Seabank vs Jenius, Apa Digital Banking Terbaik

Seabank dan Jenius BTPN adalah dua aplikasi mobile banking yang paling dikenal saat ini. Apa beda kedua digital banking ini dan mana yang terbaik ?

Untuk mengetahuinya, kami menugaskan salah satu penulis untuk melakukan review kelebihan dan kekurangan keduanya dan menuliskan hasilnya di artikel ini.

Keunggulan Seabank  adalah bunga tinggi di tabungan dan deposito, dengan gratis biaya admin dan transfer, namun kelemahan Seabank di fitur yang masih basic, misalnya belum bisa bayar via QR. Sedangkan, keunggulan Jenius adalah fitur digital bank lengkap, menawarkan banyak fasilitas, namun kelemahan Jenius di biaya besar dan ketentuan minimum saldo.

Seabank adalah pilihan untuk mereka yang ingin bunga tinggi di tabungan dan deposito, namun siap dengan fitur di aplikasi Seabank yang terbatas. Jenius cocok untuk mereka yang butuh fitur mobile banking, dan mau membayar lebih untuk fitur tersebut.

Kita akan membahas secara singkat ihwal perbedaan Seabank vs Jenius. Mana aplikasi bank digital yang lebih menguntungkan dan nyaman digunakan semua kalangan ?

Apa itu Seabank

Apa itu Seabank

Seabank Indonesia dulunya bernama Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE). BKE berubah nama menjadi Seabank karena per 10 Februari 2021, perusahaan tersebut telah resmi diakuisisi oleh Sea Group, induk perusahaan marketplace Shopee. 

Seabank Indonesia adalah bank digital terbaru, dengan banyak fitur menarik buat konsumen. Kita review aplikasi Seabank mobile banking soal cara daftar, buka akun, promo Shopee, aman tidaknya, serta kelebihan dan kelemahan aplikasi mobile banking ini.

Kelebihan Seabank

Dengan menjadi nasabah Seabank, inilah berbagai kelebihan yang bisa dinikmati.

1. Tabungan Bunga Harian 7% per Tahun

Produk SeaBank adalah rekening Tabungan, yang dapat mempermudah pengelolaan aktivitas finansial harian & menyediakan tabungan dalam satu rekening dengan bunga yang tinggi.

  • Bunga Tabungan Tinggi. Bunga Cair Setiap Hari. Bunga dihitung dan dibayarkan setiap hari
  • Tanpa saldo minimum, bebas tarik kapan saja

Seabank menerapkan bunga 7% per tahun hingga 31 Maret 2022. Di pasar bank digital, bunga tabungan tersebut tergolong cukup tinggi. 

Uniknya, bunga tabungan Seabank bisa cair ke rekening setiap hari.

Nasabah akan mendapatkan bunga setiap hari berdasarkan nilai saldo akhir di hari sebelumnya. Bunga ini akan dibayarkan ke nasabah kamu setiap hari.

Contohnya, apabila nasabah memiliki saldo akhir sebesar Rp 100.000.000 pada 1 Juli, maka akan mendapatkan bunga tabungan sebesar Rp 8.767 dengan perhitungan sebagai berikut: 4% (Bunga Tabungan per tahun) x 1/365 (periode harian) x Rp 100.000.000 – 20% (Pajak tabungan) = Rp 8.767

2. Gratis Biaya Admin, Biaya Transfer

Seabank menawarkan gratis semua biaya admin. Mau itu transfer kemanapun, biayanya gratis.

Gratis tanpa biaya ini membantu banyak kalangan untuk bisa bertransaksi di bank.

Nasabah tidak perlu khawatir kena tambahan biaya saat melakukan transaksi karena Seabank menerapkan kebijakan bebas biaya admin dan biaya transfer bahkan untuk rekening di bank yang berbeda. 

3. Tanpa Minimum Saldo Rekening di awal dan per bulan

Seabank tidak meminta saldo minimum di rekening tabungan. Tidak hanya saat buka, tetapi juga saldo rekening per bulan.

Orang jadi bebas menarik uangnya saat dibutuhkan, tanpa perlu khawatir beban biaya akibat saldo dibawah minimum. 

Hal mana yang kerap terjadi di bank saat ini, dimana uang di rekening habis tanpa nasabah sadari karena dipotong biaya dibawah saldo minimum.

Tanpa saldo minimum, mungkin karena ini bank digital, Seabank jadi membuka akses keuangan menjadi terbuka luas. Semua kalangan jadi bisa mempunyai rekening bank.

Ketentuan tanpa saldo ini juga bagus membantu milenial, orang dengan punya keuangan terbatas untuk bisa membuka tabungan.

Apalagi, nasabah Seabank kemungkinan akan banyak dari konsumen Shopee yang berasal dari berbagai tingkat penghasilan.

Selama ini, salah satu hambatan banyak orang untuk buka rekening adalah kewajiban untuk menempatkan uang pada saldo minimum. Tidak semua orang punya uang yang cukup untuk buka rekening.

