Teknik Komputer Jaringan – Sejarah, Penerapan, Fungsi, dan Peluang Kerja

Istilah mengenai TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan tentunya sudah tidak asing lagi bagi beberapa anak muda, apalagi siswa SMK dan STM. Pasalnya, Teknik Jaringan Komputer saat ini juga digunakan sebagai salah satu jurusan yang dipelajari pada jenjang pendidikan SMK dan STM. Jurusan ini juga merupakan salah satu jurusan yang mempunyai banyak peminat, karena kita dapat belajar tentang informasi dan teknologi terkini yang ada pada saat ini. Namun biasanya mayoritas yang memilih jurusan TKJ adalah laki-laki. Tapi bukan berarti bahwa wanita tidak cocok untuk jurusan ini. Bahkan akhir-akhir ini banyak wanita juga tertarik untuk belajar teknologi.

Apalagi di era digital seperti sekarang ini, sepertinya perlu bagi masyarakat untuk saling memahami perkembangan teknologi. Bagi masyarakat yang mempelajari teknik komputer dan jaringan, mereka nantinya akan memahami informasi tentang komputer dan komponen penting yang ada di dalamnya. Bahkan, mereka juga akan mengetahui tentang algoritma, pemrograman, dan perakitan komputer dan jaringan. Lalu apa pengertian dari Teknik Komputer Jaringan itu sendiri? Bagaimana sejarah dan perkembangannya? dan Bagaimana penerapan TKJ sebagai suatu bidang ahli? Untuk memahami itu semua, mari simak pembahasannya berikut ini!

Lihat Juga :  Pengertian Teknologi Informasi

Pengertian Teknik Komputer Jaringan

Pengertian Teknik Komputer & Jaringan
Sumber Gambar : unsplash.com

Teknik komputer jaringan merupakan program pembelajaran yang menggabungkan teknik elektro dan ilmu komputer untuk mengembangkan sistem perangkat keras, perangkat lunak, dan  jaringan komputer. Selain itu TKJ juga mempelajari tentang bagaimana cara instalasi PC, instalasi LAN, memperbaiki PC dan mempelajari program-program PC. Teknik komputer jaringan juga termasuk dalam salah satu program belajar yang berfokus pada desain dan konstruksi komputer. Berbagai hal yang dipelajari dalam bidang ini tidak hanya mengenai perangkat keras, perangkat lunak, dan sistem komunikasi saja, melainkan juga mempelajari tentang interaksi dari seluruh perangkat yang saling terhubung.

Sejarah Teknik Komputer Jaringan

Sejarah jaringan komputer global dimulai pada tahun 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat U.S Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) telah memutuskan untuk melakukan penelitian tentang bagaimana  menghubungkan komputer untuk membentuk jaringan organik. Program penelitian ini dikenal sebagai ARPANET. Pada tahun 1970, lebih dari 10 komputer berhasil dihubungkan dan dikomunikasikan satu sama lain untuk membentuk jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan email yang ia ciptakan setahun yang kemudian untuk ARPANET. Dan pada tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Kemudian sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.

Dengan bertambahnya jumlah komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat). Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berafiliasi kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer dikala itu membentuk sebuah jaringan.

Baca Juga  17 Penyebab dan Ciri – Ciri VGA Laptop Rusak

Kemudian pada tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya, yang membentuk jaringan. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web. Lalu pada tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan telah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah). Dan pada tahun 1994, situs-situs telah tumbuh menjadi 3.000 alamat, dan untuk pertama kalinya virtual shopping atau e-retail muncul di internet.

Lihat Juga : Pengertian E-Commerce

Perkembangan Teknik Komputer Jaringan

Perkembangan Teknik Komputer & Jaringan
Sumber Gambar : unsplash.com

Perkembangan sistem operasi dipengaruhi oleh perkembangan hardware. Sistem operasi mulai dikembangkan semenjak kurang lebih 40 tahun lalu, antara lain yaitu:

  1. Generasi nol (1940) – Komponen utama merupakan tabung hampa udara, sistem komputer belum memakai sistem operasi, cara menggunakannya masih dilakukan secara manual melalui plugboard, dan hanya bisa digunakan untuk menghitung (+, – , dan *).
  2. Generasi pertama (1950) – Komponen utama transistor, sistem operasi berfungsi terutama sebagai pengatur pergantian antar job agar waktu lebih efisien, dalam masa ini muncul konsep batch system (semua job sejenis dikumpulkan jadi satu).
  3. Generasi kedua (1960) – Komponen utama IC, mulai berkembang konsep-konsep multi programming, satu prosesor mengerjakan banyak pekerjaan yang ada di memori utama.
  4. Generasi ketiga (1970) – Komponen utama VLSI (Very Large Scale Integration), ditandai dengan berkembangnya konsep general purpose system, sehingga membuat sistem operasi sangat kompleks, mahal, dan sulit untuk dipelajari.
  5. Generasi ke-4 (dari pertengahan 1970-an hingga sekarang) – PC menjadi semakin popular, ditandai dengan adanya pengembangan sistem operasi untuk jaringan komputer dengan tujuan sebagai berikut: data sharing, hardware sharing, program sharing, dan lain-lain.

