dari dokter yang bersangkutan. Jika nasabah meninggal dunia di luar negeri maka surat kematian perlu legalisir oleh KBRI.

2. Klaim Cacat Tetap

Klaim cacat memiliki syarat yang lebih sedikit daripada klaim kematian, dokumen yang perlu diserahkan adalah formulir klaim dari perusahaan asuransi, surat pernyataan dari dokter dan hasil pemeriksaan yang mendukung.

AXA Mandiri Syariah

Selain produk asuransi biasa, AXA Mandiri juga memiliki produk syariah yang disebut asuransi jiwa Unit Link Syariah. Seperti namanya asuransi ini berlandaskan syariah dan memiliki keunggulan dapat menanggung hingga usia 100 tahun dengan proporsi kontribusi dan investasi.

Manfaat lainnya yang bisa didapat adalah santunan meninggal dunia 100% akibat kecelakaan ibadah haji/ umroh atau yang lainnya. Asuransi syariah lainnya adalah Elite Plan Syariah yang unggul karena memiliki manfaat loyalty bonus bagi nasabah.

Asuransi Jiwa AXA Mandiri memiliki berbagai produk asuransi dengan banyak manfaat bagi nasabah. Selain itu asuransi ini sudah memiliki izin resmi dan diawasi langsung oleh OJK. Berbagai jenis polis bisa di pilih sesuai dengan kondisi nasabah.

Keuntungan AXA Mandiri

  1. Perlindungan dan Santunan Lengkap serta Komprehensif. Mendapatkan perlindungan jiwa serta santunan meninggal dunia yang disebabkan oleh sebab apapun, baik karena sakit maupun kecelakaan.
  2. Usia Pertanggungan yang Panjang. Mendapatkan perlindungan dan pertanggungan hingga usia 100 tahun.
  3. Pilihan Produk Beragam. Pilihan produk dan premi asuransi yang beragam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.
  4. Tambahan Nilai Investasi. Terdapat nilai investasi yang besarannya disesuaikan dengan kondisi pasar.
  5. Pembayaran Mudah. Tersedia pilihan cara hingga sistem pembayaran yang mudah dan lengkap.
  6. Layanan Financial Advisor. Tersedianya financial advisor yang tersebar luas dan menjangkau seluruh Indonesia.
  7. Klaim Mudah dan Cepat. Proses klaim asuransi yang ditawarkan AXA Mandiri mudah dan cepat untuk tiap jenis pertanggungan yang dipilih sesuai polis yang telah disepakati.
  8. Layanan AXA Mandiri Call Center. Pelayanan call center AXA Mandiri yang siaga setiap saat dalam melayani tanya jawab tentang asuransi dari AXA Mandiri.

Kelemahan AXA Mandiri

  1. Penempatan dana investasi tidak dapat diubah, melainkan hanya satu kali saja saat pendaftaran.
  2. Banyak potongan biaya terkait investasi, yang menyebabkan alokasi dana untuk investasi menjadi relatif kecil
  3. Ketentuan klaim yang berbelit, ini tergantung dari kondisi dan perjanjian yang anda buat sebelumnya dengan pihak asuransi.
  4. Hanya menjual produk unit link dan tidak menjual produk asuransi tradisional.

Premi Asuransi AXA Mandiri

Produk Harga Premi Asuransi Jiwa AXA Mandiri
Asuransi Mandiri Secure Wealth Mulai Rp1 juta per bulan
Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Mulai Rp3,6 juta per tahun
Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah Mulai Rp3,6 juta per tahun
Asuransi Mandiri Elite Plan Mulai Rp20 jutaan per tahun
Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah Mulai Rp 7,5 juta per tahun
Asuransi Mandiri Investasi Prestige Mulai Rp 15 juta per tahun
Asuransi Mandiri Legacy Plan Platinum Mulai Rp 50 juta per tahun
Asuransi Mandiri Legacy Plan Titanium Mulai Rp120 juta per tahun

Syarat Pengajuan Asuransi Jiwa AXA Mandiri

  • Warga Negara Indonesia,
  • Menyerahkan KTP atau paspor.
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 70 tahun.
  • Usia tertanggung dimulai dari usia 15 hari hingga 70 tahun.
  • Melengkapi dokumen dan data pribadi yang diminta.
  • Membayar biaya awal atau premi awal sesuai dengan pilihan produk yang dipilih serta ketentuan polis yang disepakati.