4. Shopee

Pengguna Shopee bisa dengan mudah membuka rekening bank di Seabank. Akses orang jadi lebih mudah ke sistem perbankan.

Hal ini membantu literasi dan akses keuangan masyarakat yang selama ini masih terbatas.

Akses lewat e-commerce akan sangat membantu bank seperti Seabank untuk menjangkau lebih banyak masyarakat.

Sementara, masyarakat yang selama ini sulit mendapatkan layanan perbankan, sekarang dengan bank digital yang hadir di e-commerce, jadi lebih mudah membuka rekening bank dan menikmati layanan perbankan. 

Kelemahan Seabank

Sebagai aplikasi digital yang masih baru, wajar kalau Seabank masih punya kelemahan yang mudah – mudahan bisa diperbaiki:

1. Fitur Terbatas Sekali

Fitur layanan di aplikasi Seabank masih sangat terbatas. Banyak fitur yang di bank lain dan aplikasi uang elektronik tersedia, di Seabank masih belum ada.

Nasabah yang menggunakan Seabank harus siap bahwa aplikasi tabungan ini bagus untuk menabung (bunganya tinggi), membantu untuk pengguna Shopee, namun untuk layanan perbankan, seperti transaksional dan pembayaran, belum tersedia di dalamnya.

2. Tidak Bisa Ambil Uang Tunai di ATM 

Seabank tidak menyediakan kartu ATM untuk keperluan tarik tunai. Tidak ada kartu debit yang disediakan oleh Seabank saat ini.

Aplikasi SeaBank belum mendukung penarikan uang tunai melalui ATM. Nasabah bisa menarik uang tunai dengan mentransfer saldo dari tabungan SeaBank ke rekening Bank lain.

3. Tidak Ada Layanan Kantor Cabang

Meskipun punya kantor cabang, tetapi nasabah Seabank tidak bisa dilayani di kantor cabang. Apa maksudnya ?

Penjelasan di situs resmi Seabank menyatakan bahwa “SeaBank memiliki beberapa kantor cabang. Namun, kantor cabang SeaBank hanya dapat melayani nasabah non-digital.”

Seabank tampaknya fokus pada bank digital yang tanpa kantor cabang. Cabang digantikan oleh proses perbankan di HP.

Hal ini jelas tidak menguntungkan buat konsumen yang gaptek, khususnya orang tua atau mereka dengan akses internet terbatas.

4. Tidak Ada Pinjaman

Aplikasi Seabank belum menawarkan pinjaman digital. Nasabah tidak bisa mengajukan kredit lewat aplikasi ini.

Hal ini tentu berbeda dengan aplikasi mobile banking di bank – bank lain yang sudah menawarkan pinjaman online di aplikasi mereka.

6. Belum Punya QRIS

Saat ini, aplikasi belum menyediakan fasilitas pembayaran dengan menggunakan QRIS atau QR Code. Nasabah hanya bisa melakukan pembayaran dengan transfer.

Apa itu Jenius BTPN

Apa itu Jenius BTPN

Jenius adalah aplikasi mobile banking dari Bank BTPN yang dilengkapi dengan kartu debit Visa untuk membantu kamu melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan dengan lebih aman, cerdas, dan simpel. Semua dilakukan dari satu tempat, semua dari smartphone.

Jenius berbeda dari bank pada umumnya karena semua aktivitas perbankan dibuat lebih mudah tanpa harus pergi ke bank atau mengantre panjang dengan banyaknya birokrasi. Semua bisa kamu lihat, tata, dan atur langsung dari dalam smartphone-mu.

Kelebihan Jenius BTPN

1. Bebas Biaya

Jenius bebas biaya tarik tunai serta transfer antar bank masing-masing hingga 25 kali per bulan, biaya pembukaan dan penutupan rekening, saldo awal, saldo minimum, biaya transfer, dan biaya pembuatan kartu. 

2. Fitur Pengelolaan Keuangan

Split Bill, untuk membagi tagihan kamu dengan teman atau keluarga secara adil;

Card Center, pengaturan semua kartu debit di satu tempat termasuk limit transaksi dan tarikan tunai harian atau blokir sementara dan buka blokir kartu serta blokir permanen kartu 

3. Nama rekening sebagai pengganti nomor rekening,

$Cashtag, nama rekening sebagai pengganti nomor rekening, jadi kamu tidak perlu lagi menghafal nomor rekening yang panjang;

4. Aman, Izin OJK

Jenius dikeluarkan oleh Bank BTPN yang berizin resmi OJK.

Dalam soal keamanan aplikasi dan transaksi, Jenius menggunakan enkripsi terkini dan 3 autentikasi berikut untuk keamanan, yaitu:

  • Fitur fingerprint, pengguna bisa mengakses aplikasi Jenius lewat sentuhan jari.
  • Wajib menggunakan PIN dan Password
  • Wajib menentukan limit untuk transaksi yang membutuhkan password.