Lihat Juga : Sejarah Perkembangan Komputer

Bagaimana penerapan TKJ sebagai program keahlian?

Teknik komputer jaringan sendiri merupakan salah satu program keahlian jurusan yang sering ditemui pada jenjang pendidikan SMK atau STM. Program keahlian ini bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan perilaku agar kompeten dalam merakit, menginstall program, merawat, dan memperbaiki komputer serta jaringannya.

Teknik Komputer dan Jaringan atau yang biasa disebut TKJ akhir-akhir ini juga mempunyai banyak peminat karena melalui program keahlian ini kita dapat mempelajari mengenai komputer dan jaringannya, mulai dari cara menginstall OS (Operating System), menangani masalah PC, membuat jaringan LAN, membuat website, dan lain-lain.

Lihat Juga : Pengertian E-Government

Materi Jurusan TKJ

Materi Teknik Komputer & Jaringan
Sumber Gambar : unsplash.com

Beberapa materi yang dapat dipelajari dalam program jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan antara lain yaitu:

  • TKJ tentunya tidak lepas dari materi perakitan komputer. Dalam hal ini merakit komputer juga membutuhkan pengetahuan dan tidak boleh asal-asalan. Oleh karena itu adanya jurusan TKJ menjelaskan tentang komponen-komponen penyusun komputer, cara merakit komputer yang  baik dan benar, cara mengonfigurasi komponen komputer, dan terakhir cara menguji hasil perakitan. Setelah merakit, dilanjutkan dengan menginstall sistem operasi. Pembelajaran sistem operasi meliputi pengembangan sistem operasi, arsitektur, partisi disk, instalasi sistem operasi, dan cara mengelola sistem operasi untuk digunakan.
  • Selain mempelajari komputer, program jurusan TKJ juga membahas mengenai networking atau jaringan. Setelah berhasil melakukan perakitan dan instalasi sistem operasi, siswa juga akan belajar bagaimana cara membuat jaringan. Siswa akan belajar tentang jaringan komputer yang berbeda, memahami referensi OSI, membuat jaringan dengan topologi yang berbeda, belajar tentang TCP dan mengatur alamat IP, membangun jaringan area lokal dan jaringan server.
  • Kemudian TKJ juga belajar tentang pemrograman situs web. Pemrograman website meliputi cara membuat website, membuat tabel, membuat link, belajar HTML, CSS, PHP, dan MySQL. Materi mengenai pemrograman website biasanya diberikan untuk tingkat dasar saja. Selebihnya, pelajar disarankan untuk mempelajarinya sendiri. Selain itu, ada jurusan lain yang lebih fokus pada pemrograman komputer yakni RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).
  • Yang terakhir TKJ juga mempelajari secara mendalam mengenai sistem operasi jaringan, mulai dari mengumpulkan kebutuhan server, merakit server, menginstall sistem operasi jaringan untuk server, mengelola server jaringan, melakukan pencadangan dan pemulihan server, mengelola masalah dan memecahkan masalah server, dan membuat layanan jaringan seperti server DNS dan server DHCP.
Baca Juga  Apa Itu Metaverse?

Lihat Juga : Pengertian Firmware

Fungsi dan Tujuan Teknik Komputer Jaringan

Fungsi & Tujuan TKJ
Sumber Gambar : unsplash.com

Teknik Komputer Jaringan (TKJ) mempunyai fungsi dan tujuan utama untuk mengembangkan sistem perangkat keras, perangkat lunak, dan  jaringan komputer. Selain itu TKJ juga mempelajari tentang bagaimana cara instalasi PC, instalasi LAN, memperbaiki PC, dan mempelajari program-program PC lainnya.

Kendala dalam mempelajari TKJ antara lain, yaitu:

Dalam mempelajari teknik komputer jaringan tentunya tidak mudah, ada beberapa kendala yang harus dihadapi seperti:

  • Biaya yang dibutuhkan tidak sedikit, karena mahalnya komponen-komponen yang diperlukan seperti komputer, jaringan, dan lain sebagainya.
  • Sering terjadinya kesalahan pada saluran transmisi, atau yang biasa disebut juga dengan noise.

Manfaat Teknik Komputer Jaringan

Dari beberapa kendala yang dihadapi, tentunya Anda tidak perlu khawatir karena mempelajari Teknik Komputer Jaringan juga memiliki banyak manfaat antara lain:

  • Menjadi lebih peka terhadap perkembangan teknologi yang terjadi saat ini.
  • Dapat menciptakan dan mengembangkan perangkat lunak (software).
  • Dapat menciptakan dan mengembangkan perangkat keras (hardware).
  • Mampu memperbaiki perangkat komputer yang rusak secara mandiri.
  • Dapat menjadi ahli pada bidang komputer dan jaringan.
  • Peluang lapangan pekerjaan yang cukup banyak bagi lulusan TKJ.

