Simulasi KTA: Apa itu, Tujuan, Manfaat, Cara, Contoh Bank

Simulasi kredit pinjaman KTA penting dilakukan. Kenapa dan bagaimana melakukannya, serta contoh simulasi KTA di berbagai bank seperti Permata, DBS, Mandiri, BNI kita kulik dan jelaskan.

Kredit tanpa Agunan (KTA) menjadi pilihan banyak orang karena proses pengajuannya yang lebih mudah karena tidak mempersyaratkan aset jaminan. Kemudahan prosedural tersebut tidak lantas dapat mengurangi persiapan dasar yang harus dipahami oleh calon debitur.

Sebelum memutuskan untuk mengajukan segala jenis kredit/pinjaman, termasuk di antaranya KTA, simulasi pinjaman merupakan hal esensial yang sebaiknya tidak dilewatkan. Simulasi dapat didefinisikan sebagai metode untuk mengilustrasikan sebuah sistem atau proses dengan cara memproyeksikan sejumlah informasi penunjang, dengan tujuan mendapatkan suatu estimasi atau prakiraan.

Apa Itu Simulasi KTA

Simulasi KTA adalah hasil simulasi kredit untuk mendapatkan (1) Estimasi besaran angsuran kredit bulanan, yang dihitung berdasarkan jumlah plafon, tenor, dan penghasilan rutin calon debitur; dan/atau (2) Estimasi plafon dan tenor maksimal, yang dihitung berdasarkan tipe calon debitur, jumlah penghasilan, dan besaran cicilan bulanan lain.

Melalui penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa simulasi KTA adalah metode memperkirakan besaran angsuran maupun besaran plafon dan tenor berdasarkan sejumlah informasi yang dapat dijadikan patokan secara garis besar.

Mengapa Simulasi KTA Penting

Keberadaan simulasi KTA berperan penting pada kelancaran proses pengajuan KTA sebenarnya. Baik calon debitur maupun bank, memerlukan suatu metode untuk mencontohkan fasilitas KTA dengan sistem yang sederhana dan mudah dipahami.

Bagi calon debitur, simulasi KTA membantu memahami gambaran mengenai produk KTA yang akan diajukan nantinya. Hasil estimasi dari simulasi KTA juga dapat menjadi pertimbangan dalam memutuskan jenis KTA yang tepat, baik dari segi kecakapan finansial maupun jumlah kebutuhan dana.

Bagi pihak bank, simulasi KTA memudahkan proses pengajuan yang dilakukan oleh calon debitur. Fitur simulasi menyederhanakan penjelasan terkait cara kerja fasilitas KTA yang ditawarkan oleh bank. Selebihnya, pihak bank hanya perlu fokus kepada prosedur pengajuan yang bersifat administratif saja.

Baca Juga  Memulai Usaha dengan Pinjaman Bank, Asalkan Penuhi Syarat ini

Keterbatasan Simulasi KTA

Terlepas dari kemudahan yang ditawarkan, simulasi KTA memiliki keterbatasan dalam hal akurasi, karena fungsinya yang hanya sebagai estimasi. Dengan demikian, hasil akhir yang ditampilkan pada proses simulasi tidak dapat sepenuhnya dijadikan tolok ukur yang pasti.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya pengaruh lain di luar simulasi, seperti penilaian risiko kredit, yang erat kaitannya dengan riwayat kredit calon debitur pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK. Evaluasi risiko kredit yang dilakukan oleh bank merupakan salah satu aspek yang mencerminkan besaran plafon, tenor, serta suku bunga yang akan diberlakukan.

Fitur simulasi KTA resmi dari bank sendiri biasanya selalu menyertakan pernyataan bahwa simulasi tersebut tidak menjamin keakuratan kredit sebenarnya.

Namun, di sisi lain, simulasi KTA cenderung lebih mendekati akurat jika dibandingkan dengan simulasi kredit beragunan atau kredit multiguna, karena besaran limit kredit yang diberikan oleh bank nantinya akan sangat dipengaruhi oleh hasil penilaian agunan.

Cara Melakukan Simulasi KTA

Simulasi KTA dapat dilakukan melalui dua metode, yaitu secara manual dan otomatis. Penjelasan mengenai menyimulasikan KTA melalui dua metode tersebut akan diuraikan sebagai berikut.

1. Simulasi Manual

Perhitungan estimasi KTA secara manual dilakukan secara mandiri dengan mengacu kepada ketentuan pemberian fasilitas KTA yang diberlakukan oleh bank penyelenggaranya.

Misalnya, apabila Bank memfasilitasi KTA dengan suku bunga flat bulanan 1%, serta plafon antara Rp5 juta hingga Rp200 juta dan tenor 1 – 5 tahun. Maka, dengan pengajuan sebesar Rp60 juta dalam jangka waktu 1 tahun, estimasi angsuran setiap bulannya adalah sebesar Rp5.600.000,-.

Berikut ini adalah cara menghitungnya:

Simulasi Manual Simulasi KTA

2. Simulasi Otomatis

Simulasi KTA secara otomatis bisa dilakukan dengan dua alternatif, yaitu melalui simulator KTA dari pihak ketiga, serta dapat pula dilakukan dengan fitur simulasi yang disediakan oleh masing-masing bank penyedia KTA (jika ada).

