Welma BCA Aplikasi: Fitur, Investasi, Biaya, Limit

Welma BCA menawarkan cara mudah untuk melakukan investasi dan asuransi secara online. Bagaimana review soal aplikasi ini ? Apa keunggulan dan kelemahan, produk fitur, biaya serta legalitasnya.

Saat ini, orang senantiasa ingin semakin mudah untuk melakukan investasi online. Bisa cepat dan kapan saja dilakukan.

Dalam semangat ini, BCA meluncurkan aplikasi investasi dan asuransi Welma. Apa aplikasi ini layak digunakan ?

Apa itu Welma BCA

Welma adalah aplikasi seluler turunan BCA yang diperuntukkan bagi pengguna BCA ID untuk mengakses informasi atau melakukan transaksi terkait produk investasi maupun asuransi yang disediakan.

Welma merupakan mobile application yang dapat diunduh dari situs web resmi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) maupun media distribusi aplikasi/software resmi yang ditunjuk BCA yang dimiliki oleh mobile operating system yang terdapat di ponsel pengguna Welma untuk memfasilitasi kebutuhan transaksi dan/atau informasi mengenai investasi dan asuransi.

Adapun BCA ID merupakan kode identifikasi yang diciptakan oleh nasabah maupun non nasabah yang terdiri dari angka, huruf atau kombinasi keduanya untuk mengakses e-Channel BCA ID agar dapat melakukan transaksi perbankan dan mendapatkan informasi terkait produk dan layanan BCA.

Cara Registrasi Welma

Bagi calon pengguna Welma, proses registrasi dapat dilakukan melalui beberapa tahapan di bawah ini:

  1. Mengunduh aplikasi Welma melalui penyedia aplikasi digital seperti App Store dan Play Store, kemudian meng­-install aplikasi tersebut;
  2. Memiliki BCA ID;
  3. Menghubungkan rekening nasabah di BCA dengan BCA ID di Welma;
  4. Bagi nasabah BCA yang belum memiliki BCA ID, registrasi BCA ID dapat dilakukan melalui Welma.

Welma BCA Apakah Aman, Legal, Penipu Bukan

Dalam kegiatan operasionalnya, Welma berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta mengacu kepada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk di dalamnya ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan.

Legalitas tersebut dibuktikan dengan telah terdaftarnya aplikasi tersebut pada laman OJK sebagai Portal Transaksi Online dengan nama sistem Aplikasi Seluler WELMA.

Produk dan Fitur Welma

Setelah dirilis pada tanggal 7 Oktober 2019 dan telah diunduh oleh lebih dari seratus ribu pengguna di Play Store, Welma memungkinkan para penggunanya untuk mengakses dan mengelola produk investasi atau disebut juga wealth BCA.

Baca Juga  5+ Aplikasi Broker Trading Emas Terbaik Izin Bappebti 2022

Adapun produk wealth BCA yang ditawarkan oleh BCA melalui aplikasi Welma terdiri dari tiga jenis, yaitu 

  • reksa dana,
  • obligasi
  • asuransi.
Produk dan Fitur Welma Aplikasi BCA

Perlu dicatat bahwa produk investasi dan asuransi yang dipasarkan oleh BCA melalui Welma tersebut bukan merupakan produk milik BCA, melainkan produk perusahaan efek dan perusahaan asuransi mitra yang memiliki kerja sama dengan BCA.

Dalam hal ini, BCA hanya berperan sebagai agen yang memfasilitasi pembelian produk-produk tersebut, sehingga BCA tidak bertanggung jawab atas adanya risiko potensial yang mungkin terjadi.

Fasilitas dan layanan yang tersedia pada aplikasi Welma dapat diakses oleh penggunanya melalui sejumlah fitur-fitur antara lain:

1. Daftar Data Investor

Welma menyediakan fitur registrasi data investor atau umum disebut single investor identification (SID) secara online bagi penggunanya. Adanya fitur ini merupakan solusi yang efisien agar nasabah dan calon pengguna tidak perlu melakukan verifikasi ke kantor cabang BCA atau menghubungi Halo BCA secara manual.