Lihat Juga : Pengertian Open Source

Peluang Kerja Teknik Komputer Jaringan

Peluang Kerja TKJ
Sumber Gambar : unsplash.com

Bagaimana dengan peluang karir lulusan bidang Teknik Komputer dan Jaringan? Apalagi banyak dari mereka hanya mampu menempuh jenjang SMK atau STM? Lulusan jurusan Teknik Komputer Jaringan tidak perlu khawatir karena pada saat ini banyak perusahaan yang sudah menggunakan teknologi terkini untuk mempermudah atau meningkatkan kinerjanya, yang semuanya berasal dari komputer. Oleh karena itu jika Anda pernah mengambil jurusan ilmu komputer, tentunya Anda sudah memiliki begitu banyak peluang bisnis dan pekerjaan. Beberapa contoh pekerjaan yang dapat dilakukan antara lain;

Baca Juga  Pengertian Mouse – Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya

Penyedia jasa layanan internet

  • Mengidentifikasi kebutuhan keamanan jaringan
  • Mendesain sistem keamanan jaringan
  • Menginstalasi sistem keamanan jaringan
  • Menginstalasi, dan administrasi server autentikasi
  • Mengoperasikan sistem keamanan jaringan
  • Monitoring keamanan jaringan

Jaringan nirkabel

  • Merancang, dan melakukan survei lapangan
  • Membuat antena
  • Menginstalasi jaringan nirkabel
  • Mengonfigurasi peralatan
  • Mengoperasikan jaringan nirkabel

Administrator server

  • Mengatur server
  • Mengatur band width
  • File sharing
  • Memantau server
  • Mengatur lalu lintas jaringan

Integrator komputer

  • Merakit komputer
  • Memperbaiki komputer
  • Menginstalasi sistem operasi berbasis Graphical user interface (GUI), dan text-based user interface (TUI)

Integrator VOIP

  • Identifikasi kebutuhan
  • Merancang jaringan VOIP
  • Instalasi soft switch

Administrator Linux

  • Melakukan instalasi sistem operasi Linux
  • Melakukan perawatan sistem operasi Linux
  • Melakukan virtualisasi

Integrator, dan administrator jaringan

  • Merancang bangun, dan menganalisis Wide Area Network
  • Memasang jaringan lokal
  • Melakukan instalasi perangkat jaringan area luas (Wide Area Network)
  • Menginstalasi sistem operasi jaringan
  • Menganalisis, dan memperbaiki kerusakan, kesalahan, atau kondisi tidak bekerjanya koneksi di sistem jaringan
  • Merancang basis data web untuk content server
  • Instalasi web server
  • Instalasi basis data server
  • Instalasi server jaringan
  • Instalasi sistem manajemen konten
  • Instalasi, dan integrasi perangkat lunak kolaborasi

Administrator web

  • Konfigurasi web
  • Perawatan web
  • Memantau jaringan
  • Mengatur lalu lintas jaringan
  • Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan area luas (Wide Area Network)
  • Melakukan perbaikan, dan/atau mengatur ulang koneksi jaringan area luas (Wide Area Network)
  • Memantau keamanan jaringan
  • Melakukan perbaikan, dan/atau mengatur ulang koneksi jaringan

Lihat Juga : Pengertian Multimedia

Kesimpulan

Teknik komputer jaringan sendiri merupakan salah satu program belajar yang  berfokus pada desain dan konstruksi komputer. Berbagai hal yang dipelajari dalam bidang ini juga bermacam-macam antara lain mempelajari mengenai komputer dan jaringannya, mulai dari cara menginstall OS (Operating System), menangani masalah PC, membuat jaringan LAN, membuat website, dan lain-lain. Oleh karena peluang kerja bagi orang-orang yang mampu menguasai TKJ juga cukup banyak seperti menjadi teknisi komputer, administrasi server, programmer, penyedia jasa layanan internet, dan masih banyak lagi.

Apa itu jaringan LAN?

Jaringan internet yang hanya mencakup wilayah lokal, seperti antar ruangan atau antar gedung.

Apa itu Server?

Merupakan sistem komputer yang memiliki layanan khusus berupa penyimpanan data, baik informasi maupun beragam jenis dokumen yang kompleks.

Sebutkan peluang kerja Teknik Komputer dan Jaringan?

Administrator server, Integrator komputer, Administrator web, Jaringan nirkabel, penyedia jasa layanan internet, dan masih banyak lagi.

Apa perbedaan Teknik Komputer dengan Teknik Informatika?

Teknik komputer biasanya lebih fokus pada instalasi sistem dan perangkat keras komputer, sedangkan Informatika adalah ilmu yang berfokus pada pengembangan sistem dan perangkat lunak.


Penulis : Rahma Rinjani | Editor : Erga Bayu Aji, Rafiq Akbar Hakim

Artikel terkait