Cara Cek Polis Asuransi Jiwa AXA Mandiri

Cara cek apakah Anda sudah terdaftar sebagai nasabah AXA Mandiri cukup mudah, bisa dengan menghubungi call center AXA Mandiri atau langsung mendatangi kantor terdekat.

Cek polis AXA Mandiri dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  • menghubungi call center atau nomor telepon Asuransi AXA Mandiri atau
  • langsung datang ke kantor pusat maupun kantor cabang Asuransi Jiwa AXA Mandiri terdekat.

Cara Pembayaran Premi Asuransi Jiwa AXA Mandiri

1. Pembayaran Auto Debet dari Rekening Bank Mandiri

Pembayaran asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan dapat dilakukan melalui Bank Mandiri. Cara ini dapat diproses dengan mengisi surat kuasa pendebetan yang terdapat di setiap lembar SPAJ (Surat Pengajuan Asuransi Jiwa).

2. Pembayaran Auto Debet untuk Pembayaran Premi Lanjutan

Pastikan nomor rekening pendebetan sudah aktif yaitu 070-000-499999-6 a.n. Bank Mandiri Cab. Gatot Subroto – Jakarta atau 070-000-466666-0 a.n. Bank Mandiri Cab. Gatot Subroto – Jakarta.

Cara Klaim Asuransi AXA Mandiri

1. Lengkapi Formulir Pengajuan Klaim

Lengkapi formulir pengajuan klaim sesuai dengan jenis klaim asuransi yang akan diajukan. Pastikan semua formulir terisi dengan data yang benar, mulai dari nomor dan nama identitas, nomor anggota, nama pemegang polis, dan lain sebagainya.

Formulir klaim meninggal dunia AXA Mandiri bisa diperoleh di situs resmi perusahaan (https://axa-mandiri.co.id/formulir). Selain formulir meninggal dunia AXA Mandiri, formulir lain seperti:

  • Asuransi Mandiri Perlindungan Penyakit Tropis
  • Mandiri International Medical Care
  • Asuransi Mandiri Corporate Health Plan
  • Asuransi Mandiri Kesehatan Global
  • dan lainnya juga tersedia di situs resmi AXA Mandiri

2. Sertakan dokumen asli, rekam medis, tagihan, serta surat kematian

Pastikan semua dokumen dilampirkan dengan lengkap, mulai dari resep, tagihan rumah sakit, rekam medis asli, surat kematian, hingga dokumen pendukung lainnya. Jangan lupa untuk memfotokopi semua dokumen tersebut agar kamu memiliki duplikat jika dokumen asli diserahkan pada pihak asuransi.

3. Sertakan formulir pengajuan klaim beserta semua dokumen pendukung yang diminta

Setelah formulir pengajuan klaim sudah terisi seluruhnya, maka ajukan formulir tersebut beserta seluruh dokumen pendukung kepada PT AXA Mandiri Financial Services (AMFS) secara langsung atau melalui email untuk setiap produk atau jenis klaim.

Call Center, Alamat Asuransi Jiwa AXA Mandiri

  • Alamat AXA Mandiri Kantor Pusat: AXA Tower Lantai Dasar, Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Kuningan City, Jakarta 12940,
  • Customer care center (CS): 1500 803 (jiwa); 1500 733 (umum); WhatsApp: +62 815-8608-6801 (jiwa)
  • Email: [email protected] (jiwa); [email protected] (umum)
  • Layanan nasabah Call Center AXA Mandiri SMS dan AXA Mandiri Voice tersedia selama 24 jam.