Baca Juga  10+ Penyebab KTA Bank Hana Ditolak

Simulasi KTA melalui pihak ketiga dapat diakses secara bebas di internet. Simulasi tersebut memerlukan input serta memberikan output yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa contoh simulasi KTA dari pihak ketiga:

a. Simulasi KTA finpedia.id;

Simulasi KTA finpedia.id

b. Simulasi KTA simulasikredit.com;

Simulasi KTA simulasikredit.com

c. Simulasi KTA cermati.com;

Simulasi KTA cermati.com

d. Simulasi KTA cekaja.com;

Simulasi KTA cekaja.com

e. Simulasi KTA kalkulatorkredit.com;

Simulasi KTA kalkulatorkredit.com

f. Simulasi KTA indopremier.com.

Simulasi KTA indopremier.com

Adapun simulasi KTA otomatis dari bank akan dibahas lebih lanjut melalui contoh simulasi KTA bank di bawah ini.

Contoh Simulasi KTA di Bank

Beberapa bank penyalur KTA memfasilitasi fitur simulasi pada laman resminya, berikut ini adalah beberapa contoh simulasi KTA di bank-bank di Indonesia.

1. Simulasi KTA Permata Bank

Fitur simulasi KTA pada Permata Bank berfungsi untuk menghitung estimasi angsuran bulanan berdasarkan tipe nasabah (Nasabah Baru/Nasabah Payroll/Nasabah Produk Lainnya). Klik di sini untuk melakukan simulasi PermataKTA di Permata Bank.

Simulasi KTA Permata Bank

2. Simulasi KTA Standard Chartered

Standard Chartered memfasilitasi simulasi KTA yang berfungsi untuk mengestimasikan besaran cicilan bulanan. Informasi yang harus disertakan untuk mengakses simulasi KTA Standard Chartered adalah:

  1. Jangka waktu, yang terdiri dari tiga jenis kategori:
  2. Pendek (3 – 12 bulan);
  3. Menengah (12 – 24 bulan);
  4. Panjang (27 – 60 bulan).
  5. Status kepegawaian (Wiraswasta/Bukan) khusus untuk jangka waktu menengah dan panjang; dan
  6. Jumlah pinjaman (Rp3 juta – Rp300 juta).

Tekan di sini untuk menyimulasikan KTA di Standard Chartered.

 Simulasi KTA Standard Chartered

3. Simulasi KTA DBS

Simulasi KTA atau disebut juga dengan kalkulator digibank KTA Instan dapat dipergunakan untuk memperkirakan besaran cicilan bulanan berdasarkan jumlah pinjaman, tenor, dan suku bunga). Tap di sini untuk melakukan simulasi digibank KTA Instan dari DBS.

Baca Juga  Syarat dan Ketentuan Pengajuan Pinjaman KTA
 Simulasi KTA DBS

4. Simulasi KTA Bank Mandiri

Simulasi KTA pada Bank Mandiri berfungsi untuk memperkirakan tenor, limit kredit, dan angsuran bulanan berdasarkan informasi tipe debitur (Payroll/Non Payroll), penghasilan bersih, dan angsuran bulanan lain (jika ada). Ketuk di sini untuk melakukan simulasi KTA di Bank Mandiri.

Simulasi KTA Bank Mandiri

5. Simulasi KTA OK Bank

Simulasi KTA di OK Bank Indonesia membantu memperhitungkan estimasi cicilan bulanan berdasarkan jumlah pinjaman dan tenor. Klik di sini untuk melakukan simulasi KTA OK Bank.

Simulasi KTA OK Bank

6. Simulasi KTA Panin Bank

Produk KTA Panin, Kredit Express, menyediakan fitur simulasi untuk mengilustrasikan besaran cicilan per bulan berdasarkan jumlah pinjaman yang diinginkan serta jangka waktu pinjaman. Ketuk di sini untuk melakukan simulasi KTA Kredit Express dari Panin Bank.

Simulasi KTA Panin Bank

7. Simulasi KTA BNI

Simulasi KTA BNI Fleksi dapat difungsikan berdasarkan penghasilan maupun jumlah pinjaman, yang akan menghasilkan estimasi maksimal kredit dan angsuran bulanan atau maksimal angsuran dan minimal penghasilan bersih bulanan. Tap di sini untuk melakukan simulasi KTA BNI Fleksi.

Simulasi KTA BNI

6. Simulasi KTA BTN

Simulasi KTA di BTN menyediakan informasi perkiraan angsuran dengan memasukkan informasi berupa jenis kebutuhan (membeli kendaraan/pendidikan/renovasi rumah), plafon kredit, suku bunga, dan lama pinjaman (dalam tahun). Klik di sini untuk menggunakan fitur simulasi KTA BTN.

 Simulasi KTA BTN

7. Simulasi KTA Bank Mayora

Bank Mayora menyediakan fasilitas simulasi KTA untuk memperkirakan nilai angsuran berdasarkan informasi plafon kredit, jangka waktu pinjaman, suku bunga per tahun. Tekan di sini untuk memanfaatkan simulasi KTA pada Bank Mayora.

Simulasi KTA Bank Mayora