Review Tahapan Xpresi BCA | Limit, Biaya, Keuntungan, Kekurangan

Tahapan Xpresi BCA adalah simpanan untuk kalangan muda, dengan setoran awal Rp 50 ribu dan potongan biaya admin Rp 7.500 setiap bulan.

Biaya membuat BCA Xpresi adalah Rp 50 ribu, dengan ketentuan Rp 25 ribu akan masuk sebagai setoran awal, sedangkan sisanya Rp 25 ribu sebagai biaya pencetakan kartu.

Limit tahapan Xpresi BCA mencapai Rp 7 juta tarik tunai, setoran bisa Rp 30 juta.

Tahap Xpresi adalah simpanan BCA yang masuk dalam jenis Tahapan (Tabungan Hari Depan) BCA.

Meski tak dibekali dengan buku tabungan, Tahapan Xpresi BCA memiliki peminat yang tinggi lantaran dapat dibuka dengan mudah dan praktis secara online melalui aplikasi BCA Mobile.

Apa itu Tahapan Xpresi BCA?

Tahapan Xpresi BCA atau Xpresi BCA adalah jenis tabungan individu dari BCA yang diprioritaskan untuk kalangan nasabah muda. Tampilan kartu Tahapan Xpresi BCA sendiri di desain dengan berbagai macam eksplorasi dan gaya yang cocok bagi kaum muda.

Perbedaan utama antara Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi BCA terletak pada syarat pembukaan rekening, minimal setoran awal, biaya administrasi, dan ada atau tidaknya buku tabungan.

Berikut adalah ringkasan beberapa perbedaan Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi BCA:

  • Tahapan BCA mensyaratkan nasabah berumur minimal 17 tahun; Tahapan Xpresi BCA dapat dibuka oleh usia
  • Tahapan BCA mewajibkan adanya NPWP; Tahapan Xpresi tidak mewajibkan adanya NPWP
  • Minimal setoran awal Tahapan BCA Rp500.000; minimal setoran awal Tahapan Xpresi BCA Rp50.000
  • Tahapan BCA difasilitasi dengan buku tabungan; Tahapan Xpresi BCA tidak difasilitasi dengan buku tabungan

BCA Xpresi termasuk Jenis BCA apa?

BCA Xpresi termasuk jenis BCA Tahapan (Tabungan Hari Depan), yaitu rekening tabungan individu dari BCA dengan mata uang rupiah.

Ketentuan Umur BCA Xpresi

BCA Xpresi tidak menetapkan minimal umur. Dengan kata lain, Tahapan Xpresi BCA dapat dibuka oleh anak-anak maupun usia 17 tahun ke atas. Adapun batasan usia nasabah Tahapan Xpresi BCA adalah maksimal 25 tahun. Setelah melewati usia tersebut, nasabah disarankan untuk beralih ke rekening Tahapan BCA.

Syarat Pembukaan Rekening Tahapan Xpresi BCA

Untuk membuat rekening Tahapan Xpresi BCA, Anda harus memenuhi kriteria di bawah ini:

  • Perorangan
  • WNI/WNA
  • Mengisi dan menandatangani formulir pembukaan rekening
  • Membawa dokumen yang diperlukan

Dokumen syarat pembuatan Tahapan Xpresi BCA berdasarkan usia nasabah:

Jenis Nasabah Dokumen
Individu ?17 tahun e-KTP atau Paspor
Individu Kartu identitas orang tua, NPWP orang tua, Akta Kelahiran Anak, KK, atau Kartu Identitas Anak (KIA)
Individu Kartu identitas wali, NPWP wali, Surat Penetapan Pengangkatan Wali dari Pengadilan Negeri
Individu

KIA untuk WNI, Paspor/KIA untuk WNA,

Kartu identitas orang tua, NPWP orang tua, Surat Pernyataan orang tua

BCA Xpresi bisa cetak buku tabungan

BCA Xpresi tidak disertai dengan buku tabungan. Nasabah juga tidak bisa mengajukan untuk mencetak buku tabungan BCA Xpresi, karena produk simpanan tersebut memang didesain demikian.