5. Berbagai Tabungan Ditawarkan

Dream Saver: Tabungan Autodebet dengan bunga 2.5% p.a. setara deposito, saldo awal sesukamu mulai Rp1, bebas tentukan besar/periode setoran autodebit, bebas tarik kapan pun tanpa penalti, Bisa tarik seluruh uang tanpa saldo mengendap. 

Flexi Saver: Tabungan Fleksibel untuk Alokasikan Uang, dengan Bunga 2.5% p.a. setara deposito, Setoran awal tanpa saldo minimum, Bebas tarik kapan pun tanpa penalti, Bisa tarik seluruh uang tanpa saldo mengendap.

Maxi Saver Deposito: Praktis berinvestasi dari aplikasi, cuma butuh 60 detik untuk membuka deposito di Jenius. Kamu cukup pindahkan uang dari Saldo Aktif ke Maxi Saver tanpa harus ke bank dan tanpa persyaratan tambahan.

Proses membuat, mengelola, dan menarik uang di semua tabungan tersebut bisa pengguna lakukan sendiri dari aplikasi Jenius.

6. Rekening Valas Otomatis

Jenius menyediakan pilihan Mata Uang Asing yang bisa diaktifkan tanpa ke bank.

Saldo mata uang asing tersedia untuk semua Jenius User dan bisa diaktifkan selama hari kerja, pukul 09.00 WIB s.d. 15.00 WIB

Aktifkan dolar Amerika, dolar Singapura, dolar Australia, dolar Hong Kong, poundsterling Inggris, yen Jepang, dan Euro dengan setoran awal mulai 10 USD, 10 SGD, 10 AUD, 10 EUR, 10 GBP, 100 HKD, dan 1.000 JPY.

Setoran berikutnya mulai dari 1 USD, 1 SGD, 1 AUD, 1 EUR, 1 GBP, 1 HKD, dan 1 JPY.

7. Pinjaman Flexi Cash

Flexi Cash adalah dana fleksibel dalam aplikasi Jenius dengan limit dana hingga Rp200 juta dan bunga kompetitif.

  • Limit dana yang tersedia mulai Rp500.000 s.d. Rp200.000.000. Limit dana setiap orang bervariasi, mengikuti ketentuan internal bank.
  • Tenor cicilan Flexi Cash tersedia dari 1 hingga 36 bulan dengan
  • Bunga dari 0.99% sampai 3.50% sesuai profil masing-masing.

Fleksibel ditarik berkali-kali, bisa ditarik kapan/di mana pun, pilih jumlah penarikan dan pilih tenor cicilan.

Flexi Cash bisa dipakai untuk Split Pay dan dipakai untuk Jenius Pay.

8. Tidak Ada Biaya Dibawah Saldo Minimum

Jenius tidak membebankan biaya ketika nasabah memiliki saldo dibawah ketentuan saldo minimum tertentu.

Hal ini bagus karena nasabah yang saldo uangnya sedikit tidak khawatir bahwa uangnya akan habis terpotong biaya saldo minimum.

Kelemahan Jenius BTPN

1. Biaya Admin 

Hal lain yang juga masih jadi kelemahan Jenius dibandingkan aplikasi bank digital lain adalah biaya admin.

Jenius memang memberikan gratis biaya transfer dan tarik tunai, namun syaratnya adalah minimum saldo > Rp 1 juta.

Di bank digital lain, biaya admin gratis tanpa persyaratan minimum saldo.

2. Wajib Minimum Saldo Rp 1 juta

Ketentuan di Jenius bahwa “Setiap bulan ada rewards untuk Jenius User berupa kuota bebas biaya transaksi setiap transfer antar bank dan tarik tunai di ATM. Kuota tersebut dihitung berdasarkan saldo rata-rata dari akun personal dan akun bisnis pada bulan sebelumnya

Jenius  BTPN mewajibkan nasabah untuk mempertahankan minimum saldo tertentu agar bisa menikmati gratis biaya dan tidak kena biaya saldo minimum.

Jadi buat nasabah, khususnya millennial, yang dananya terbatas, kewajiban minimum saldo ini memberatkan.

Sementara, di bank digital lain, sudah banyak yang tidak mewajibkan minimum saldo. 

Ringkasan Seabank  vs Jenius

Fitur Digital Bank Seabank Jenius
Buka Rekening Online, 100% Online, 100%
Biaya Admin Gratis Ada
Minimum saldo Nol Ada
Pengelolaan Keuangan Ada Ada
Otoritas Pengawas OJK OJK
Kartu Kredit Tidak Ada Tidak Ada
ATM Terbatas Terbatas
Kartu Kredit Tidak Ada
Rekening Valas Tidak Ada

Seabank unggul sebagai aplikasi mobile banking dengan tawaran bunga tinggi. Jenius unggul dengan banyak fasilitas dan fitur dalam aplikasi.

Seabank dan Jenius, aman dan kredibel karena terdaftar dan diawasi OJK.