TokoCrypto vs Luno, Apa Exchange Kripto Terbaik

TokoCrypto dan Luno adalah dua broker exchange kripto yang paling dikenal saat ini. Apa beda kedua aplikasi marketplace kripto ini dan mana yang terbaik ?

Untuk mengetahuinya, kami menugaskan salah satu penulis yang kebetulan punya kedua aplikasi kripto ini untuk melakukan review kelebihan dan kekurangan keduanya dan menuliskan hasilnya di artikel ini.

Hasil perbandingan menunjukkan bahwa TokoCrypto unggul sebagai exchange kripto dengan nilai transaksi perdagangan besar saat ini dengan pilihan mata uang kripto yang beragam, sementara Luno tidak seramai dan sepopuler itu. Keunggulan Luno dari komisi fee lebih murah dan minimum deposit lebih rendah, sementara TokoCrypto  fee lebih mahal dan deposit lebih besar dari TokoCrypto. 

Namun, keduanya, TokoCrypto dan Luno adalah exchange resmi berizin Bappebti yang aman dan kredibel.

Kita akan membahas secara singkat ihwal perbedaan TokoCrypto vs Luno. Mana yang lebih baik digunakan saat ingin melakukan investasi dan trading mata uang kripto ?

Tokocrypto adalah exchange aset digital untuk melakukan transaksi aset kripto. Berdiri sejak Juni 2017 dan di Mei 2020 TokoCrypto menerima investasi dari Binance, salah satu exchange kripto terbesar di dunia saat ini. 

Tersedia versi aplikasi mobile dan website. Versi apps bisa diunduh gratis di PlayStore.

A. Kelebihan TokoCrypto

Inilah berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi TokoCrypto.

1. Aman Berizin Resmi Bappebti

Tokocrypto dimiliki PT. Crypto Indonesia Berkat yang yang sudah resmi terdaftar di  di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019.

2. Dimiliki Binance

Binance adalah bursa kripto terbesar di dunia saat ini. Memiliki banyak fitur perdagangan aset kripto.

Saat ini, TokoCrypto terintegrasi dengan bursa Binance. Jadi memudahkan konsumen yang ingin menggunakan fitur di Binance melalui TokoCrypto

Baca Juga  Cara Beli Ethereum ETH di Zipmex 2022

3. Minimum Deposit Rendah

Setoran minimum di TokoCrypto Rp 50,000.

TokoCrypto menerima deposit, dengan cara transfer bank dan lewat OVO. Keduanya gratis biaya deposit.

4. Murah Biaya Fee Layanan Transaksi

  • Penjualan/Pembelian aset digital dengan Rupiah: 0,01% (taker)
  • Penarikan: Rp 5,500 flat.
  • Biaya deposit 0

5. Analisa Chart Trading Beragam dan Gratis

Fitur TokoCrypto untuk trading adalah:

  • Analisa chart untuk menganalisa harga secara teknikal, seperti histori transaksi (order dan trade)
  • Stop Loss. Fitur cut-loss yang penting untuk mengelola resiko dari fluktuasi harga yang tajam
  • Short-Selling. Bisa melakukan short-sell ketika pasar sedang turun.
  • OCO, atau “One Cancels the Other” untuk menempatkan dua pesanan pada waktu yang sama, pesanan limit dan stop-limit, yang berguna untuk mengambil keuntungan dan meminimalkan potensi kerugian.

B. Kelemahan TokoCrypto

Syarat buka akun di Tokocrypto adalah mengisi Nama, Email, Address, dan menyetujui Ketentuan Perjanjian dan Kebijakan Privasi.

Setelah membuka akun, user harus melanjutkan dengan verifikasi KYC. Tanpa verifikasi tidak bisa transaksi meskipun sudah buka akun.

Proses verifikasi KYC terdiri atas unggah foto ID, mengisi data pribadi, mengambil selfie foto dengan gerakan normal dan dengan gerakan acak. Data KYC akan diproses yang setidaknya membutuhkan waktu 1 hari kerja. 

Tidak jarang verifikasi gagal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat verifikasi di adalah pastikan belum memiliki akun di Tokocrypto, memberikan data pribadi yang benar dan akurat, serta memberikan foto yang sesuai dengan KTP. 

KTP harus asli dan harus jelas pada saat di upload. Saat mengambil gambar pastikan wajah terlihat jelas tanpa menggunakan topi dan juga kaca mata.