Lalu kenapa BCA Xpresi tidak ada buku tabungan? Jawabannya adalah untuk meningkatkan efisiensi produk tabungan ini. Karena menyasar target nasabah kalangan muda —yang notabene sudah melek digital dan anti ribet— maka pengecekan mutasi Xpresi BCA via BCA Mobile dinilai lebih sesuai dan praktis.

BCA Xpresi bisa setor tunai di ATM

Nasabah BCA Xpresi bisa setor tunai di ATM maupun melalui teller di kantor cabang BCA setempat. Adapun limit setor tunai BCA Xpresi adalah maksimal Rp30 juta per penyetoran.

ATM BCA Xpresi bisa debit

Kartu ATM BCA Xpresi bisa digunakan untuk transaksi debit. Limit debit kartu ATM Tahapan Xpresi BCA adalah maksimal Rp25 juta per harinya.

Apakah 1 KTP bisa buat 2 ATM BCA Xpresi? Tidak

1 KTP tidak bisa digunakan untuk membuat 2 tabungan/kartu ATM Xpresi. BCA memang memperbolehkan 1 KTP digunakan untuk 2 tabungan, namun hal tersebut hanya berlaku untuk 2 jenis tabungan yang berbeda, yaitu Tahapan BCA dan Xpresi BCA.

Karena memiliki persyaratan yang berbeda, maka untuk memiliki Tahapan BCA dan Xpresi BCA sekaligus, nasabah harus berusia minimal 17 tahun dan memiliki NPWP.

Biaya Membuat BCA Xpresi

Biaya minimal untuk membuat BCA Xpresi adalah sebesar Rp50.000. Nantinya, sebesar Rp25.000 akan masuk sebagai saldo setoran awal, sedangkan Rp25.000 sebagai biaya pencetakan kartu.

Setelah rekening berhasil dibuka, biaya administrasi dan biaya transaksi akan dikenakan sesuai ketentuan. Berikut ini adalah daftar biaya yang ada di BCA Tahapan Xpresi:

Biaya dan Pajak Biaya
Biaya administrasi Rp7.500/bulan
Saldo minimum ditahan Rp10.000
BI Fast antarbank Rp2.500/transaksi
PPh 20% dari nominal bunga
Penggantian kartu Rp25.000
Penutupan rekening Rp10.000
Biaya Transaksi ATM BCA Prima & GPN Mastercard
Cek saldo Gratis Rp4.000 Rp5.000
Tarik tunai Gratis Rp7.500 Rp25.000
Transfer antar bank Rp6.500 Rp6.500
Transaksi ditolak Gratis Rp3.500 Rp5.000

Bunga Tabungan BCA Xpresi

BCA Xpresi memberikan bunga tabungan sebesar 0.00% hingga 0.05% per tahun (tergantung saldo di rekening). Berikut adalah suku bunga tabungan BCA Xpresi sesuai saldo rekening:

Saldo Bunga (p.a)
0.00%
>=  Rp1.000.000 0.05%

Limit Tahapan BCA Xpresi

Berikut adalah rincian limit transaksi Xpresi BCA:

Jenis Transaksi Limit
Tarik tunai Rp7.000.000
Setoran tunai Rp30.000.000
Transfer antar rekening BCA Rp25.000.000
Transfer antar rekening BCA (ke rekening valas) Rp15.000.000
Transfer antar bank Rp10.000.000
Debit BCA Rp25.000.000
Transfer antar rekening BCA Mobile Banking (m-BCA) Rp25.000.000
Transfer antar bank Mobile Banking (m-BCA) Rp10.000.000
Melalui internet banking Rp500.000.000
Melalui myBCA Rp300.000.000

Saldo BCA Xpresi Tidak Boleh 0

Saldo minimal ditahan BCA Xpresi adalah Rp10.000. Jadi, besar kemungkinan saldo BCA Xpresi tidak bisa benar-benar 0. Kalau pun saldo bernilai 0, sistem BCA akan otomatis menutup rekening tersebut jika ada penambahan saldo selama 18 bulan berturut-turut.