Daftar Data Investor Welma BCA

2. Informasi Reksa Dana

Pengguna Welma dapat melihat rincian produk reksa dana yang tersedia di aplikasi. Produk reksa dana tersebut merupakan produk-produk dari perusahaan efek yang bekerja sama dengan BCA.

3. Informasi Obligasi

Mempermudah pengguna untuk melihat produk obligasi di pasar perdana dan pasar sekunder. Pada pasar perdana, obligasi diterbitkan pertama kali kepada publik, sementara pada pasar sekunder, obligasi ditransaksikan oleh investor melalui kegiatan jual beli.

Informasi Obligasi Welma BCA Aplikasi

4. Informasi Asuransi

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui produk-produk asuransi apa saja yang ada di BCA. Pengguna juga dapat mengajukan permintaan penjelasan lebih lanjut mengenai produk-produk asuransi di Welma.

Informasi Asuransi Welma BCA Aplikasi

5. Transaksi Reksa Dana

Pada fitur ini, Welma memfasilitasi pengguna untuk dapat melakukan subscription atau pembelian, auto subscription atau pembelian secara berkala, redemption atau penjualan, serta pengalihan reksa dana.

Baca Juga  Pengalaman Nabung Emas Pegadaian (Bunga, Return, Resiko)

6. Transaksi Obligasi

Pengguna dapat memilih beberapa opsi transaksional atas produk obligasi yang tersedia di Welma, antara lain:

  1. Registrasi;
  2. Pemesanan dan pembayaran obligasi pasar perdana;
  3. Early redemption obligasi pasar sekunder; dan
  4. Pembelian dan penjualan obligasi pasar sekunder.

7. Learning

Fitur learning membantu pengguna Welma untuk mempelajari spesifikasi yang terdapat pada aplikasi tersebut serta panduan dalam melakukan transaksi investasi di sana.

8. Compare Product

Untuk mempermudah dalam mengetahui keunggulan dan kelemahan antara satu produk investasi dengan produk investasi lainnya, pengguna Welma dapat memanfaatkan fitur compare product atau bandingkan produk.

9. Portofolio dan Histori Transaksi Investasi

Fitur Portofolio dan Histori Transaksi Investasi pada Welma memungkinkan penggunanya untuk mengakses dan mengelola portofolionya. Selain itu, pengguna juga dapat memeriksa dan mengontrol intensitas kegiatan investasinya berdasarkan transaksi historis yang tersedia.

Portofolio dan Histori Transaksi Investasi Welma BCA

Minimum Investasi

Pengguna cukup mengeluarkan minimal sebesar Rp100.000 untuk dapat mulai berinvestasi melalui Welma. 

Biaya Welma

Untuk menghubungkan akun pada awal proses registrasi, calon pengguna Welma dikenai biaya registrasi untuk mengirimkan SMS verifikasi. Di bawah ini adalah rincian biaya yang berlaku bagi masing-masing operator:

  1. Telkomsel Rp300 s/d Rp1.320 per SMS belum termasuk PPN 10%;
  2. Indosat Rp400 s/d Rp600 per SMS belum termasuk PPN 10%;
  3. Smartfren Rp150 s/d Rp600 per SMS belum termasuk PPN 10%;
  4. XL Rp400 s/d Rp600 per SMS belum termasuk PPN 10%;
  5. 3 (Tri) Hutchison Rp250 s/d Rp500 per SMS belum termasuk PPN 10%.