Saat selfie pastikan wajah berada di tengah agar fotonya sesuai dengan wajah dan pada foto liveness, user akan diminta untuk melakukan salah satu gerakan. Ketika mengambil foto pastikan tahan gerakan selama 3 detik, jika gagal silahkan ulangi kembali sampai maksimal 3 kali, jika sudah berhasil silakan pilih tombol selesai, dan tunggu konfirmasi di email.

Baca Juga  Panduan Investasi Bitcoin Indonesia: Legalitas, Cara Beli Jual, Resiko

Luno adalah exchange jual, beli, simpan dan transfer aset kripto asal Inggris dan masuk Indonesia sejak 2014. Tersedia versi aplikasi mobile yang bisa diunduh di PlayStore.

A. Kelebihan Luno

Inilah berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi Luno.

1. Aman Berizin Resmi Bappebti

Luno dimiliki PT Luno Indonesia Ltd yang sudah resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman 007/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 31 Maret 2020. 

2. Minimum Deposit Rendah

Setoran minimum di Pintu Rp 50,000.

Luno menerima deposit dengan cara transfer rekening bank atau Virtual Account (VA) BNI. 

3. Desain Aplikasi Enak Digunakan

Dari sisi penggunaan aplikasi, Luno cukup nyaman. Aplikasinya punya UX/UI yang intuitif, sehingga saat saya masuk, sudah langsung tahu harus kemana dalam aplikasi tersebut.

Tombol – tombol di aplikasi juga cukup simpel, tidak ruwet dan tidak membingungkan. Cukup mudah untuk pemula memahaminya.

Keamanan aplikasi Luno cukup berlapis, yaitu PIN, 2FA, ijin khusus untuk kirim cryptocurrency dan akses sidik jari.

4. Verifikasi Cepat

Proses verifikasi KYC di Luno sangat cepat. Saya cukup mengirimkan foto KTP dan foto selfie, lalu dalam waktu cukup singkat, kurang dari 1 jam, seingat saya, hasil verifikasi sudah saya terima. 

B. Kelemahan Luno

Di sisi lain, inilah kekurangan dari aplikasi Luno.

1. Deposit dengan Virtual Account (VA

Yang saya kurang suka adalah Virtual Account (VA) di Luno hanya ada 1 pilihan bank dan no VA-nya berubah ubah terus. Setiap kali, nasabah akan deposit, Luno akan men-generate no VA yang baru.

Akibat VA yang berubah – ubah, setiap kali akan transfer dari BCA, saya harus mendaftarkan no rekening yang baru. Disamping itu, setiap kali akan transfer ke Luno, saya harus masuk ke aplikasi Luno dan men-generate VA.

Baca Juga  Cara Beli ETH Ethereum di Binance 2022

Berbeda, misalnya, jika no VA-nya sama, seperti yang terjadi di exchange lain, saya cukup mengingat dan bisa langsung melakukan deposit tanpa perlu masuk dulu ke aplikasi.

2. Fee Komisi Tinggi

Fee di Luno cukup tinggi. Saya harus bayar 2% dari nilai transaksi (bisa dilihat di bukti transaksi yang saya share sebelumnya).

Exchange lainnya tidak memberikan fee setinggi ini. Rata – rata di angka 0.3% sd 0.1%, bahkan ada exchange yang menggratiskan fee.

Di samping itu, kalau melihat tabel fee jual beli di situs Luno disebutkan bahwa fee untuk transaksi Bitcoin Rupiah adalah 0.20% dari nilai jual beli. Angka ini berbeda sekali dengan fee 2% yang saya rasakan.

Apa mungkin ada biaya lain, yang masuk ke dalam fee, yang saya tidak tahu. Namun, intinya fee di Luno ini cukup mahal (bahkan mungkin yang termahal).

Ringkasan TokoCrypto vs Luno

Fitur TokoCrypto Luno
Izin Bappebti Bappebti
Aset Kripto Lebih Banyak Lebih Sedikit
Fee Lebih Mahal Lebih Murah
Minimum Deposit Tinggi Rendah
Keamanan Kurang Aman karena 2FA Tidak Wajib Aman karena 2FA Wajib
Verifikasi Mudah Mudah
Order Book Ada Ada

TokoCrypto unggul sebagai marketplace kripto pertama di Indonesia, dengan nilai transaksi mata uang kripto terbesar saat ini. Luno unggul dengan nilai komisi fee lebih murah dan minimum deposit lebih rendah dibandingkan TokoCrypto.

Namun, yang paling penting, broker jual beli kripto TokoCrypto dan Luno, aman dan kredibel karena punya izin resmi Bappebti.