Penyebab saldo di ATM BCA Xpresi berkurang

Pada kasus saldo ATM BCA Xpresi berkurang sendiri, penyebab paling umum adalah pemotongan biaya admin bulanan sebesar Rp7.500. Adapun pemotongan biaya admin dari saldo BCA umumnya dilakukan setiap hari Jumat pada pekan ketiga setiap bulannya.

Penyebab kedua saldo ATM BCA Xpresi berkurang sendiri dapat diakibatkan karena adanya potongan biaya transaksi saat transfer ke rekening bank lain. Sebab ketiga yang paling memungkinkan adalah Anda memiliki tagihan autodebet yang sedang berjalan setiap tanggal tertentu.

Di luar sebab-sebab di atas, sebaiknya Anda mengkonsultasikan masalah tersebut kepada kontak customer service BCA atau dengan mendatangi customer service BCA secara langsung di kantor cabang BCA setempat.

Keuntungan Tahapan Xpresi BCA

Keunggulan utama yang dimiliki Tahapan Xpresi BCA dibandingkan produk BCA lainnya adalah tersedianya fitur pembukaan rekening secara online via aplikasi BCA Mobile, minimal setoran awal yang terjangkau, dan fleksibilitas jenis kartu.

1. Dapat dibuka secara online

BCA Xpresi dapat dibuka secara online di aplikasi BCA Mobile. Nantinya, calon nasabah tinggal mengisi formulir pembukaan rekening, mengunggah dokumen, dan melakukan KYC melalui video call dengan petugas BCA.

Pembukaan rekening secara online, khususnya untuk produk tabungan yang menyasar kalangan muda, merupakan fasilitas yang sangat memudahkan nasabah.

2. Minimal setoran awal ringan

BCA Xpresi hanya mensyaratkan setoran awal sebesar Rp50.000. Alokasi setoran awal tersebut akan ditempatkan sebagai saldo setoran awal sebesar Rp25.000 dan biaya pencetakan kartu sebesar Rp25.000.

Dalam hal nasabah membuka rekening Xpresi BCA secara online, pengambilan kartu ATM di kantor cabang nantinya tidak lagi dikenakan biaya tambahan.

3. Kartu berlogo GPN dan Mastercard

Kartu ATM Xpresi BCA tersedia dengan logo GPN dan Mastercard. Saat pembukaan rekening, nasabah bisa memilih sendiri kartu yang diinginkan.

Dalam hal ini, Xpresi BCA unggul karena memberikan fleksibilitas kartu ATM, mengingat beberapa bank lain tidak memberikan kebebasan memilih jenis kartu untuk pembukaan secara online.

Kelamahan BCA Tahapan Xpresi

Kekurangan utama yang ada pada produk BCA Xpresi adalah tidak adanya buku tabungan dan belum tersedianya fasilitas pengiriman kartu ATM secara langsung.

1. Tidak ada buku tabungan

Meski kegunaannya sudah semakin jarang, beberapa pendaftaran layanan, umumnya masih mensyaratkan adanya fotokopi buku tabungan. Meskipun relatif tidak efisien di zaman sekarang, keberadaan bukti fisik mutasi dan saldo di dalam buku tabungan masing mungkin diperlukan.

2. Kartu ATM harus diambil sendiri

Karena bukan bank digital, kegiatan operasional BCA masih perlu dilakukan secara langsung. Oleh karena itu, meski rekening Tahapan Xpresi BCA bisa dibuka secara online, kartu fisiknya masih harus diambil sendiri ke kantor cabang BCA.

Berbeda dengan bank digital, seperti Bank Jago, yang mengirimkan kartu fisik ke alamat nasabah tanpa dikenakan biaya pengiriman. Hal ini diperhitungkan sebagai kekurangan karena cenderung tidak efisien.

3. KYC Video call

Beberapa nasabah menilai bahwa proses KYC melalui video call tergolong kurang efisien dan menurunkan kenyamanan ketika proses pembukaan rekening.

Sayangnya, pendaftaran Xpresi BCA masih harus melewati proses KYC ini. Padahal, pada pembukaan rekening online di bank lain, seperti tabungan BritAma di BRI, KYC dilakukan melalui perekaman video tanpa harus video call.