Limit TransaksiWelma

Sebagaimana penyedia layanan transaksi lainnya, Welma memiliki ketentuan terkait batas nominal transaksi harian bagi setiap penggunanya. Beberapa ketentuan limit transaksi yang berlaku pada Welma adalah sebagai berikut:

  1. Untuk transaksi berupa pembelian Reksa Dana dan Obligasi Pasar Sekunder dengan mata uang rupiah, limit sementara bagi masing-masing akun BCA ID per harinya adalah sebesar Rp2 miliar;
  2. Untuk transaksi berupa pembelian Reksa Dana dan Obligasi Pasar Sekunder dengan mata uang USD, limit sementara bagi masing-masing akun BCA ID per harinya adalah sebesar USD 160.000;
  3. Untuk limit transaksi Reksa Dana dan Obligasi Pasar Sekunder adalah limit gabungan per hari per BCA ID;
  4. Untuk limit jual/early redemption adalah sesuai kepemilikan nasabah.
Baca Juga  Strategi FBS Trader Platform Trading Terbaik Tahun Ini

Kelebihan Welma BCA

Salah satu kelebihan dari aplikasi Welma adalah terbukanya pihak BCA dari berbagai masukan dan kritik atas kinerja aplikasinya. 

Terlepas dari tindakan dan solusi yang dapat ditawarkan oleh BCA nantinya, BCA setidaknya berusaha menjalin komunikasi yang baik dengan para penggunanya melalui respons dan balasan atas setiap komentar yang ditulis pada kolom ulasan aplikasinya.

Selain itu, produk investasi yang ditawarkan oleh Welma juga relatif terjangkau, pengguna cukup mengeluarkan minimal sebesar Rp100.000 untuk dapat mulai berinvestasi melalui Welma. 

Terlebih lagi, Welma juga memiliki fitur untuk membandingkan produk-produk investasi yang tersedia di sana, sehingga investor akan lebih mudah dalam mengambil keputusan investasi.

Tampilan yang cukup bersih dan ringkas juga merupakan poin plus pada aplikasi ini karena memudahkan pengguna baru untuk dengan cepat memahami cara menggunakannya.

Kelemahan Welma BCA

Terdapat pengguna yang berpendapat bahwa tampilan pada aplikasi Welma dinilai justru terlalu sederhana, sehingga tidak menyediakan informasi tambahan lain yang dapat menunjang kegiatan transaksional penggunanya. Adapun informasi tambahan yang dimaksud dapat meliputi persentase dan grafik yang menghimpun informasi-informasi kolektif.

Kelemahan lain yang diindikasikan oleh ulasan penggunanya adalah bahwa sebagian dari pengguna Welma tidak puas dengan kinerja dan tingkat responsivitas ketika menjalankan aplikasi keluaran BCA tersebut. 

Beberapa pengguna mengeluhkan permintaan reset password dan verifikasi yang berulang dan cukup memakan waktu atau bahkan gagal untuk dilakukan. Sebagian pengguna juga mengeluhkan bahwa akun BCA ID-nya terblokir dengan sendirinya.

Perlu dicatat bahwa kelemahan-kelemahan di atas merupakan penilaian yang berasal dari pengalaman pribadi beberapa pengguna, sehingga belum tentu dapat digeneralisasi atau pun merepresentasikan kinerja aplikasi secara umum.

Ringkasan Aplikasi Welma BCA

No Fitur Penjelasan
1 Manfaat Melakukan transaksi terkait investasi maupun asuransi yang disediakan dalam aplikasi
2. Registrasi Lewat aplikasi dan hubungkan dengan no rek BCA
3. Aman, Legalitas Di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
4. Reksadana Melihat rincian reksa dana yang tersedia di aplikasi dan melakukan jual beli Reksadana
5. Obligasi Melihat rincian obligasi yang tersedia di aplikasi dan melakukan jual beli Obligasi
6. Asuransi Mengetahui produk asuransi di BCA
7. Compare Product Membandingkan antar produk keuangan di BCA
8. Portofolio dan Histori Transaksi  Mengelola dan memonitor portofolio investasi di BCA
9. Biaya Biaya registrasi untuk mengirimkan SMS verifikasi
10 Limit Max Transaksi Rp 2 M per hari